Bottoms (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bottoms
Poster resmi
SutradaraEmma Seligman
Produser
Ditulis oleh
Pemeran
Penata musik
SinematograferMaria Rusche
PenyuntingHanna Park
Perusahaan
produksi
DistributorMetro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis
  • 11 Maret 2023 (2023-03-11) (SXSW)
  • 25 Agustus 2023 (2023-08-25) (Amerika Serikat)
Durasi91 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaEnglish
Anggaran$11.3 juta[2]
Pendapatan
kotor
$11.6 juta[3][4]

Bottoms adalah film satir komedi seks remaja Amerika Serikat tahun 2023.[5][6][7][8][9][10] Film ini disutradarai oleh Emma Seligman, dari skenario yang ia tulis bersama Rachel Sennott. Film ini dibintangi oleh Sennott, Ayo Edebiri, Ruby Cruz, Havana Rose Liu, Kaia Gerber, Nicholas Galitzine, Miles Fowler, Dagmara Domińczyk dan Marshawn Lynch. Film ini menceritakan dua gadis SMA (Sennott dan Edebiri) yang mendirikan klub pertarungan sebagai cara untuk berhubungan dengan gadis pemandu sorak.

Bottoms ditayangkan perdana di South by Southwest pada 11 Maret 2023,[11] dan dirilis di Amerika Serikat pada 25 Agustus 2023 oleh Metro-Goldwyn-Mayer. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, dengan pujian khusus ditujukan pada arahan dan penampilan pemerannya.

Plot[sunting | sunting sumber]

PJ dan Josie adalah dua sahabat lesbian yang belum pernah berhubungan seks, mereka bersekolah di SMA Rockbridge Falls di pinggiran kota New Orleans. Josie menyukai Isabel, seorang gadis pemandu sorak populer, sementara PJ tergila-gila pada sahabat Isabel, dan sesama pemandu sorak, Brittany. Pada awal tahun ajaran mereka, PJ dan Josie, bergabung dengan teman mereka Hazel, menghadiri pameran lokal, di mana mereka menyaksikan Isabel dan pacarnya, Jeff, gelandang Rockbridge Falls Vikings, bertengkar. Isabel masuk ke mobil PJ dan Josie, dan mereka dengan lembut membenturkan tempurung lutut Jeff ketika Jeff menolak untuk menyingkir dari depan mobil. Jeff jatuh ke tanah, berpura-pura terluka parah.

Ketika sekolah dimulai, desas-desus menyebar bahwa PJ dan Josie baru saja keluar dari tahanan remaja saat musim panas dan bahwa mereka telah berkelahi secara fisik dengan Jeff. Ketika Kepala Sekolah Meyers mengancam mereka dengan pengusiran, Josie secara keliru mengklaim bahwa mereka hanya berlatih untuk "klub bela diri" feminis. PJ dan Josie memutuskan untuk mendirikan klub bela diri atas nama pemberdayaan diri perempuan, meskipun mereka diam-diam ingin menggunakannya untuk dekat dengan gadis-gadis cantik untuk berhubungan seks dengan mereka. Mereka meminta Pak G, seorang guru ceroboh yang sedang dalam proses perceraian, untuk menjadi penasihat mereka.

Para anggota klub semakin dekat melalui latihan mereka yang kacau dan penuh kekerasan, sementara PJ dan Josie melanjutkan kebohongan mereka tentang masuk tahanan remaja. Hazel mengetahui bahwa ibunya berselingkuh dengan Jeff dan memberi tahu PJ dan Josie. Josie memberi tahu Isabel, dan Isabel putus dengan Jeff di depan siswa di kafetaria. Klub memutuskan untuk merusak rumah Jeff dengan telur dan tisu toilet, akhirnya Hazel membuat bom yang meledakkan mobil Jeff. Menghadapi pembubaran klub, PJ dan Hazel bertengkar, dimana PJ mempermalukan Hazel. Malam berikutnya, Josie mengundang Isabel ke kamarnya, tempat mereka berhubungan seks. Sementara itu, Brittany mengajak PJ ke kamarnya. Saat PJ menciumnya, Brittany memberitahunya bahwa dia heteroseksual.

Saat perkumpulan untuk pertandingan football mendatang melawan SMA Huntington, Tim, sesama pemain Viking, meminta Hazel untuk melawan seorang petinju dalam pertarungan, yang berakhir dengan Hazel terluka parah. Tim kemudian mengungkapkan kebohongan di balik "klub pertarungan" PJ dan Josie, mempermalukan mereka di depan umum sebagai pembalasan kepada klub yang telah mengalihkan perhatian siswa dari tim football. PJ dan Josie berselisih setelah bertengkar, dan keduanya dikucilkan di sekolah.

