Celana gombrong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Celana gombor atau celana gombrong, merupakan salah satu gaya pakaian yang populer pada awal tahun 1980-an hingga tahun 2010-an.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara historis, potongan celana bervariasi berdasarkan zaman. Dari tahun 1500 - an hingga awal abad ke - 17, celana panjang dan selang yang sangat longgar menjadi mode di kalangan orang kaya. Seringkali, kulit galliga, selang bagasi, dan Rhinegrave ini memiliki celah untuk memperlihatkan lapisan kain yang kontras, dan dipasangkan dengan doublet atau jerkin pendek. [1] Pakaian ini digantikan dengan celana yang lebih ketat dan mantel rok justacorps pada tahun 1660an, yang tetap menjadi mode hingga pantalon panjang [2] diperkenalkan pada era Revolusi Perancis dan Era Regensi Georgia tahun 1788. Pantalon longgar (dinamai menurut Pantalone dari Harlequinade ) awalnya adalah pakaian kerja, dan dikenakan oleh sans-kulot perkotaan Prancis yang ingin membedakan diri mereka dari para pesolek aristokrat Ancien Régime yang mengenakan celana ketat selutut. [3]

Di Dunia Islam, celana gombrong dan shalwar kameez secara tradisional dipakai untuk kesopanan. Celana ini tetap menjadi pakaian khas pria sehari-hari di Iran modern, Afghanistan, dan Kurdistan. Konflik selanjutnya antara Ottoman, Rusia dan Kekaisaran Romawi Suci mengakibatkan berkembangnya celana longgar Eropa atau Sharovary yang dikenakan sebagai kostum rakyat di Yunani, Bulgaria, Hongaria, Polandia, dan Ukraina. Dari Perang Krimea hingga Perang Dunia I, Zouave Prancis juga mengeluarkan celana piyama longgar berwarna merah yang terinspirasi dari yang dikenakan oleh tentara Afrika Utara dan Turki.

Dimulai pada awal abad ke-20, celana gombrong, mulai mendapatkan konotasi pemberontakan. Selama tahun 1920 - an, tas Oxford yang lebar disukai oleh Hearties of Oxford dan Universitas Cambridge karena dapat dikenakan di atas celana dalam yang kemudian dikenakan untuk bermain sepak bola rugbi . [4] Di AS selama tahun 1930an dan 1940an, para pendaftar zoot kulit hitam, Italia, dan Meksiko, Pachucho, dan hepcat mengenakan celana berpinggang tinggi berkaki sangat lebar ke ruang dansa sebagai protes terhadap penjatahan pada masa perang, dan karena mudah bagi anggota geng untuk menyembunyikan senjata di bawah setelan longgar. [5] [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hose and Breeches - Fashion, Costume, and Culture: Clothing, Headwear, Body Decorations, and Footwear through the Ages". www.fashionencyclopedia.com. 
  2. ^ "1789: The Fact and Fiction of the Sans-Culottes Movement". www.mtholyoke.edu. 
  3. ^ "sansculotte | Definition, History, & Facts". Encyclopedia Britannica. 
  4. ^ "Oxford Bags - Fashion, Costume, and Culture: Clothing, Headwear, Body Decorations, and Footwear through the Ages". www.fashionencyclopedia.com. 
  5. ^ "Zoot suit riots". 
  6. ^ "Zoot Suits".