Brigandage

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lukisan Para pelacong diserang oleh gerombolan brigand karya Nicolaes Pieterszoon Berchem (sekitar 1670).

Brigandage adalah kehidupan perampokan jalan raya dan praktik penjarahan,[1] yang dilakukan oleh seorang brigand, yaitu seseorang yang biasanya tinggal dalam sebuah geng dan hidup dengan cara merampok atau menjarah.[2]

Kata brigand masuk ke dalam kosakata bahasa Inggris menjadi 'brigant' melalui bahasa Prancis dari bahasa Italia pada awal tahun 1400. Di bawah hukum perang, prajurit yang bertindak berdasarkan tanggung jawab mereka sendiri tanpa beroperasi dalam rantai komando adalah perampok dan dapat diadili berdasarkan hukum sipil sebagai penjahat biasa. Namun, kadang-kadang menjadi brigand bukan hanya semata-mata karena berniat menjadi penjahat, tetapi mungkin merupakan upaya terakhir dari orang-orang yang menjadi sasaran invasi.

Administrasi yang buruk dan kondisi lapangan yang cocok mendorong pengembangan brigand. Contoh-contoh historis brigand (sering disebut demikian oleh musuh-musuh mereka) telah ada di Prancis, Yunani, Balkan, India, daratan Italia, Meksiko, Sisilia, dan Spanyol. Di beberapa negara bagian Amerika Serikat juga ada beberapa jenis brigandage.

Hukum perang[sunting | sunting sumber]

Menjelang akhir perang, orang-orang yang tidak dapat didamaikan mungkin menolak untuk menerima kekalahan atau kehilangan dan dapat melanjutkan permusuhan menggunakan taktik yang tidak beraturan. Setelah ditangkap oleh pihak yang menang, apakah mereka harus diperlakukan seperti tentara (menjadi tahanan perang) atau sebagai brigand (yang dapat diadili di bawah hukum sipil sebagai penjahat biasa), tergantung mereka yang ditangkap apakah dapat "menghormati hukum dan kebiasaan perang" dan apakah mereka beroperasi dalam rantai komando serta "bukan orang yang bertindak atas tanggung jawab mereka sendiri".[3][4][5]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oxford English Dictionary second edition, 1989. "Brigandage" The first recorded usage of the word was by "[Clive] Holland Livy XXXVIII. xlv. 1011e, A privat brigandage and robberie."
  2. ^ Oxford English Dictionary second edition, 1989. "Brigand.2" first recorded usage of the word was by "H. LUTTRELL in Ellis Orig. Lett. II. 27 I. 85 Ther ys no steryng of none evyl doers, saf byonde the rivere of Sayne..of certains brigaunts."
  3. ^ Axinn 2008, hlm. 89.
  4. ^ Elsea 2005, CRS-17, CRS-29.
  5. ^ Lieber, Lieber & Shelly 1983, hlm. 95.

Referensi[sunting | sunting sumber]