Buntu karua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Buntu Karua (bahasa Indonesia: Gunung delapan) adalah sebuah gunung yang terletak di tanah toraja, tepatnya di lembang Balla, Bittuang, Kabupaten Tanah Toraja, yang dapat ditempuh dari kota Makale sekitar 1 jam dari kota tersebut. Buntu karua memiliki ketinggian sekitar 2653 mdpl dan merupakan salah satu puncak yang masih jarang di kunjungi oleh para penggiat alam bebas.[1]

Mitos[sunting | sunting sumber]

Diduga bahwa Buntu Karua adalah salah satu gunung berapi, jika kita mendaki di buntu karua aroma khas belerang tercium sangat jelas. Menurut salah satu sumber bahwa dahulu kala Buntu karua adalah sebuah gunung yang sangat besar tetapi meletus sehingga dari gunung besar tersebut merubah menjadi gunung-gunung kecil yang berjumlah delapan, maka dari itu puncak tertingginya di sebut buntu karua atau Gunung delapan.

Keunikan[sunting | sunting sumber]

Keunikan dari gunung ini, selain jalur yang lumayan sulit, kelestarian alamnya sangat terjaga hampir 70% hutannya di penuhi oleh lumut, dan juga terdapat tugu trianggulasi setinggi 1m terbuat dari beton yang di bangun oleh belanda. Terdapat 8 pos daki menuju puncak, dan sumber air hanya terdapat di pos 3 dan pos 6 saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pakiding, Eunike (2016-05-25). "Gunung Delapan 2763 mdpl (Buntu Karua)". BAINE TORAYA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-05.