Byzas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mata uang logam dengan penggambaran yang diidealkan atas Byzas, pendiri Bizantium. Beredar di Bizantium, Trakia, seputar masa Marcus Aurelius (161–180 M).

Dalam mitologi Yunani, Byzas (bahasa Yunani: Βύζας) diceritakan sebagai pendiri Bizantium (bahasa Yunani: Βυζάντιον), kota yang kemudian dikenal sebagai Konstantinopel dan Istanbul.

Berdirinya Bizantium[sunting | sunting sumber]

Apa yang kemudian dikenal sebagai Byzantion pada awalnya adalah suatu pemukiman di Trakia, di mana toparch (penguasa) dan pengawasnya adalah Barbysios. Ia membangun banyak bangunan di pemukiman tersebut dan mendirikan sebuah tikhe yang disebut Keroe. Menjelang kematiannya, ia memanggil Phidalia putrinya dan menyuruhnya agar membuat suatu tembok dari laut ke laut. Setelah kematian ayahnya, Phidalia menikah dengan Byzas, Raja Trakia. Byzas menamakan daerah tersebut dengan nama dirinya sendiri dan memerintah kota ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeffreys, Elizabeth (1986). "Book 13 The time of the Emperor Constantine,". The Chronicle of John Malalas. Australian Association for Byzantine Studies.