Blue Valentine (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Blue Valentine
Blue Valentine film.jpg
Poster film Blue Valentine
Sutradara Derek Cianfrance
Produser Lynette Howell
Alex Orlovsky
Jamie Patricof
Skenario Derek Cianfrance
Cami Delavigne
Joey Curtis
Pemeran Ryan Gosling
Michelle Williams
Musik Grizzly Bear
Sinematografi Andrij Parekh
Penyunting Jim Helton
Ron Patane
Perusahaan
produksi
Hunting Lane Films
Silverwood Films
Distributor The Weinstein Company
Tanggal rilis
  • 24 Januari 2010 (2010-1-24) (Festival Film Sundance)
  • 29 Desember 2010 (2010-12-29) (Amerika Serikat)
  • 14 Januari 2011 (2011-1-14) (Britania Raya)
Durasi
112 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $1 juta[2][3]
Pendapatan kotor $16,566,240[2][3]

Blue Valentine adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2010 yang disutradarai oleh Derek Cianfrance dan diproduseri oleh Lynette Howell, Alex Orlovsky dan Jamie Patricof. Naskah film ini ditulis oleh Derek Cianfrance, Cami Delavigne dan Joey Curtis. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling dan Michelle Williams.

Film Blue Valentine ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 24 Januari 2010[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 29 Desember 2010 dan di Britania Raya pada tanggal 14 Januari 2011.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini dipresentasikan dalam narasi nonlinier. Sepanjang film, ceritanya saling terkait dengan keterlibatan Dean Pereira (Ryan Gosling) dan Cindy Heller (Michelle Williams). Berikut ini adalah cerita liniernya.

Dean Pereira merupakan seorang pemuda putus sekolah yang romantis dan putus asa. Ia bekerja untuk perusahaan yang bergerak di Brooklyn. Cindy Heller merupakan seorang calon dokter yang masih kuliah, tinggal bersama orang tuanya yang sering bertengkar dan merawat neneknya di Pennsylvania. Cindy juga berkencan dengan sesama mahasiswa bernama Bobby (Mike Vogel). Selama mereka berhubungan seks, Bobby tidak menggunakan perlindungan sehingga menyebabkan Cindy marah dan putus dengannya. Dean dan Cindy bertemu di panti jompo neneknya ketika Dean mengantarkan perabotan untuk warga baru. Dean memberikan Cindy nomor teleponnya, namun Cindy tidak pernah menelepon Dean. Mereka kebetulan bertemu lagi di bis dan mulai berkencan sesaat. Keduanya jatuh cinta dan tak lama kemudian, Bobby yang cemburu mengetahui hal itu dan memukul Dean.

Cindy mengetahui bahwa ia hamil dan memberitahu Dean bahwa bayi itu bukan anak Dean. Di sebuah klinik aborsi di saat-saat terakhir, Cindy memutuskan untuk membatalkan prosedur tersebut. Dean membujuk Cindy dan memberitahunya bahwa ia tidak keberatan jika anak itu bukan anaknya dan ingin membangun keluarga dengan Cindy. Cindy dan Dean menikah.

Lima tahun kemudian, pasangan ini tinggal di pedesaan Pennsylvania bersama putri mereka, Frankie (Faith Wladyka) dan anjing mereka, Megan. Dean melukis rumah untuk mencari nafkah dan berusaha menjauh dari alkohol, sementara Cindy adalah seorang perawat di sebuah klinik. Megan menghilang suatu hari dan ditemukan mati di sisi jalan, sementara pernikahan mereka semaking tegang. Setelah menonton video keluarga lama, Dean bersikeras mengajak Cindy keluar untuk berlibur romantis di sebuah motel sehingga mereka dapat memiliki waktu luang dari rutinitas mereka dan Cindy terpaksa menerimanya. Di toko minuman, Cindy berlari ke Bobby dan memulai percakapan. Cindy dan Dean akhirnya berdebat di mobil saat Cindy menyebutkan bahwa ia bertemu Bobby lagi.

Di motel, Dean mencoba membujuk Cindy, namun Cindy menolaknya. Mereka mulai berseteru dan Cindy mengurung Dean di luar kamar motel. Cindy dihubungi oleh klinik pada pagi hari. Cindy mengambil mobil dan meninggalkan surat untuk Dean. Di klinik, atasan Cindy, Dr. Feinberg (Ben Shenkman), membahas tentang posisi yang ia tawarkan kepada Cindy. Ia meminta Cindy untuk fokus dengan pekerjaan, menunjukkan bahwa mereka akan bisa menghabiskan waktu bersama di akhir pekan. Merasa kesal, Cindy memberitahu bahwa ia sebelumnya mengira bahwa Dr. Feinberg menawarkannya posisi bagus karena keterampilan kerja Cindy.

Marah bahwa Cindy meninggalkan motel tanpa membangunkannya, Dean terlihat mabuk di klinik. Ia berseteru dengan Cindy yang menyebabkan perkelahian dengan Dr. Feinberg. Dr. Feinberg menendang mereka keluar dan memecat Cindy. Cindy menuntut perceraian saat meninggalkan klinik. Di rumah orang tua Cindy, Dean mencoba membujuk Cindy untuk memberikan kesempatan kepada Dean dan menanyakan dampak putri mereka jika mereka bercerai. Cindy memberitahu bahwa ia tidak ingin Frankie tumbuh dengan orang tua yang saling membenci satu sama lain.

Setelah Dean mengingatkan Cindy tentang sumpah pernikahan mereka, mereka berpelukan dan meminta maaf. Cindy kemudian menarik diri untuk meminta waktu. Dean terlihat berjalan menjauh dari rumah, sementara Frankie mengejarnya. Dean menyuruh Frankie untuk kembali kepada ibunya meskipun Frankie memintanya untuk tinggal. Dean terus berjalan pergi ketika Cindy menjemput Frankie yang kecewa dan menangis.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ryan Gosling sebagai Dean Pereira
  • Michelle Williams sebagai Cindy Heller
  • Faith Wladyka sebagai Frankie
  • John Doman sebagai Jerry
  • Mike Vogel sebagai Bobby
  • Marshall Johnson sebagai Marshall
  • Jen Jones sebagai Gramma
  • Ben Shenkman sebagai Dr. Feinberg
  • Maryann Plunkett sebagai Glenda

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Blue Valentine mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 197 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Blue Valentine mendapatkan $9,737,892 di Amerika Utara dan $6,828,348 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $16,566,240, melebihi anggaran produksi film $1 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $193,728, menempati posisi ke-25 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blue Valentine (15)". British Board of Film Classification. December 17, 2010. Diakses tanggal September 25, 2013. 
  2. ^ a b c "Blue Valentine (2010)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  3. ^ a b c "Blue Valentine (2010)". The Numbers. Diakses tanggal March 5, 2016. 
  4. ^ "Sundance '10: "Blue Valentine" Director Cianfrance On the Film's 11 Year Road". IndieWire. January 6, 2010. Diakses tanggal March 10, 2018. 
  5. ^ Lyons, Margaret (December 22, 2010). "'Blue Valentine' release date moved up". Entertainment Weekly. Diakses tanggal March 10, 2018. 
  6. ^ "Blue Valentine (2010)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  7. ^ "Blue Valentine reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]