Cekakak-pita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cekakak-pita
Tanysiptera
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCoraciiformes
FamiliAlcedinidae
GenusTanysiptera
Vigors, 1825

Cekakak-pita ( genus Tanysiptera ) adalah sekelompok burung pekakak pohon yang endemik di Papua — dengan pengecualian dua spesies yang juga terdapat di Maluku dan Queensland .

Genus ini dibentuk oleh ahli zoologi Irlandia Nicholas Aylward Vigors pada tahun [1] Jenis spesiesnya adalah cekakak-pita biasa .[2] Nama Tanysiptera berasal dari bahasa Yunani klasik tanusipteros yang berarti "berbulu panjang".[3] Burung-burung dalam genus ini mempunyai pita ekor panjang yang khas. [4]

Habitat dan distribusi[sunting | sunting sumber]

Pusat populasi burung ini ada di pulau Papua: Beberapa spesies terdapat di 786.000 ekor ini km 2 pulau besar. Selain itu, terdapat beberapa pulau endemisme yang terjadi di kepulauan Maluku dan Kepulauan Louisiade . Kebanyakan burung cekakak-pita adalah burung yang tinggal di sana . Burung cekakak-pita yang juga terdapat di ujung timur laut Australia, berpindah ke pulau Papua pada pertengahan tahun musim dingin. Burung cekakak-pita memiliki penyebaran terbesar di antara burung paradisiacis. Ia berlaku pada 15 subspesies di pulau papua dan pulau-pulau di Maluku dan Kepulauan Louisiade. Di Papua sendiri, beberapa subspesies burung cekakak-pita hidup di sana. Subspesies yang tersisa terbatas penyebarannya di masing-masing pulau atau kelompok pulau. cekakak-pita dada-merah dan burung cekakak-pita kepala-coklat hanya terdapat di New Guinea. Cekakak-pita kecil ini bertempat tinggal di Kabupaten Kepulauan Aru dan di bagian paling selatan Pulau Papua. Burung cekakak-pitA kecil diasumsikan berasal dari burung pekakak biasa dan berkembang di Kabupaten Kepulauan Aru menjadi spesies mandiri. Dari tempat ini ia menetap di pulau papua, dimana saat ini wilayah sebaran kedua spesies tersebut tumpang tindih. Kedua spesies ini tidak menghasilkan hibrida alami apa pun.[5] Cekakak-pita Kofiau juga berkerabat dekat dengan burung cekakak-pita pada umumnya, yang hanya terdapat di Kofiau .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar spesies cekakak-pita umumnya diamati di habitat aslinya di hutan pedalaman Papua. [6] Namun, spesies ini sendiri diketahui tertarik pada sungai dan pantai dan mereka menunjukkan kemampuan untuk terbang di atas perairan yang luas, seperti yang diamati pada cekakak-pita dada-jijgga yang bermigrasi ke Queensland, Australia selama musim kawin. [6] Salah satu aspek yang ditemukan dalam spesies ini adalah sindaktili pada kaki, tempat jari kaki ketiga dan keempat burung menyatu. [7] Ada beberapa argumen mengenai manfaat yang diajukan secara sindaktili, salah satunya adalah bahwa kaki sindaktil dapat diibaratkan lebih banyak kekuatan untuk bertengger di dahan. [7] Hal ini dapat membantu burung ketika harus berburu mangsa di lingkungan hutan hujan tempat mereka berada. [7] Yang lain menyatakan bahwa karena burung pekakak bersarang di gundukan rayap, hal ini membantu burung menggali lubang sarang untuk anak-anaknya. [7] Terakhir, ada beberapa argumen yang menyatakan bahwa sindaktili sama sekali tidak bermanfaat bagi burung. [7] Bulu burung cekakak-pita remaja berbeda dengan burung dewasa hingga mereka menjalani fase pergantian bulu sebagian di mana hanya bulu terbangnya yang tersisa dan kemudian terlihat mirip dengan bulu burung dewasa dewasa.[8] Pada burung cekakak-pita dada-besar, burung dewasa memperlihatkan bulu berwarna-warni, paruh cerah, dan ekor panjang, setengah ukuran burung. Sebaliknya, burung yang belum dewasa memiliki bulu yang lebih kusam, paruh berwarna hitam, dan tidak memiliki ekor panjang seperti pada burung dewasa. [9]

