Bunda dari Rosario

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunda Maria dari Rosario
Bunda Kemenangan, Bunda Maria dari Rosario yang Teramat Agung
Dihormati diGereja Katolik Roma
Tempat ziarahBasilika Bunda Maria dari Kemenangan,
Notre-Dame-des-Victoires, Paris
Pesta7 Oktober
AtributPerawan Maria yang Terberkati, Kanak-kanak Yesus, mahkota, rosario
PelindungRosario, Keuskupan Málaga, Toledo, Rosario, Santa Fe, Rosario, Cavite, Keuskupan San Nicolás de los Arroyos, Santos, Melilla, Trujillo, Cáceres, Kolombia, Manizales, Puyo, Pastaza, Carolina Utara, Bohol, Guatemala, Surigao del Norte, Manila, Kota Quezon, Virginia Barat, Seseña, Ontígola, Olías del Rey, Montearagón, Toledo, Lagartera, Huerta de Valdecarábanos, Brenes, Palma Cuata, Zacatecas Lima, Peru
Tradisi
Penampakan Maria

Bunda Rosario, juga dikenal sebagai Bunda Rosario Suci, adalah sebuah gelar bagi perawan Maria dalam Gereja Katolik Roma.

Bunda Rosario Bullas

Pesta Bunda Rosario, sebelumnya dikenal sebagai Pesta Bunda Kemenangan dan Pesta Rosario Suci dirayakan pada tanggal 7 Oktober di Kalender Romawi Umum. Tanggal 7 Oktober adalah peringatan kemenangan yang menentukan dari armada gabungan Liga Suci 1571 di bawah komando Spanyol atas Angkatan Laut Utsmaniyah di Pertempuran Lepanto.

Bunda Rosario[sunting | sunting sumber]

Menurut tradisi Dominikan, pada tahun 1206, Dominic de Guzmán berada di Prouille, Prancis, mencoba untuk mengubah Albigensian kembali ke iman Katolik. Pastor muda itu tidak banyak berhasil sampai suatu hari dia menerima penglihatan dari Perawan Terberkati, yang memberinya rosario sebagai alat melawan bidah.[1] Sementara Maria memberikan rosario kepada Dominikus umumnya diakui sebagai legenda, pengembangan bentuk doa ini sangat bergantung pada pengikut Santo Dominikus, termasuk pastor dan guru abad ke-15, Alanus de Rupe.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Promotor Rosario", Suster-suster Dominikan St. Cecelia". Diakses tanggal 2013-05-03.  Parameter |archive-url= mengalami cacat: flag (bantuan)
  2. ^ Foley O.F.M., Leonard. Santo Hari, Kehidupan, Pelajaran, dan Pesta, Media Fransiskan, ISBN 978-0-86716-887-7