Bonggolan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bonggolan adalah jajanan berbentuk lonjong yang terbuat dari bahan dasar daging ikan yang dicampur tepung kanji yang ditambah dengan garam dan bawang putih. Jajanan ini berasal dari daerah pesisir Gresik, Jawa Timur. Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, sejarah terbentuknya makanan ini sangat sederhana. Bonggolan ditemukan dan juga menjadi makanan khas oleh daerah pesisir utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jajanan ini dibuat karena kondisi saat itu terjadi kelangkaan ikan di musim penghujan dari daerah utara. Oleh karena itu, para warga daerah pesisir utara berinisiatif untuk membuat olahan ikan supaya persediaan makanan mereka menjadi tidak begitu berkurang signifikan. Selain itu, jajanan ini dibuat pada awalnya untuk motif yang ekonomis. Ketika di saat jajanan bonggolan belum ditemukan, para masyarakat nelayan di pesisir utara tidak memiliki pendapatan yang baik. Ikan yang dijual saat itu berharga cukup murah sehingga mengakibatkan kesejahteraan nelayan di sana menjadi rendah. Para nelayan pun berinisiatif untuk menggiling daging ikan mereka dan mencampurnya dengan beberapa bahan. Dari campuran beberapa bahan tersebut, dibentuklah sebuah adonan yang berbentuk silinder semacam batang pohon. Oleh sebab itu, jajanan tersebut diberi nama bonggolan yang berarti batang pohon dalam bahasa Jawa[2].

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Okezone (2018-11-20). "Mengulik Kelezatan Bonggolan, Kuliner Khas Gresik Berbahan Dasar Ikan Segar : Okezone Lifestyle". Diakses tanggal 2020-02-01. 
  2. ^ "'Bonggolan' Ikan Khas Pesisir Gresik Utara, Diburu Para Kuliner". Surya. Diakses tanggal 2020-03-13.