Botana belang kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Botana belang kuning
Acanthurus xanthopterus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN177989
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliAcanthuridae
GenusAcanthurus
SpesiesAcanthurus xanthopterus
Valenciennes, 1835

Botana belang kuning ( Acanthurus xanthopterus ) adalah salah satu dari beberapa ikan laut yang berubah warna seiring bertambahnya usia. Karakteristik ikan ini membingungkan identifikasi, dan awalnya menempatkan ikan muda dan dewasa dalam spesies yang berbeda. Dengan kedatangan akuarium dan kemudian, budidaya terumbu karang, spesialis memperhatikan transformasi warna. Baru belakangan ini ahli zoologi mulai memahami metamorfosis mereka.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Botana belang kuning memiliki panjang hingga 70 cm (28 in) . Ia memiliki delapan atau 9 duri punggung, 25-27 duri lunak punggung, tiga duri dubur, 23-25 duri lunak dubur, dan 16-24 penyapu insang anterior dan 17-22 posterior.

Tubuhnya berwarna abu-abu keunguan. Ia memiliki daerah kuning kusam di depan matanya. Sepertiga bagian luar sirip dadanya berwarna kuning, bagian paling distalnya berwarna hialin . Sirip punggung dan duburnya berwarna abu-abu kekuningan pada dasarnya dan kuning kusam di bagian distal. Sirip ekornya berwarna keunguan dan tulang ekornya kecil. [2]

Makanan[sunting | sunting sumber]

Itu memakan diatom, detritus film pasir, ganggang berserabut, hidroid, dan potongan ikan. Ini mungkin satu-satunya ikan yang siap memakan umpan. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abesamis, R.; Clements, K.D.; McIlwain, J.; Myers, R.; Nanola, C.; Rocha, L.A.; Russell, B.; Stockwell, B. (2012). "Acanthurus xanthopterus": e.T177989A1512937. doi:10.2305/IUCN.UK.2012.RLTS.T177989A1512937.en. 
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fishbase