Bukit Burung Gereja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Bukit Burung Gereja dari Tanggul Luzhetskaya.

Bukit Burung Gereja (bahasa Rusia: Воробьёвы го́ры, Vorob'yovy gory), pada tahun 19351999 bernama Bukit Lenin (bahasa Rusia: Ле́нинские го́ры, Leninskie gory), adalah bukit di tepi Sungai Moskwa yang menjadi salah satu titik tertinggi di Moskwa, Rusia, dengan ketinggian mencapai 220 meter di atas permukaan laut.

Wahana pengamatan yang menyajikan pemandangan Moskwa dan sekitarnya berada di tepi sungai yang curam pada ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Stadion Luzhniki (dulu Stadion Pusat Lenin), tempat upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Musim Panas 1980, berada di bawah bukit ini, di seberang Sungai Moskwa. Di sebelah bukit ini berdiri Biara Novodevichy yang terkenal dengan menara bergaya Barok Naryshkin-nya.

Tak jauh dari wahana pengamatan, terbentang Jembatan Metro Luzhniki. Jembatan dua tingkat ini menghubungkan Prospekt Komsomolsky dengan Prospekt Vernadsky. Jembatan untuk Metro Moskwa di tingkat bawah yang bersisi panel kaca sekaligus difungsikan sebagai Stasiun Vorobyovy Gory.

Bukit yang sering muncul dalam karya penyair dan penulis Rusia ini dinamai berdasarkan nama Desa Vorobyovo.[1] Aleksandr I ingin membangun Katedral Kristus Sang Juru Selamat di bukit ini, tetapi akhirnya dibangun di dekat Kremlin.

Tengaran utama bukit ini adalah gedung Universitas Negeri Moskwa, yang pernah menjadi gedung tertinggi di Eropa, dan Gereja Trinitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 55°42′36″N 37°32′35″E / 55.710°N 37.543°E / 55.710; 37.543