Chargeabilitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Chargeabilitas atau M (bahasa Inggris: chargeability) merupakan kemampuan suatu batuan atau material untuk menyimpan arus listrik sesaat yang mengenainya. Arus listrik sesaat ini terbentuk akibat adanya efek elektrokimia pada batuan.
Dalam ilmu geofisika, nilai chargeabilitas batuan ini biasa diperoleh melalui metode Induced Polarization (Polarisasi Terimbas). Selain mendapatkan parameter petrofisik berupa chargeabilitas, melalui metode ini seorang geofisisis dapat mengetahui nilai resistivitas batuan atau suatu material. Chargeabilitas diukur menggunakan metode polarisasi terimbas dalam domain waktu karena berupa waktu sesaat saja. Satuan chargeabilitas yang umum digunakan ialah ms.
Efek polarisasi yang ditimbulkan sebagai akibat dari adanya efek elektrokimia menyebabkan timbulnya potensial ekstra (over voltage). Nilai over voltage berbanding terbalik dengan frekuensi arus yang diinjeksikan. Semakin besar nilai over voltage, maka frekuensi arus yang diinjeksikan semakin rendah atau mendekati arus searah. Ketika arus yang diinjeksikan berhenti maka potensial polarisasi yang terdeteksi akan turun secara perlahan (meluruh) disebut sebagai decay potential. Decay potential merupakan indikator besarnya polarisasi. Apabila potensial ini direkam dan dihitung luasannya menggunakan integral, maka besaran yang dihitung dinamakan chargeabilitas (M). Semakin besar nilai polarisasi maka nilai chargeabilitasnya akan semakin membesar.
Nilai chargeabilitas terukur ini diperoleh dari sumber efek polarisasi terimbas yang dibedakan menjadi 2 macam:

  • Membrane Polarization (Polarisasi Membran)

Polarisasi ini terjadi ketika lubang pori saling mendekat atau menyempit sehingga menyebabkan arus listrik tidak mudah mengalir. Akibatnya, ketika injeksi arus dilakukan, maka medan listrik akan terakumulasi.

  • Electrode Polarization (Polarisasi Elektrode)

Polarisasi ini terjadi ketika lubang pori tersumbat oleh partikel logam, sehingga ketika injeksi arus dilakukan akan terjadi akumulasi medan listrik.
Faktor-faktor yang mempengaruhi chargeabilitas batuan adalah:

  1. Ukuran butir batuan
  2. Luasan permukaan batuan yang akan diukur
  3. Jenis mineral yang terkandung dalam batuan
  4. Tipe dan mobilitas ion pada medium berpori
  5. Interaksi mikroskopis dari permukaan mineral dengan fluida

Referensi[sunting | sunting sumber]

Telford, W,M., & L.P. Geldart., & R.E. Sheriff. (1990). Applied Geophysiscs. 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press.