Butterfly Fly Away

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Butterfly Fly Away"
Lagu oleh Miley Cyrus dan Billy Ray Cyrus
dari album Hannah Montana: The Movie
Dirilis24 Maret 2009[1]
FormatUnduhan digital
Direkam2008
GenreAcoustic-pop
Durasi3:09
4:44 (extended version)
LabelWalt Disney Records
Pencipta
Produser

"Butterfly Fly Away" adalah duet akustik pop yang dilakukan oleh aktor dan artis rekaman asal Amerika Serikat, Miley Cyrus dan Billy Ray Cyrus. Lagu ini pertama kali terdengar di film tahun 2009, Hannah Montana: The Movie, di mana keduanya berperan, dan kemudian dirilis melalui soundtrack film. Versi panjang ditampilkan di album studio kesebelas Billy Ray, Back to Tennessee. Lagu ini adalah balada country yang lembut dengan lirik yang menggambarkan transisi seorang anak ke masa dewasa.

Lagu ini menerima ulasan yang secara umum menguntungkan, meskipun tidak dirilis sebagai single, mencapai hasil komersial yang terkenal di Australia, Kanada, Irlandia, Inggris dan Amerika Serikat. Lagu ini mencapai puncak internasional tertinggi di Irish Singles Chart, di nomor empat puluh enam. Ayah dan anak menampilkan lagu secara langsung di beberapa tempat; tampil di Apple Store Inggris direkam yang kemudian dirilis pada album mini Miley, iTunes Live from London.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Seperti duet terakhir Miley dan Billy Ray Cyrus, "Ready, Set, Don't Go" (2007), "Butterfly Fly Away" menggambarkan transisi seorang anak ke masa dewasa.[2] Lagu ini ditulis dan diproduksi oleh Glen Ballard dan Alan Silvestri untuk film tahun 2009, Hannah Montana: The Movie.[3] Berdasarkan film, ketika karakter utama Miley Stewart masih muda, ayahnya Robby Ray Stewart, akan sering mengatakan kepadanya bahwa saat ulat mungkin tidak dapat bergerak banyak, masih bisa bermimpi menjadi kupu - kupu di suatu hari nanti.[2] Hal ini menjadi dasar bagi lirik untuk "Butterfly Fly Away", yang menggunakan metamorfosis ulat sebagai metafora untuk usia anak yang dewasa.[2][4] Dalam Hannah Montana: The Movie, kedua Cyrus menampilkan lagu sebagai karakter mereka dalam "adegan film yang lembut di bawah gazebo di tengah hujan".[5] Billy Ray mengatakan syuting adegan itu adalah "momen yang cukup istimewa. Lagu itu sendiri ditulis oleh Glen Ballard, penulis lagu master yang menulis 'Man in the Mirror' untuk Michael Jackson. Saya tahu itu adalah lagu yang cukup istimewa [...] dan itu pasti cocok di film."[5]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Peninjau memberi ulasan lagu ini cukup positif. Warren Truit dari About.com menemukannya "sentimental"[6] sementara Scott Mervis dari Pittsburgh Post-Gazette menyebutnya "duet manis".[5] Allmusic reviewer, Heather Phares mengatakan lagu ini "duet treacly".[7] Stephen Thomas Erlewine, juga dari Allmusic, lebih negatif, di mana Billy Ray tidak pernah terdengar bagus.[8] Leah Greenblatt dari Entertainment Weekly menulis, "Duet lembut [Miley] dengan ayahnya Billy Ray, 'Butterfly Fly Away,' indah."[9] Peninjau dari Billboard, Ken Tucker menyatakan bahwa lagu ini "adalah lagu yang sejuk tentang keluarga di mana suara ayah dan anak perempuan berbaur dengan baik".[10] Michael Rechtshaffen dari The Hollywood Reporter menyebut "Butterfly Fly Away" sebagai "balada lembut Glen Ballard / Alan Silvestri".[3] Lagu ini dimasukkan dalam daftar pendek untuk Best Original Song di Academy Awards ke-82,[11] tetapi tidak masuk nominasi.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Amazon.com: Butterfly Fly Away: Miley Cyrus: MP3 Downloads". Amazon.com. Diakses tanggal November 7, 2009. 
  2. ^ a b c Duralde, Alonso (April 8, 2009). "'Hannah Montana' is strictly kids' stuff". Today.com. NBC Universal and Microsoft. Diakses tanggal November 10, 2009. 
  3. ^ a b Rechtshaffen, Michael (April 7, 2009). "Hannah Montana: The Movie – Film Review". The Hollywood Reporter. Reed Business Information. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 11, 2009. Diakses tanggal November 8, 2009. 
  4. ^ Rickey, Carrey (April 10, 2009). "Pep and pop from a tween idol". The Philadelphia Inquirer. Philadelphia Media Holdings. Diakses tanggal November 8, 2009. 
  5. ^ a b c Mervis, Scott (April 10, 2009). "Billy Ray Cyrus appeals to a whole new crowd". Pittsburgh Post-Gazette. Block Communications. Diakses tanggal February 16, 2010. 
  6. ^ Truitt, Warren (March 24, 2009). "Miley Cyrus – Hannah Montana: The Movie Soundtrack". About.com. The New York Times Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 12, 2014. Diakses tanggal November 6, 2009. 
  7. ^ Phares, Heather. "Hannah Montana: The Movie [Soundtrack] > Review". Allmusic. Macrovision Corporation. Diakses tanggal November 6, 2009. 
  8. ^ Erlewine, Stephen Thomas. "Back to Tennessee > Review". Allmusic. Macrovision Corporation. Diakses tanggal November 6, 2009. 
  9. ^ Greenblatt, Leah (March 18, 2009). "Hannah Montana: The Movie (2009)". Entertainment Weekly. Time Warner, Inc. Diakses tanggal November 6, 2009. 
  10. ^ Tucker, Ken (April 6, 2009). "Back to Tennessee". Billboard. Nielsen Business Media, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 12, 2009. Diakses tanggal November 8, 2009. 
  11. ^ Kilday, Gregg (December 16, 2009). "Academy unveils original song candidates". The Hollywood Reporter. Trade Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2010. Diakses tanggal December 19, 2009. 
  12. ^ Anderson, Kyle (February 2, 2010). "Oscar Nominations: The Tragedy Of The Best Original Song Category". MTV News. MTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-04. Diakses tanggal February 16, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]