Chamelaucium uncinatum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chamelaucium uncinatum
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. uncinatum
Nama binomial
Chamelaucium uncinatum

Chamelaucium uncinatum, bunga lilin Geraldton, lilin Geraldton, adalah tumbuhan berbunga endemik di kawasan Australia bagian Barat. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan semak tegak, dengan tinggi 0,5 hingga 4m. Bunga Lilin Geraldton berbunga putih atau merah muda pada bulan Juni-November. Nama uncinatum berarti "berkait" dalam bahasa Latin, merujuk pada ujung daunnya.

Bunganya (agak mirip dengan pohon teh) bertahan relatif lama setelah dipotong, membuat tanaman ini populer di sektor hortikultura. Tumbuhan ini dibudidayakan secara luas di seluruh Australia, baik di industri bunga potong maupun di kebun-kebun rumah. Varian lilin geraldton berbunga ungu yang dibudidayakan juga telah banyak dikembangkan.

Penanaman[sunting | sunting sumber]

Lilin Geraldton relatif kuat dan cukup mudah tumbuh di lingkungan beriklim Mediterania dengan tanah berpasir yang kering dengan baik dan cuaca yang cerah. Tumbuhan ini dapat tumbuh di daerah dengan kelembapan tinggi, seperti Sydney, tetapi cenderung berumur pendek. Tumbuhan ini juga bisa tumbuh dalam wadah pot. Tumbuhan ini memiliki kecenderungan untuk 'jatuh' dan mungkin membutuhkan dukungan. Lilin Geraldton sangat toleran terhadap kekeringan dan memiliki daun aromatik.

Karakteristik tanamannya yang kuat telah menyebabkan penggunaan bunga ini sebagai spesies stok akar untuk mencangkok spesies bunga bulu dari genus Verticordia yang berkerabat dekat dengannya.[1]

Varietas[sunting | sunting sumber]

Banyak varietas tanaman lilin Geraldton yang tersedia secara komersial. Bunganya diberi nama "lilin", karena warna dan waktu berbunga nya di awal/akhir. Di alam liar, Lilin Geraldton paling sering dijumpai berwarna putih dengan berbagai warna lembayung muda. Bentuk ungu tua (seperti yang ada di gambar adalah varietas terpilih yang diperbanyak untuk keperluan komersial:

  • Chamelaucium "Ungu Awal"
  • Chamelaucium "Ungu Kebanggaan"

Daun dari tanaman Lilin Geraldton bisa digunakan dengan cara yang mirip dengan penggunaan daun rosemary untuk proses memasak, yaitu sebagai zat penyedap. Rasa daun Geraldton seperti sitrus, sebanding dengan rasa lemon myrtle (tanaman asli Australia lainnya) atau jeruk purut. Daunnya bisa dimasukkan ke dalam minyak untuk menambah rasa seperti lemon, atau ditambahkan ke dalam kaldu maupun saus. Tumbuhan ini juga dapat digunakan untuk menambahkan rasa sitrus ke dalam gin, atau minuman keras hasil penyulingan lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Max Hewett (December 1995). "Verticordia in the Garden". Australian Plants online - June 2003. Association of Societies for Growing Australian Plants. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-12. Diakses tanggal 2008-01-06. From Australian Plants, the societies journal. Max Hewett is leader of ASGAP's Verticordia Study Group.