Bukit Joko Tuo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bukit Joko Tuo
Pemandangan Bukit Joko Tuo Karimunjawa.JPG
Pemandangan dari Bukit Joko Tuo
Bukit Joko Tuo berlokasi di Indonesia
Bukit Joko Tuo
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Jepara.
Negara  indonesia
Koordinat 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400Koordinat: 6°07′36″LS 110°24′00″BT / 6,1268°LS 110,4°BT / -6.1268; 110.400
Pengelola Pemdes Karimunjawa
Jenis objek wisata Wisata alam
Gaya Bukit
Fasilitas  • Kerangka Joko Tuo
 • Tasbih Raksasa
 • Pondok-Pondok
Payung Raksasa di Bukit Joko Tuo
Tasbih Raksasa di Bukit Joko Tuo
Kerangka Ikan di Bukit Joko Tuo

Bukit Joko Tuwo adalah salah satu bukit[1] yang menghadap ke arah kota Karimunjawa, sehingga sunset bisa terlihat sangat indah berpadu dengan aktivitas di sekitar tepi laut Karimunjawa. Berjarak ± 300 meter dari pusat kota Karimunjawa, atau lebih tepatnya sebelah utara pasar Karimunjawa. Untuk menuju bukit Joko Tuwo dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil, dan dapat ditempuh juga dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Etimologi dan Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bukit ini dinamai Bukit Joko Tuo karena di bukit ini terdapat kerangka tulang belulang Ikan Joko Tuo, Berdasarkan cerita dari penduduk setempat, bahwa ikan raksasa berukuran panjang sekitar 3 meter ini merupakan jenis ikan langka yang terdampar di Pulau Karimunjawa.

BUkit Joko Tuo diambil dari kata Ikan Joko Tuo. "Joko tuo" sendiri berarti Perjaka Tua.

Kerangka ikan ini ditemukan oleh seorang nelayan karimunjawa sudah menjadi bangkai di pesisir pantai karimunjawa, kemudian melaporkan pada warga yang lain dan akhirnya warga mengambil keputusan untuk mengawetkan kerangka-kerangka IKAN PAUS tersebut dan menyusunya.

Pemandangan[sunting | sunting sumber]

Dari bukit Joko Tuwo, dapat terlihat landscap kota karimunjawa secara utuh dan juga pulau-pulau di sekitar karimunjawa, selain itu anda juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam. Hamparan langit seolah menyatu dengan laut yang memantulkan sinar orange matahari senja. Melukis garis-garis bayangan gelap dan terang yang dilengkapi dengan corak bayangan perahu-perahu dengan arah yang sama atau berlawanan, ke timur atau ke barat. Menikmati lukisan sempurna ini bisa dengan sangat santai di pondokan-pondokan berukuran 2×2m menghadap ke arah laut. Angin yang semilir, pemandangan senja yang indah, bisa duduk dengan santai.

Daya Tarik[sunting | sunting sumber]

Bukit Joko Tuo memiliki banyak dikunjungi wisatawan, karena Bukit Joko Tuo memiliki beberapa hal yang menari, yaitu:

  • Kerangka Ikan Joko Tuo

Kerangka ikan yang cukup besar akan menemani sore anda sambil menunggu mentari senja. Selain ditemani kerangka ikan raksasa, anda juga akan ditemani kerangka ikan raksasa, anda juga akan ditemani oleh flora dan fauna berbagai karimunjawa seperti burung – burung yang bisa menjadi object tambahan anda untuk pengambilan foto selain model kerangka ikan raksasa.

  • Tasbih Raksasa

Selain kerangka ikan paus juga ada Tasbih Raksasa yang terbuat dari batu yang beratnya mencapai 1000 kg, anda akan merasa takjub dengan tasbih yang sebesar dan seberat itu. Tasbih ini murni ditemukan oleh salah seorang penduduk Karimunjawa.

  • Area Olahraga Alam

Di bukit tersebut, anda juga dapat melakukan aktivitas[2] olahraga alam seperti mountain tracking atau hiking, bahkan kalau berminat anda juga dapat camping atau bermalam di sana sambil menyaksikan keindahan lukisan malam.

  • Pemandangan

Disamping itu anda akan dibuat decak kagum dengan keindahan panorama di bukit joko tuo ini, karena anda bisa menikmati keindahan dari kota Karimunjawa, beberapa gugusan pulaunya, dan hamparan laut yang luas dari atas bukit dan akan menambah nuansa liburan anda di Karimunjawa.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]