Botiidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Botiidae
Botia striata
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Botiidae

Genera

Botiidae adalah keluarga ikan bersirip kipas dalam ordo cypriniformes yang berasal dari Asia Selatan, Tenggara, dan Timur. Sebelumnya anggota famili ini sempat dimasukan ke dalam famili Cobitidae, namun Maurice Kottelat merevisinya dan mendeskripsikan kembali famili ini pada tahun 2012.[1] Keluarga ini mencakup sekitar 56 spesies ikan.

Botiidae cenderung lebih kuat ketimbang kebanyakan kerabatnya dalam famili di Cobitidae dan cenderung memiliki punggung yang kurang lebih melengkung, sehingga menghasilkan bentuk yang lebih fusiform. Botiidae biasanya memiliki moncong runcing dengan panjang sedang, sementara banyak cobitidae yang berhidung pesek.

Botiida umumnya berukuran cukup kecil dengan panjang maksimum antara 6 dan 30 cm tergantung spesiesnya, meskipun spesies Leptobotia elongata mencapai panjang 50 cm,[2] spesies Chromobotia macracanthus juga telah diklaim mencapai ukuran yang sama.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kottelat, M. (2012): Conspectus cobitidum: an inventory of the loaches of the world (Teleostei: Cypriniformes: Cobitoidei). Diarsipkan February 11, 2013, di Wayback Machine. The Raffles Bulletin of Zoology, Supplement No. 26: 1-199.
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2014). "Leptobotia elongata" di situs FishBase. Versi June 2014.
  3. ^ Åhlander, Ola (2 September 2004). "Clown loach Chromobotia macracanthus (Bleeker 1852)". www.bollmoraakvarieklubb.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 May 2015. Diakses tanggal 6 June 2014.