Border Collie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Border Collie
BORDER COLLIE, Simaro Million Dollar Baby (24290879465) 2.jpg
Nama lain Anjing Gembala Skotlandia
(terkadang dibingungkan hubunganya dengan Anjing Gembala Wales)
Negara asal Britania Raya
Perbatasan Skotlandia
Ciri-ciri
Berat Jantan 14–20 kg (31–44 lb)
Betina 12–19 kg (26–42 lb)
Tinggi Jantan 48–56 cm (19–22 in)
Betina 46–53 cm (18–21 in)
Bulu Lapisan ganda halus atau kasar
Masa hidup 10–17 tahun, rata-rata 12 tahun

Border Collie adalah anjing pekerja dan penggembala yang hidup di perbatasan Skotlandia untuk menggembala ternak, terutama domba.[1] Itu secara khusus dibiakkan karena kecerdasan dan kepatuhannya.

Dianggap sangat cerdas, sangat energik, akrobatik dan atletis, mereka sering bersaing dengan sukses besar dalam percobaan anjing gembala dan olahraga anjing. Mereka sering disebut paling cerdas dari semua anjing peliharaan.[2] Border Collies terus dipekerjakan dalam pekerjaan tradisional mereka menggembalakan ternak di seluruh dunia.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Border Collie betina biru tri warna
Border Collie betina merle merah
Border Collie betina coklat
Border Collie jantan hitam & putih
Border Collie jantan merle merah
Border Collie jantan coklat

Secara umum, Border Collies adalah anjing berukuran sedang dengan jumlah bulu sedang. Mereka memiliki bulu ganda yang bervariasi dari halus hingga kasar dan terkadang melengkung. Sementara hitam dan putih adalah pola warna Border Collie yang paling sering terlihat, trah ini muncul dalam hampir semua warna dan pola yang diketahui terjadi pada anjing. Beberapa di antaranya termasuk warna tiga warna hitam (hitam/cokelat/putih), merah hati dan warna putih, dan tiga warna merah (merah/cokelat/putih) yang juga telah terlihat secara teratur, dan warna-warna lain seperti biru, ungu, merah merle, merle biru, brindle, dan merah Australia (juga dikenal sebagai ee merah, pirang, merah resesif, atau emas) yang terlihat lebih jarang. Beberapa Border Collies mungkin juga memiliki bulu satu warna.[3]

Warna mata bervariasi dari coklat hingga biru, dan kadang-kadang mata dengan warna berbeda terjadi; ini biasanya terlihat pada merles. Telinga Border Collie juga bervariasi - beberapa memiliki telinga yang sepenuhnya ereksi, beberapa telinga yang sepenuhnya terjatuh, dan yang lainnya semi-berdiri (mirip dengan yang ada pada Collie kasar). Meskipun penangan Border Collie yang bekerja kadang-kadang memiliki takhayul tentang penampilan anjing mereka (penangan dapat menghindari sebagian besar anjing putih karena gagasan yang tidak berdasar bahwa domba tidak akan menghormati anjing putih atau hampir semua anjing putih),[4] secara umum, American Border Collie Association menganggap penampilan anjing tidak relevan.[5] Dianggap lebih bermanfaat untuk mengidentifikasi Border Collie yang berfungsi berdasarkan sikap dan kemampuannya. Anjing yang dibiakkan untuk kontes lebih homogen dalam penampilan daripada Border Collies yang bekerja, karena untuk menang mereka harus menyesuaikan diri dengan standar anakan yang spesifik pada banyak titik struktur, bulu, dan warna. Klub Kennel menentukan, misalnya, bahwa Border Collie harus memiliki ekspresi "tajam dan cerdas", dan warna mata yang disukai adalah coklat tua. Untuk menghormati asal anjingnya bekerja, bekas luka dan gigi patah yang diterima saat menjalankan tugas tidak diperhitungkan arena pertunjukan. Tinggi jantan dengan gumba dari 48 hingga 56 sentimeter (19 hingga 22 in), betina dari 46 hingga 53 sentimeter (18 hingga 21 in).

Temperamen dan kebutuhan[sunting | sunting sumber]

Border Collies membutuhkan latihan fisik dan stimulasi mental harian yang jauh lebih banyak daripada banyak ras lain.[6] Border Collie dianggap sebagai jenis anjing yang paling cerdas.[2][7] Meskipun peran utama Border Collie adalah untuk menggembalakan ternak, trah ini menjadi semakin populer sebagai hewan pendamping.

