Botia macan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Botia macan
Syncrossus hymenophysa
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN91105183
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoCypriniformes
FamiliBotiidae
GenusSyncrossus
SpesiesSyncrossus hymenophysa
Bleeker, 1852
Tata nama
Sinonim takson
  • Cobitis hymenophysa Bleeker, 1852
  • Botia hymenophysa (Bleeker, 1852)
  • Hymenophysa macclellandi Bleeker, 1859

Syncrossus hymenophysa, biasanya dikenali sebagai botia macan atau langli adalah spesies ikan air tawar dalam keluarga Botiidae . Ia berasal dari aliran gunung yang deras dan sungai besar, di atas substrat lunak dan sering kali berada di dekat batu-batu besar yang terendam dan pohon-pohon tumbang, di Semenanjung Malaysia, Kalimantan, dan Sumatra . [1] Tidak seperti kebanyakan loaches, S. hymenophysa sangat agresif, terutama jika makanan ditambahkan ke dalam akuarium.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

S. hymenophysa tumbuh hingga 10 in (25 cm) panjang. Betina dewasa cenderung memiliki perut yang lebih bulat. Spesies ini mudah disalahartikan sebagai S. helodes, perbedaannya terletak pada arah garis di depan sirip punggung. Garis-garisnya dimulai dari pangkal punggung dan turun, berakhir miring ke arah kepala S. hymenophysa, tetapi sebaliknya untuk S. helodes .

Kompatibilitas tangki[sunting | sunting sumber]

Di akuarium, hanya satu S. hymenophysa yang harus dipelihara per tangki, dan diberi makanan hidup atau beku, kecuali ruangan cukup untuk lima spesimen atau lebih. Seperti ikan agresif lainnya, memiliki kelompok yang lebih besar dan garis pandang yang terputus di seluruh akuarium dapat membubarkan agresi ke seluruh kelompok, namun hal ini tidak menjamin interaksi damai. Spesies ini, seperti Syncrossus lainnya, harus dipelihara dalam kelompok agar ikan dapat membentuk hierarki alami.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Syncrossus hymenophysa — Loaches Online