Bunga beludru kebun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga beludru kebun
Sinningia speciosa

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoLamiales
FamiliGesneriaceae
GenusSinningia
SpesiesSinningia speciosa
Baill., 1888

Sinningia speciosa, kadang-kadang dikenal dalam perdagangan hortikultura sebagai gloksinia atau bunga beludru, adalah anggota tumbuhan berbunga asli Brazil dalam keluarga Gesneriaceae . Awalnya termasuk dalam genus Gloxinia pada tahun 1817, ia diklasifikasikan ulang menjadi Sinningia . Hibrida S. speciosa yang mencolok terkadang masih disebut sebagai "gloksinia", meskipun nama ini sekarang secara teknis salah.[1]

Nama bunga beludru sekarang kadang-kadang digunakan untuk membedakannya dari spesies rhizomatous yang sekarang termasuk dalam genus Gloxinia . Nama umum lainnya adalah bunga beludru Brasil . Tanaman ini menghasilkan bunga yang besar, lembut, berwarna cerah dan merupakan tanaman hias yang populer. Persyaratan budidaya serupa dengan bunga violet Afrika, kecuali S. speciosa umumnya memerlukan lebih banyak cahaya dan sering kali memiliki masa dorman, sehingga umbi harus tetap sejuk dan kering hingga bertunas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sinningia speciosa – History in Horticulture | Gesneriad Reference Web" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-10.