Budaya rendah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Humor budaya rendah:



Mencium Kaki Paus
[1] Para petani Jerman bertelanjang pantat dan kentut sebagai tanggapan terhadap banteng kepausan Paus Paulus III: "Paus berbicara: Hukuman kita harus ditakuti, bahkan jika tidak adil. Tanggapan: Terkutuklah! Lihatlah, wahai ras yang geram, kita ditelanjangi pantat." [2]
Adegan yang tidak beragama adalah humor budaya rendah dari seri pemotongan kayu Papstspotbilder ( Depictions of the Papacy, 1545), oleh Lucas Cranach the Elder, [3] yang ditugaskan oleh Martin Luther. [4]

Dalam sosiologi, istilah budaya rendah mengacu pada bentuk budaya populer yang mempunyai daya tarik massa, berbeda dengan bentuk budaya tinggi yang menarik sebagian kecil masyarakat. Teori budaya mengusulkan bahwa budaya tinggi dan budaya rendah merupakan subkultur dalam suatu masyarakat, karena industri budaya memproduksi secara massal setiap jenis budaya populer untuk setiap kelas sosial ekonomi.[5]

Standar dan definisi[sunting | sunting sumber]

Dalam Popular Culture and High Culture: An Analysis and Evaluation of Taste (1958), Herbert J. Gans mengatakan bahwa:

Aesthetic standards of low culture stress substance, form being totally subservient, and there is no explicit concern with abstract ideas or even with fictional forms of contemporary social problems and issues. . . . Low culture emphasizes morality, but limits itself to familial and individual problems and [the] values, which apply to such problems. Low culture is content to depict traditional working class values winning out over the temptation to give into conflicting impulses and behavior patterns.

— Herbert Gans, [6]

Budaya sebagai kelas sosial[sunting | sunting sumber]

Setiap kelas sosial mempunyai jenis budaya tinggi dan budaya rendahnya masing-masing, yang definisi dan isinya ditentukan oleh kondisi sosial-ekonomi dan pendidikan, kebiasaan orang-orang yang membentuk kelas sosial tertentu. Oleh karena itu, apa yang dimaksud dengan budaya tinggi dan apa yang dimaksud dengan budaya rendah mempunyai makna dan kegunaan tertentu yang ditentukan secara kolektif oleh anggota suatu kelas sosial.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Artefak fisik dari budaya rendah biasanya berukuran kecil, murah, dan seringkali dibuat secara kasar, berbeda dengan benda seni publik yang megah atau benda mewah dari budaya tinggi. Murahnya bahan-bahan tersebut, banyak diantaranya yang mudah rusak, secara umum berarti bahwa kelangsungan hidup di zaman modern sangatlah langka. Ada pengecualian, terutama pada tembikar dan grafiti di atas batu. Ostracon adalah sepotong kecil tembikar (atau terkadang batu) yang telah ditulisi, untuk berbagai tujuan, di antaranya tablet kutukan atau mantra magis yang lebih positif seperti sihir cinta adalah hal yang umum. Kayu pasti merupakan bahan yang umum, namun hanya dapat bertahan dalam jangka waktu lama pada kondisi iklim tertentu, misalnya di Mesir dan daerah kering lainnya, serta pada rawa gambut yang basah secara permanen dan sedikit asam .

Media massa[sunting | sunting sumber]

Hadirin[sunting | sunting sumber]

Semua produk budaya (terutama budaya tinggi) mempunyai demografi tertentu yang paling menarik bagi mereka. Budaya rendah menarik bagi kebutuhan manusia yang sangat sederhana dan mendasar serta menawarkan kembalinya ke kepolosan, [8] pelarian dari masalah dunia nyata, atau pengalaman hidup secara perwakilan dengan melihat kehidupan orang lain di televisi.[9]

Stereotip[sunting | sunting sumber]

Budaya rendah dapat dirumuskan, menggunakan konvensi kiasan, karakter bawaan, dan arketipe karakter dengan cara yang dapat dianggap lebih sederhana, kasar, emosional, tidak seimbang, atau blak-blakan dibandingkan dengan penerapan budaya tinggi — yang mungkin dianggap lebih halus, seimbang, atau halus dan terbuka untuk interpretasi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Latin title reads: "Hic oscula pedibus papae figuntur."
  2. ^ In Latin and Italian, the caption concludes: "PAPA LOQVITUR. Sententiae nostrae etiam iniustae metuendae sunt. Responsio. Maledetta Aspice nudatas gens furiosa nates. Ecco qui Papa el mio belvedere."
  3. ^ Oberman, Heiko Augustinus (1994). The Impact of the Reformation: Essays. Grand Rapids, Michigan: Wm. B. Eerdmans Publishing. hlm. 61. ISBN 978-0802807328. 
  4. ^ Edwards, Mark U. Jr. (2004). Luther's Last Battles: Politics And Polemics 1531-46. Minneapolis, Minnesota: Augsburg Fortress. hlm. 4. ISBN 978-0-8006-3735-4. 
  5. ^ Lane Crothers (2021). Globalization and American Popular Culture. Rowman & Littlefield. hlm. 48. ISBN 9781538142691. 
  6. ^ Gans, Herbert (1999) [1958]. Popular Culture and High Culture: An Analysis and Evaluation of TastePerlu mendaftar (gratis). New York City: Basic Books. hlm. 115. ISBN 978-0465026098. 
  7. ^ Gans, p. 07.
  8. ^ Tomasino, Anna (2006). Discovering Popular Culture. London, England: Pearson Education. hlm. 211. ISBN 978-0321355966. 
  9. ^ Mazur, Eric; Koda, Tara K. (2000). "The Happiest Place on Earth: Disney's America and the Commodification of Religion". Dalam Mazur, Eric; McCarthy, Kate. God in the Details: American Religion in Popular Culture. Abingdon, England: Routledge. hlm. 307. ISBN 978-0415485371.