Dalam peran ini, karena warisan kerja mereka, Border Collies sangat menuntut, bermain-main, dan energik. Mereka berkembang baik di lingkunhan yang dapat memberi mereka banyak permainan dan olahraga, baik dengan manusia atau anjing lain.[6] Karena kepribadian mereka yang menuntut dan kebutuhan untuk stimulasi mental dan olahraga, banyak Border Collies mengembangkan perilaku bermasalah di lingkungan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka.[8] Mereka terkenal karena menggigit furnitur, menggaruk dinding dan menggali lubang, karena kebosanan. Border Collies mungkin menunjukkan keinginan kuat untuk menggembala, suatu sifat yang mungkin mereka tunjukkan pada anak kecil, kucing, dan anjing lainnya. Sifat trah ini untuk mengembala sengaja didorong, seperti pada anjing-anjing tempat Border Collie dikembangkan, dengan pembiakan selektif selama beberapa generasi.[6] Namun, karena sangat terlatih, mereka dapat hidup secara damai dengan hewan peliharaan lain jika diberikan pelatihan sosialisasi yang tepat.

Asosisasi Border Collie Amerika merekomendasikan pemilik potensial, sebelum menjadikannya sebagai hewan peliharaan, harus yakin bahwa mereka dapat memberikan latihan teratur yang sepadan dengan energi tinggi dan stamina yang luar biasa dari collie.[9] Collie yang bekerja dapat berjalan bermil-mil sehari, menggunakan pengalaman, kepribadian, dan kecerdasannya untuk mengendalikan ternak yang menantang. Anjing-anjing ini akan menjadi tertekan dan frustrasi jika dibiarkan terisolasi, diabaikan atau tidak aktif. Seperti banyak ras yang bekerja, Border Collies dapat peka terhadap gerakan dan dapat mengejar kendaraan dan sepeda yang bergerak, tetapi perilaku ini dapat dimodifikasi dengan pelatihan.[10] Beberapa perilaku yang buruk membutuhkan kesabaran, karena mereka berkembang dan mungkin menghilang saat anjing menjadi dewasa.

Sementara kecerdasan dan kemampuan beradaptasi mereka digunakan untuk membantu pencarian dan penyelamatan umat manusia dan sebagai "anjing pelacak", kelembutan dan kepekaan mereka menyambut mereka baik di rumah sakit maupun di rumah bagi para lansia, tempat mereka dipekerjakan sebagai "anjing PAT".[11]

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Masa hidup[sunting | sunting sumber]

Rentang hidup alami Border Collie adalah antara 10 dan 14 tahun, dengan usia rata-rata 12 tahun.[12] Umur rata-rata trah dengan ukuran yang sama biasanya 12 hingga 13 tahun.[13]

Penyebab kematian utama adalah kanker (23,6%), usia tua (17,9%) dan penyakit pembuluh darah otak (9,4%).[12]

Masalah kesehatan umum[sunting | sunting sumber]

Collie eye anomaly (CEA) dan epilepsi dianggap sebagai penyakit genetik utama yang menjadi perhatian pada trah saat ini.[14] CEA adalah penyakit mata bawaan sejak lahir yang melibatkan retina, koroid, dan sklera yang terkadang mempengaruhi Border Collies. Pada Border Collies, umumnya penyakit ringan dan jarang secara signifikan mengganggu penglihatan. Namun, kondisi mata lainnya seperti PRA[15] Perlahan-lahan retina hancur dan dapat menyebabkan Border Collies kehilangan hampir semua penglihatan mereka di malam hari yang dapat berkembang menjadi kebutaan siang hari. Sekarang ada tes DNA tersedia untuk CEA[16] dan, melalui penggunaannya, peternak dapat memastikan bahwa mereka tidak akan menghasilkan anak anjing yang terkena dampak. Ada berbagai jenis pengujian pinggul yang tersedia termasuk OFA (Yayasan Ortopedi untuk Hewan) dan PennHip. Radiografi diambil dan dikirim ke organisasi-organisasi ini untuk menentukan kualitas pinggul dan siku anjing.

Dua jenis gangguan pendengaran terjadi pada trah. Jenis pertama adalah pigmen yang terkait dan ditemukan pada anak anjing Border Collie, meskipun anak anjing dapat memiliki tuli sensorineural bawaan sejak lahir.[17] Tipe kedua dikenal sebagai onset gangguan pendengaran anjing dewasa.[18] Anjing-anjing ini memiliki tes respons batang otak pendengaran normal sebagai anak anjing tetapi secara bertahap kehilangan pendengaran mereka antara usia satu dan delapan tahun. Sebuah penelitian saat ini sedang berlangsung di The Translational Genomics Research Institute untuk mengidentifikasi penyebab genetik dari gangguan pendengaran pada trah anjing dewasa.

