Buddhayana Dharmawira Centre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Buddhayana Dharmawira Centre
Tampak depan Buddhayana Dharmawira Centre
Informasi umum
LokasiIndonesia Kota Surabaya, Jawa Timur
AlamatJalan Panjang Jiwo Permai Selatan Nomor 4, Kota Surabaya
Mulai dibangun2008

Buddhayana Dharmawira Centre yang disingkat dengan BDC adalah sebuah pusat pendidikan dan pelatihan (center) ajaran Buddha yang bernaung di bawah Sangha Agung Indonesia. Centre ini didirikan oleh tokoh-tokoh Buddhayana pada tahun 2008 di Surabaya, Jawa Timur.[1] Sebagaimana bagian dari Buddhayana, BDC menaungi peribadatan secara Theravada, Mahayana, dan Tantrayana.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Buddhayana Dharmawira Centre bermula dari ide para tokoh Buddhayana dan mendapat dukungan dari tokoh-tokoh Buddhis di Surabaya. Pada saat itu banyak umat agama Buddha yang berusia muda di Surabaya bagian Timur terkendala kurangnya tempat ibadah dan akhitivitas Buddhis. Akhirnya para tokoh memutuskan untuk mendirikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) berlokasi di Jalan Panjang Jiwo Permai Selatan no.4, Surabaya. Akta organisasi BDC tertanggal 8 Agustus 2008 dan kegiatan dimulai pada tanggal cantik serba sembilan, yaitu 9/9/2009.[2]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan dan pelatihan[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah Centre, Buddhayana Dharmawira Centre mempunyai kegiatan memberikan pendidikan Buddhis berupa sekolah minggu untuk anak-anak dan remaja serta berbagai kelas Dharma untuk umum. Selain pendidikan Buddhis, BDC juga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan seperti les bahasa Tionghoa dan sebagainya.

Ibadah[sunting | sunting sumber]

Bangunan Buddhayana Dharmawira Centre juga digunakan untuk ibadah rutin sebagai bagian dari pendidikan dan latihan bagi para umat dan simpatisan. Selain ibadah rutin, Centre ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan hari-hari suci keagamaan Buddha.

Pada bulan 14 Mei 2010, guru besar Geshe Yonten La dari Biara Gomang, India, datang dan memberikan pengajaran Dhamma di BDC.[3]

Sosial kemasyarakatan[sunting | sunting sumber]

Buddhayana Dharmawira Centre banyak menyelenggarakan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti pembagian sembako murah, bazar pakaian murah, pengobatan gratis, pemeriksanaan kesehatan murah, dan donor darah. Berbagai kegiatan sosial ini dilakukan rutin baik secara mandiri maupun secara bekerjasama dengan instansi lain, misal PMI.

Buddhist Festival 2013[sunting | sunting sumber]

Buddhayana Dharmawira Centre ikut memeriahkan kegiatan Buddhist Festival yang diselenggarakan pada tanggal 21 hingga 30 Juni 2013 di Surabaya.[2]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buddhayana Dharmawira Centre. 2008. "Brosur Dokumentasi Buddhayana Dharmawira Centre". Surabaya.
  2. ^ a b Buddhist Festival 2013. juni 2013. Balita Hingga Kakek Nenek Guyub Dalam Keluarga Bahagia BDC[pranala nonaktif permanen].
  3. ^ Center Kadam Choeling Indonesia, Bandung. 13 Maret 2010. Public Teaching oleh Geshe Yonten La di Indonesia[pranala nonaktif permanen].