Josie meminta nasihat dari pengasuh masa kecilnya, Rhodes, yang mengungkapkan bahwa sesuai tradisi, Huntington bermaksud membunuh pemain sepak bola Rockbridge di pertandingan mendatang. Berharap untuk mencegah hal ini, PJ dan Josie menghidupkan kembali persahabatan mereka, dan kemudian berbaikan dengan Hazel dan gadis-gadis lain di klub, meskipun mereka tidak dapat merekrut Isabel dan Brittany. Mereka menyadari SMA Huntington telah memasukkan beberapa barel besar jus nanas ke dalam sistem penyiram lapangan football sehingga menyebabkan reaksi alergi yang mematikan bagi Jeff.

Setelah bom yang dipasang di pohon gagal meledak, PJ dan Hazel mengalihkan perhatian semua orang dengan berciuman di depan umum. Setelah kedatangan tim SMA Huntington, Isabel dan Brittany bergabung kembali dengan klub dan perkelahian brutal dan berdarah pun terjadi antara para pemain footbal dan anggota klub pertarungan. Gadis-gadis itu membunuh sebagian besar tim lawan dan membuat sisanya tidak sadarkan diri, berakhir dengan kemenangan Rockbridge melalui forfeit. Josie dan Isabel berpelukan sambil berciuman. Bom di pohon akhirnya meledak, mengganggu perayaan tersebut.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Rachel Sennott sebagai PJ
  • Ayo Edebiri sebagai Josie
  • Ruby Cruz sebagai Hazel Callahan
  • Havana Rose Liu sebagai Isabel
  • Kaia Gerber sebagai Brittany
  • Nicholas Galitzine sebagai Jeff
  • Miles Fowler sebagai Tim
  • Marshawn Lynch sebagai Mr. G
  • Dagmara Domińczyk sebagai Mrs. Callahan
  • Punkie Johnson sebagai Rhodes
  • Zamani Wilder sebagai Annie
  • Summer Joy Campbell sebagai Sylvie
  • Virginia Tucker sebagai Stella-Rebecca
  • Wayne Péré sebagai Principal Meyers

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 93% dari 168 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 7,8/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Mendorong dan berlebihan, Bottoms adalah komedi klasik sekolah menengah instan yang terasa kekinian dan nostalgia."[12] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 77 dari 100, berdasarkan 39 kritikus, yang menunjukkan ulasan yang "umumnya disukai".[13] Penonton yang disurvei PostTrak memberikan film ini skor positif sebesar 93%, dengan wanita di bawah 25 tahun memberikan skor 98% dan 96% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikannya.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leo Birenberg & Charli XCX Scoring Emma Seligman's 'Bottoms'". Film Music Reporter. March 10, 2023. Diakses tanggal March 11, 2023. 
  2. ^ Goldsmith, Jill (2023-09-03). "Talk To Me Tops Hereditary As A24's Highest-Grossing Horror; Bottoms Nails Nationwide Expansion – Specialty Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  3. ^ "Bottoms (2023)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal October 1, 2023. Sunting ini di Wikidata
  4. ^ "Bottoms". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal October 1, 2023. 
  5. ^ McCormack, Olivia (2023-08-28). "Review | 'Bottoms': Campy tale of high school losers comes out on top". Washington Post. ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2023-09-17. 
  6. ^ Kodama, Kevin (2023-09-04). "Bottoms Has a Deeper Meaning, And Most Fans Missed It". MovieWeb. Diakses tanggal 2023-09-17. 
  7. ^ Giorgis, Hannah (2023-08-25). "The Raunchy Teen Comedy Gets a Queer Twist". The Atlantic. Diakses tanggal 2023-09-17. 
  8. ^ "'Bottoms' review: Broken noses and bloodshed mark this refreshingly unhinged teen comedy". USA Today. Diakses tanggal 2023-09-10. 
  9. ^ "Behind 'Bottoms,' the wild, queer and bloody high school sex comedy coming to theaters". AP News. 2023-08-22. Diakses tanggal 2023-09-10. 
  10. ^ Radulovic, Petrana (2023-08-31). "Bottoms mocks retro raunchy high school sex comedies — but it still is one". Polygon. Diakses tanggal 2023-09-10. 
  11. ^ "2023 SXSW Film Festival Lineup". SXSW. Diakses tanggal 2023-02-01. 
  12. ^ "Bottoms", Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2023-10-2 
  13. ^ "Bottoms", Metacritic, diakses tanggal 2023-10-2 
  14. ^ D'Alessandro, Anthony (August 28, 2023). "'Gran Turismo' Revs $17.4M, 'Barbie' $15.1M In Warner Bros & Sony Battle During National Cinema Day Weekend – Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal August 28, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]