Glaukoma (GLAU) Penemuan varian genetik pada gen OLFML3 dilakukan di The Roslin Institute, University of Edinburgh dan Mater Research Institute-UQ, Brisbane Australia. Berdasarkan penemuan ini, Genetika Hewan mengembangkan uji untuk mendeteksi varian genetik yang terkait dengan Glaukoma Border Collie.

Neurofal ceroid lipofuscinosis (NCL) adalah penyakit langka namun serius yang terbatas pada Border Collies. NCL menghasilkan kerusakan neurologis yang parah dan kematian dini; anjing yang terserang jarang bertahan hidup di atas usia dua tahun. Mutasi yang menyebabkan bentuk penyakit yang ditemukan di Border Collies diidentifikasi oleh Scott Melville di laboratorium Dr. Alan Wilton dari School of Biotechnology and Biomolecular Sciences, University of New South Wales.[19] Tidak ada perawatan atau penyembuhan, tetapi tes DNA sekarang tersedia untuk deteksi awal.

Trapped Neutrophil Syndrome (TNS) adalah penyakit keturunan di mana sumsum tulang menghasilkan neutrofil (sel putih) tetapi tidak dapat melepaskannya secara efektif ke dalam aliran darah. Anak anjing yang terkena memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk dan pada akhirnya akan mati karena infeksi yang tidak dapat mereka lawan. Mutasi yang bertanggung jawab untuk TNS telah ditemukan di Border Collies pada anjing pekerja Inggris, pada anjing pertunjukan yang berasal dari Australia dan Selandia Baru, dan pada tidak terkait pada anjing pekerja Australia. Ini menunjukkan bahwa gen tersebut tersebar luas dan mungkin sama tuanya dengan ras itu sendiri. TNS diidentifikasi oleh Jeremy Shearman di laboratorium Dr. Alan Wilton dari School of Biotechnology and Biomolecular Sciences, University of New South Wales. Tidak ada obatnya, tetapi tes DNA sekarang tersedia untuk deteksi awal.[20][21]

Penyakit lain yang jarang ditemukan antara lain katarak remaja, osteokondritis, hipotiroidisme, diabetes mellitus dan kaninus siklik neutropaenia, cedera jaringan lunak karpal.[22] Sebuah sindrom latihan menyebabkan kolaps yang mirip dengan yang terlihat pada Labrador Retrievers (dinyatakan sebagai Border Collie Collapse) dan dipicu oleh episode kolaps yang terkait dengan periode latihan intensif telah dijelaskan dalam Border Collies di Amerika Utara, Eropa dan Australia; dan saat ini sedang diselidiki lebih lanjut.[23]

Displasia siku juga dapat terjadi pada trah. Anjing homozygous untuk gen merle, kadang-kadang disebut sebagai "merle ganda", kemungkinan memiliki penglihatan dan/atau cacat pendengaran.

Border Collie Collapse atau "goyangan" adalah penyakit yang ditemukan pada banyak breed penggembala/pekerja. Penyebabnya saat ini tidak diketahui. Border Collie Collapse tampaknya terkait dengan latihan intensitas tinggi yang ternyata sangat menarik bagi anjing individu. Sebagai contoh: beberapa anjing tidak dapat mengambil bola tenis, karena mereka menemukan kegiatan ini sangat merangsang, tetapi dapat berjalan beberapa mil tanpa gejala Border Collie Collapse. Gejala umumnya meliputi: disorientasi, kelambanan mental, kehilangan perhatian, kaki belakang tidak stabil, menyeret kaki belakang, dan akhirnya kebutuhan untuk duduk atau berbaring. Hilangnya kesadaran dan kejang-kejang / kejang-kejang bukan karakteristik dari Border Collie Collapse. Tidak ada tes diagnostik saat ini atau pemeriksaan hewan yang dapat mengkonfirmasi Border Collie Collapse dan diagnosis sering diberikan sebagai diagnosis pengecualian atau berdasarkan gejala klinis. Tidak ada pengobatan saat ini yang direkomendasikan, dan disarankan untuk membatasi episode dengan menghindari aktivitas yang memicu kolaps.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Border Collies adalah salah satu ras yang paling populer untuk kompetisi kelincahan anjing. Mereka juga unggul dalam kompetisi kepatuhan, Kecakapan memainkan pertunjukan anjing, bola terbang, pelacakan, dan USBCHA acara percobaan dan menggiring oleh anjing gembala.[24]

Pekerjaan ternak[sunting | sunting sumber]

Border Collie menggunakan tatapan langsung pada domba, yang dikenal sebagai "mata", untuk mengintimidasi ketika sedang menggembalakan.

