Candi Lumbung (Sengi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Candi Lumbung
Candi Lumbung Sengi
Lua error in Modul:Location_map at line 437: Tidak ada nilai yang diberikan untuk garis bujur.
Informasi umum
Gaya arsitekturCandi Jawa Tengahan
KotaKabupaten Magelang, Jawa Tengah.
NegaraIndonesia
Data teknis
Ukuran8,7x8,7m2

Candi Lumbung adalah salah satu peninggalan purbakala di Dusun Tlatar, Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Letak[sunting | sunting sumber]

Candi Lumbung terletak di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Candi ini berada tepat di tepi [[kali belan)), yang mengalir dari Gunung Merapi di lereng sisi barat.[1] Tempat ini dapat dicapai dari jalan raya Yogyakarta-Magelang di pertigaan Blabak (sekitar pabrik kertas) ke arah Ketep.

Candi ini terletak berdekatan dengan dua candi lain, yaitu Candi Pendem dan Candi Asu. Ketiga candi sering disebut dengan Candi-candi Sengi.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan pendataan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, batu candi Hindu tersebut kini yang tersisa hanya tinggal 65 persen. Dari sisa yang ada, ukuran candi adalah luas 8,70 meter X 8,70 meter, tinggi tangga 2,5 X 2 meter, dan setingggi 8 meter dari lantai dasar.[2]

Pemeliharaan[sunting | sunting sumber]

Akibat aliran lahar dingin Gunung Merapi pada tahun 2011, tebing Kali belan di sisi candi semakin tergerus hingga menyisakan lebar kurang dari satu meter. Oleh karena itu, candi ini dipindahkan sementara ke tempat yang lebih aman.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]