Camerlengo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi per 6 April 2013 06.09 oleh EmausBot (bicara | kontrib) (Bot: Migrasi 32 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q339477)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Kardinal Camerlengo Gereja Romawi Suciof. Perisai dan motto di lambang ini sesuai dengan pilihan orang yang sedang menjabatnya.

Gelar Camerlengo (dari Bahasa Italia, bentuk jamak camerlenghi, artinya Pengurus Rumah Tangga atau Bendaharawan) merujuk pada pejabat dari majelis-majelis kepausan - baik Kepala Rumah Tangga Gereja Romawi, Kepala Rumah Tangga Dewan Kardinal, atau majelis-majelis lainnya yang lebih rendah posisinya.

Kepala Rumah Tangga Gereja Romawi

Kepala Rumah Tangga Gereja Romawi Suci adalah pengurus kekayaan dan pendapatan Tahta Suci; tanggung jawabnya dulu termasuk administrasi fiskal dari kekayaan warisan Santo Petrus (seperti Negara-negara Kepausan). Seperti yang diatur di dalam Konstitusi Apostolik Pastor Bonus, Camerlengo selalu seorang kardinal. Lambang jabatan ini dihiasi dengan dua kunci (satu emas, satu perak) dalam posisi palang melintang seperti huruf 'X', di bawah sebuah ombrellino (kanopi atau payung) dengan garis-garis berwarna merah dan kuning secara bergantian, yang juga merupakan lambang dari sebuah Sede vacante (masa tanpa Paus di Tahta Suci atau Papal interregnum).