Border Collie pekerja dapat mengambil arah dengan suara dan melolong pada jarak yang jauh saat menggembala. Energi dan insting penggembalaan mereka yang besar masih digunakan untuk menggembalakan semua jenis hewan, dari domba dan sapi, hingga jangkauan bebas unggas, babi, dan burung unta. Mereka juga digunakan untuk menghilangkan burung liar yang tidak diinginkan dari landasan pacu bandara, lapangan golf, dan area publik dan pribadi lainnya.[25]

Gembala di Inggris telah mengambil elemen yang paling kritis dari penggembalaan dan memasukkannya ke dalam percobaan anjing gembala. Uji coba anjing gembala pertama yang dicatat diadakan di Bala, Wales Utara, pada tahun 1873.[26] Kompetisi-kompetisi ini memungkinkan petani dan gembala untuk mengevaluasi pasangan yang mungkin untuk anjing yang bekerja, tetapi mereka telah mengembangkan aspek olahraga juga, dengan pesaing dari luar komunitas pertanian juga ikut serta.

Di AS, badan nasional untuk kompetisi ini adalah USBCHA.[27] Di Inggris, dikenal Masyarakat Anjing Domba Internasional, di Kanada Asosiasi Border Collie Kanada (CBCA)[28] dan di Afrika Selatan bernama Asosiasi Anjing Gembala Afrika Selatan.

