Bukan Istri Pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bukan Istri Pilihan
Sutradara Eduart P. Sirait
Produser Jiwat KK
Penulis Parakitri
Eduart P. Sirait
Maria A. Sardjono
Pemeran Ita Mustafa
Adi Kurdi
Dhalia
Mangara Siahaan
Rahayu Effendi
Mariance Mantouw
Eva Arnaz
Waty Siregar
Dewi B. Astuti
Menzano
Boedi SR
Wildan Dja’far
Fuad Rachman
Distributor Bola Dunia Film
Durasi
100 menit
Negara Indonesia

Bukan Istri Pilihan adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1981 dengan disutradarai oleh Eduart P. Sirait. Film ini dibintangi antara lain oleh Ita Mustafa dan Adi Kurdi.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ratih (Ita Mustafa) adalah wanita desa yang lugu dan jujur. Ia menikah dengan Hartomo (Adi Kurdi) yang menganggap bukan istri pilihannya, karena perkawinan itu terjadi atas permintaan ibu Hartomo. Dalam suasana demikian, Hartomo pergi ke Jakarta mencari hidup baru sambil menjauhi Ratih. Ratih sendiri bersama mertuanya (Dhalia) menyusul ke Jakarta.

Di Jakarta, Hartomo berpetualang dengan beberapa wanita yang ia sukai sampai saat ia siap menikah dengan calon istri pilihannya sendiri. Ratih melalukan pencarian jati diri dan ia menjadi dewi yang bijak dan menjalin hubungan baik dengan Mulyono (Mangara Siahaan) yang begitu tulus mencintainya. Ratih bertemu Hartomo di sebuah rumah sempit diperkampungan Jakarta. Ratih harus memutuskan antara menerima kembali Hartomo atau menerima Mulyono. Dengan alasan yang cerdas, ratih memilih Hartomo.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]