Bunga fajar biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga fajar biru
Ipomoea indica

Tumbuhan
Warna bungabiru
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoSolanales
FamiliConvolvulaceae
TribusIpomoeeae
GenusIpomoea
SpesiesIpomoea indica
Merr.
Tata nama
BasionimConvolvulus indicus

Ipomoea indica adalah spesies tumbuhan berbunga dalam famili Convolvulaceae, dikenal dengan beberapa nama umum, antara lain terulak biru, terulak biru laut, koali awa, dan bunga fajar biru . Ini memiliki daun berbentuk hati atau 3 lobus dan bunga ungu atau biru berbentuk corong 6–8 cm (2–3 in) dengan diameter, dari musim semi ke musim gugur. Bunga yang dihasilkan tanaman bersifat hermafrodit . Tanaman ini telah mendapatkan Penghargaan Royal Horticultural Society of Garden Merit .[1] [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ipomoea indica adalah tanaman tahunan yang kuat, berumur panjang, lembut, tanaman merambat yang berasal dari habitat beriklim tropis, subtropis, dan hangat di seluruh dunia. Mereka paling sering ditemukan di hutan yang terganggu, tepi hutan, hutan sekunder, selokan pinggiran kota, dan di sepanjang tepi jalan dan saluran air. Tanaman memanjat dengan baik di atas tanaman lain, dinding, dan lereng saat tumbuh di bagian bawah. Kebiasaan memanjatnya memungkinkannya bersaing dengan pohon dan semak dengan sukses. Ini adalah tanaman herba yang memutar, kadang-kadang berbaring, yang berbulu lebih atau kurang padat di bagian aksial dengan trikoma yang tampak ke belakang. Batangnya bisa tumbuh 3 hingga 6 sentimeter (1,2 hingga 2,4 in) panjang dan terkadang memiliki akar di simpulnya.

Daunnya bertangkai dengan 2 hingga 18 sentimeter (0,79 hingga 7,09 in) tangkai daun panjang . Helaian daun berbentuk telur atau bulat, 5 hingga 15 sentimeter (2,0 hingga 5,9 in) panjang dan 35 hingga 14 sentimeter (13,8 hingga 5,5 in) lebar. Bagian bawah berbulu lebat dengan trikoma pendek dan lembut, bagian atasnya kurang lebih berbulu jarang. Pangkalnya berbentuk hati, tepi daun utuh atau bercuping tiga, ujungnya runcing atau runcing tajam.

Mahkota berbentuk corong, 5 hingga 8 sentimeter (2,0 hingga 3,1 in) panjang, gundul, biru cerah atau ungu kebiruan, seiring bertambahnya usia menjadi ungu kemerahan atau merah. Bagian tengah mahkota sedikit lebih pucat.

I. indica merupakan tanaman berumur panjang yang dapat hidup hingga 25 tahun. [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RHS Plant Selector - Ipomoea indica". Diakses tanggal 7 September 2020. 
  2. ^ "AGM Plants - Ornamental" (PDF). Royal Horticultural Society (RHS). July 2017. hlm. 53. Diakses tanggal 12 March 2018. 
  3. ^ "Ipomoea indica (ocean blue morning-glory)". CABI (Centre for Agriculture and Bioscience International) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-12-12.