Border Collies Terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Rico, yang dipelajari karena mengenali hingga 200 nama objek. Border Collie lain, Betsy, ditemukan memiliki kosakata lebih dari 300 kata.[29]
  • Pada 2010, Border Collie Chaser memiliki kosakata 1022 kata dan mampu mengenali objek oleh kelompok yang menjadi anggotanya.[30][31][32]
  • Shep juga seekor anjing yang muncul di stasiun kereta api pada tahun 1936 dan menyaksikan tuannya yang mati dimuat ke dalam kereta. Dia tetap di sana, menunggu tuannya kembali, untuk lima setengah tahun ke depan.
  • Striker, yang merupakan pemegang Guinness World Record saat ini untuk "Jendela Mobil Tercepat Dibuka Anjing" pada 11,34 detik.[33]
  • Jean, juga dikenal sebagai anjing Vitagraph, yang merupakan bintang film anjing pertama (dimiliki dan dilatih oleh Laurence Trimble)
  • Rex dan Fly adalah dua Border Collies yang muncul dalam Academy Award-memenangkan film 1995, Babe dan, sebagian, dalam sekuel Babe: Pig in City.
  • Nana dari Snow Dog juga Border Collie.
  • Bandit, Border Collie Skotlandia liar dari serial TV Little House on the Prairie oleh Laura Ingalls[34]
  • Peggy, dianugerahi Sertifikat PDSA untuk Keberanian atau Pengabdian Hewan
  • Sheila, anjing sipil pertama yang pernah dianugerahi medali PDSA Dicken, untuk bagiannya dalam menyelamatkan kru B-17 flying fortress, yang menabrak Bukit Cheviot, Northumberland[35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The dog encyclopedia. Dennis-Bryan, Kim, Baggaley, Ann, John, Katie (edisi ke-First American). New York: DK Publishing, Inc. hlm. 49–51. ISBN 9781465421166. OCLC 859155647. 
  2. ^ a b Coren, Stanley (1995). The Intelligence of Dogs: A Guide To The Thoughts, Emotions, And Inner Lives Of Our Canine Companions. Bantam Books. ISBN 978-0-553-37452-0. 
  3. ^ "American Kennel Club - Border Collie". Akc.org. Diakses tanggal 2010-09-13. 
  4. ^ "A Dog of a Different Color". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 1, 2009. 
  5. ^ "How to choose a border collie". American Border Collie Association. Diakses tanggal March 2, 2018. 
  6. ^ a b c "A Border Collie Warning". Bcrescue.org. 2005-09-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1997-05-30. Diakses tanggal 2010-09-13. 
  7. ^ Coren, Stanley (2005). The Intelligence of Dogs: A Guide to the Thoughts, Emotions, and Inner Lives of Our Canine Companions (Paperback). The Free Press. ISBN 978-0-7432-8087-7. 
  8. ^ "Border Collie – a problem dog!?". planethund.com. Diakses tanggal 2014-11-10. 
  9. ^ "About Border Collies". American Border Collie Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 December 2010. Diakses tanggal 5 December 2010. 
  10. ^ "Your Purebred Puppy: Border Collie". 
  11. ^ Sykes, Barbara (2012). Understanding Border Collies. Marlborough, Wiltshire: The Crowood Press. ISBN 9781847974020. OCLC 793166405. 
  12. ^ a b "Summary Results for Purebred Dog Health Survey for Border Collies" (PDF), Kennel Club/British Small Animal Veterinary Association Scientific Committee, 2004, diakses tanggal 2010-04-03 
  13. ^ "How Long Will Your Dog Live". Diakses tanggal 2019-02-28. 
  14. ^ Health and Genetics of Border Collies www.americanbordercollie.org. Retrieved 2018-01-02.
  15. ^ "What To Know if You're Buying a Border Collie - Petplan Blog". www.petplan.com.au. 
  16. ^ "OptiGen - New Genetic Test for Collie Eye Anomaly / Choroidal Hypoplasia - CEA/CH Test - canine genetic testing". www.optigen.com. Diakses tanggal 2018-03-03. 
  17. ^ Platt, Simon; Freeman, Julia; di Stefani, Alberta; Wieczorek, Lara; Henley, William (November 2006). "Prevalence of unilateral and bilateral deafness in border collies and association with phenotype". Journal of Veterinary Internal Medicine. 20 (6): 1355–1362. CiteSeerX 10.1.1.576.2252alt=Dapat diakses gratis. doi:10.1111/j.1939-1676.2006.tb00751.x. ISSN 0891-6640. PMID 17186850. 
  18. ^ "Discovering Inherited Adult-Onset Deafness in Border Collies". Diarsipkan dari versi asli tanggal February 16, 2013. 
  19. ^ "Dog disease gets the bite". Science.unsw.edu.au. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-10. Diakses tanggal 2007-08-12. 
  20. ^ TNS Research Update bordercolliehealth.com. Retrieved 2007-09-05.
  21. ^ Ackerman, Lowell (2011). The Genetic Connection: A Guide to Health Problems in Purebred Dogs. American Animal Hospital Association Press. hlm. 219. ISBN 978-1-58326-157-6. 
  22. ^ Alex., Gough (2010). Breed predispositions to disease in dogs and cats. Thomas, Alison, 1964- (edisi ke-2nd). Chichester, West Sussex: Wiley-Blackwell. ISBN 9781405180788. OCLC 467711662. 
  23. ^ "Border Collie Collapse". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2013. 
  24. ^ Hartnagle-Taylor, Jeanne Joy; Taylor, Ty (2010). Stockdog Savvy. Alpine Publications. ISBN 978-1-57779-106-5. 
  25. ^ Borrello, Steve (February 29, 2016). "Meet Piper, the Airport K-9 Wildlife Control Dog Who Keeps Runways Safe". ABC News. ABC News. Diakses tanggal July 2, 2019. 
  26. ^ "ISDS History". Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2007. 
  27. ^ Official Page of the USBCHA. Retrieved 2007-08-12.
  28. ^ Canadian Border Collie Association. Retrieved 2007-08-12.
  29. ^ Morell, Virginia (March 2008). "National Geographic: Animal Minds". Diakses tanggal 18 December 2009. 
  30. ^ John W. Pilley; Alliston K. Reid (2011). "Border collie comprehends object names as verbal referents" (PDF). Behavioural Processes. 86 (2): 184–195. doi:10.1016/j.beproc.2010.11.007. PMID 21145379. 
  31. ^ "Border collie comprehends over 1,000 object names". physorg.com. 
  32. ^ "Dog 'knows more than 1,000 words'". BBC News. Diakses tanggal 2017-12-07. 
  33. ^ Fastest Car Window Opened by a Dog www.guinnessworldrecords.com. Retrieved 2014-03-30.
  34. ^ "TV ACRES: Dogs > Collie > Jeff as Bandit the dog (Little House on the…". archive.fo. 2013-02-04. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-04. Diakses tanggal 2019-04-29. 
  35. ^ "Sheila Cheviot – Recognition for the Border Collie's Heritage" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-29. 

External links[sunting | sunting sumber]