Call and response

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Call and respon merupakan suatu bentuk interaksi antara pembicara dengan khalayak dimana pernyataan pembicara (“panggilan”) diselingi oleh respon dari pendengar.[1] Bentuk ini juga digunakan dalam musik, yang termasuk dalam kategori umum antifoni .

Budaya Afrika[sunting | sunting sumber]

Di beberapa budaya Afrika, seruan dan respons merupakan pola partisipasi demokratis yang tersebar luas—dalam pertemuan publik, diskusi mengenai urusan sipil, dalam ritual keagamaan, serta dalam ekspresi musik vokal dan instrumental (lihat seruan dan respons dalam musik ). . Obligasi Afrika dan budak perempuan di Amerika meneruskan praktik ini selama berabad-abad dalam berbagai bentuk ekspresi—dalam ketaatan beragama; pertemuan publik; bahkan dalam sajak anak-anak; dan, yang paling menonjol, dalam musik dalam berbagai bentuknya: blues, gospel, ritme dan blues, soul, jazz, hip-hop, dan go-go .[2] Banyak lagu kerja yang dinyanyikan di perkebunan oleh laki-laki dan perempuan yang diperbudak juga menggunakan format panggilan dan tanggapan. Lagu Karya Wanita Afrika-Amerika menggabungkan format panggilan dan respons, sebuah format yang mendorong dialog. Dalam kebaktian kontemporer orang Afrika-Amerika, di mana panggilan dan tanggapan tersebar luas, seorang pendeta akan memanggil jemaatnya untuk memberikan tanggapan yang antusias. Misalnya, "Bolehkah saya mendapatkan Amin?" atau "Angkat tanganmu dan pujilah Dia!"

Panggilan dan tanggapan berasal dari akar sejarah Afrika yang menjadi landasan tradisi budaya Afrika-Amerika. Format panggilan dan tanggapan menjadi tradisi diaspora, dan merupakan bagian dari orang Afrika dan Afrika Amerika yang menciptakan tradisi baru dan unik di Amerika Serikat.[3]

Meskipun tuan budak mendorong perpindahan budak ke agama Kristen, budak Afrika masih mempraktikkan bentuk perayaan keagamaan mereka sendiri, yang disebut Kekristenan Budak . Namun antiphony, semacam seruan dan tanggapan dalam ibadah Anglikan, juga merupakan bagian dari ibadah formal di Selatan selama berabad-abad. Orang Afrika-Amerika menerapkan tradisi itu dan memilih tema-tema dari agama Kristen yang paling berarti bagi mereka. Itu bisa digunakan sepanjang hidup.

Menjelajahi panggilan dan respon dalam lagu Game Black Girls[sunting | sunting sumber]

Black Girls Game Song merupakan salah satu bentuk ekspresi musik dan tradisi budaya yang muncul dari diaspora Afrika dan terus berkembang dalam masyarakat modern.

Berakar pada pengalaman gadis dan wanita kulit hitam, lagu permainan mereka mencakup beragam praktik, termasuk tepuk tangan, sorak-sorai, nyanyian lompat tali dua bahasa Belanda, dan bentuk pembuatan musik lainnya. Dalam kegiatan mereka yang menyenangkan, gadis-gadis Afrika-Amerika menunjukkan pelengkap mendasar dari pembuatan musik Kulit Hitam: ritme yang disinkronkan dan perkusi yang rumit memicu tepuk tangan dan hentakan kaki; pola panggilan dan respons yang menentukan interaksi linguistik dan musikal antara suara dan tubuh mereka selama bermain kelompok; dan penekanan yang kuat pada elemen perkusi meresapi nyanyian atau nyanyian mereka [4] . Melalui aktivitas bermain mereka, anak perempuan terlibat dalam bentuk penyampaian cerita. Drama ini bertindak sebagai latihan dan pertunjukan, mirip dengan ritual mnemonik, yang berkontribusi pada perkembangan berkelanjutan identitas musik Afrika-Amerika dan Kulit Hitam.

Lebih jauh lagi, karakteristik Black Girls Play dapat memperluas definisi tentang bagaimana panggilan dan respons dapat diungkapkan. Hal ini mencakup perwujudannya dalam berbagai media, seperti linguistik, musik, verbal, nonverbal, dan tari.[5] Keberagaman ekspresi ini, yang diberdayakan oleh Black Girls Play, memberikan komunitas Kulit Hitam jalan yang ampuh untuk menyuarakan rasa frustrasi mereka dan mewujudkan semangat perlawanan dan ketangguhan dalam menghadapi ketidakadilan rasial yang terjadi secara historis dan berkelanjutan.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Foster, Michèle (2001), "Pay Leon, Pay Leon, Pay Leon, Paleontologist: Using call-and-response to facilitate language mastery and literacy acquisition among African American Students", dalam Lanehart, Sonja, Sociocultural and Historical Contexts of African American English, Varieties of English Around the World, Amsterdam: John Benjamins Publishing Company, diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-14 
  2. ^ Stuckey, Sterling (2013). Slave Culture Nationalist Theory and the Foundations of Black America. Oxford University Press. hlm. IX, XI, XX, 44, 106–107. ISBN 978-0-19-993167-5. 
  3. ^ Epstein, Dena J, Sinful Tunes and Spirituals: Black Folk Music to the Civil War. Chicago: University of Illinois Press, 1977.
  4. ^ Gaunt, Kyra (2006). The Games Black Girls Play: Learning the Ropes from Double-Dutch to Hip-Hop. New York: NYU Press. ISBN 978-0-8147-3273-1. 
  5. ^ "CAL: Digests: Using Call-and-Response to Facilitate Language Mastery and Literacy Acquisition Among African American Students". web.archive.org. 2007-12-14. Diakses tanggal 2023-12-11. 
  6. ^ Gaunt, Kyra (2006). The Games Black Girls Play: Learning the Ropes from Double-Dutch to Hip-Hop. New York: NYU Press. ISBN 978-0-8147-3273-1. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> yang didefinisikan di di <references> tidak memiliki nama atribut.