Kebanyakan burung cekakak-pita sangat teritorial, dengan sebagian besar burung hidup berpasangan tetapi memilih mencari makan sendirian. [10] Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kewilayahan ini disebabkan oleh pertahanan sumber daya di wilayah tersebut. [11] Setelah mengamati kebiasaan perkembangbiakan burung cekakak-pita dada-jinggga, ditemukan bahwa mereka secara aktif mempertahankan wilayah mereka saat ada suara burung pengganggu lainnya dan pengejaran yang melibatkan dua hingga empat pejantan adalah hal yang biasa, sampai-sampai pejantan menyebabkan kerusakan pada masing-masing burung. lainnya seperti sayap patah. [10] Burung cekakak-pita diklasifikasikan sebagai burung yang bersarang di lubang dan menggunakan kaki mereka yang berselaput untuk menggali lubang sarang di gundukan rayap. [12] Sebagian besar spesies memilih gundukan rayap arboreal yang terletak di sisi pohon sekitar 3–4,5 m dari permukaan tanah dan masih aktif dihuni rayap. [10] Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa termitarium hidup lebih kuat ketika dihuni dan menjadi rapuh setelah serangga pergi, sehingga lebih rentan terhadap predator. [10]

Spesies burung cekakak-pita juga dikenal memiliki beragam vokalisasi. Kicauan teritorial sering kali terdiri dari suku kata berirama yang bersifat menaik dan dibuat di tingkat hutan tengah hingga atas. [13] Studi yang mengamati spesies ini menunjukkan adanya vokalisasi yang umum ketika burung tersebut mendekati sarangnya, untuk memberikan rasa aman kepada pasangannya dan untuk membunyikan alarm ketika ada predator lain yang berada di dalam wilayahnya. [14] Burung cekakak-pita muda menunjukkan vokalisasi yang keras pada usia sekitar dua minggu, terutama pada waktu makan ketika menunggu induknya kembali. [15] Berbagai spesies burung cenderung paling vokal selama musim kawin, namun sebagian besar burung menghabiskan banyak waktu dan energi untuk membuat terowongan di sarang rayap yang dipilih hingga dua minggu. [16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vigors, Nicholas Aylward (1825). "Observations on the natural affinities that connect the orders and families of birds". Transactions of the Linnean Society of London. 14 (3): 395–517 [433]. doi:10.1111/j.1095-8339.1823.tb00098.x. 
  2. ^ Peters, James Lee, ed. (1945). Check-list of Birds of the World. Volume 5. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press. hlm. 216. 
  3. ^ Jobling, James A. (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London, United Kingdom: Christopher Helm. hlm. 379. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  4. ^ Fry, C. Hilary; Fry, Kathie; Harris, Alan (1992). Kingfishers, Bee-eaters, and Rollers. London: Christopher Helm. hlm. 8. ISBN 978-0-7136-8028-7. 
  5. ^ "Handbook of the Birds of the World". Diakses tanggal 15 June 2019. 
  6. ^ a b Beehler, Bruce and Pratt, Thane.
  7. ^ a b c d e Ahlquist, Jon & Lightner, Jean.
  8. ^ Beehler, Bruce and Pratt, Thane.
  9. ^ Beauty of Birds (n.d.). "Buff-breasted Paradise or White-tailed Kingfishers". 
  10. ^ a b c d Legge, Sarah; Heinsohn, Robert (2001). "Kingfishers in paradise: the breeding biology of Tanysiptera sylvia at the Iron Range National Park, Cape York". Australian Journal of Zoology. 49 (1): 85–98. doi:10.1071/ZO00090. 
  11. ^ Legge, S.; Murphy, S.; Igag, P.; Mack, A. L. (2004). "Territoriality and density of an Australian migrant, the Buff-breasted Paradise Kingfisher, in the New Guinean non-breeding grounds". Emu. 104 (1): 15–20. doi:10.1071/MU03054. 
  12. ^ Ahlquist, Jon & Lightner, Jean.
  13. ^ Legge, Sarah; Heinsohn, Robert (2001). "Kingfishers in paradise: the breeding biology of Tanysiptera sylvia at the Iron Range National Park, Cape York". Australian Journal of Zoology. 49 (1): 85–98. doi:10.1071/ZO00090. 
  14. ^ Legge, S.; Murphy, S.; Igag, P.; Mack, A. L. (2004). "Territoriality and density of an Australian migrant, the Buff-breasted Paradise Kingfisher, in the New Guinean non-breeding grounds". Emu. 104 (1): 15–20. doi:10.1071/MU03054. 
  15. ^ Thiollay, Jean-Marc (1988). "Comparative foraging success of insectivorous birds in tropical and temperate forests: ecological implications". Oikos. 53 (1): 17–30. doi:10.2307/3565658. JSTOR 3565658. 
  16. ^ Beauty of Birds (n.d.). "Buff-breasted Paradise or White-tailed Kingfishers".