BlackBerry Storm 9500

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
BlackBerry Storm 9500
Blackberry Logo.svg
BlackBerry Storm 9500
Pembuat Research In Motion (RIM)
Jaringan Quad Band 850/900/1800/1900 MHz
Ketersediaan menurut negara April 2009
Faktor bentuk candybar
Dimensi 112,5 mm x 62,2 mm x 14 mm
Berat 155 g
Sistem Operasi Blackberry OS 5.0.0.419
CPU Qualcomm MSM 0706164965
Kartu memori MicroSD
Baterai Li-Ion 1400 mAh removable/rechargeable cryptographic lithium cell
Input SureType portrait dan multisentuh, QWERTY landscape, QWERTY portrait
Layar High Resolution 240 x 320 TFT LCD Transmitif
Kamera 3.2 MP
Konektivitas Bluetooth V2.0, USB Data 2.0

BlackBerry Storm 9500 adalah ponsel pintar yang dikeluarkan oleh perusahaan Research In Motion (RIM) pada April 2009.

Di Amerika sendiri, BlackBerry Storm 9500 diperkenalkan pada Nopember 2008. BlackBerry Storm 9500 dijual dengan paket bundling dengan Vodafone untuk pasar Eropa dan Verizon Wireless untuk pasar Amerika. Sedangkan di Indonesia, BlackBerry ini bisa didapatkan dengan paket bundling maupun non-bundling.

Tipe BlackBerry ini memiliki desain candybar seperti kebanyakan perangkat genggam BlackBerry. Yang membedakannya adalah BlackBerry Storm 9500 merupakan tipe pertama yang menggunakan fitur layar sentuh, berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya yang terlihat khas dengan susunan tombol QWERTY.

BlackBerry Storm 9500 lebih mengutamakan fitur-fitur multimedia dibandingkan tipe BlackBerry lainnya yang mengutamakan fitur bisnis. Perangkat genggam yang sering disebut-sebut sebagai kompetitor dari BlackBerry Storm 9500 antara lain Apple iPhone, LG Cookie, Samsung Omnia, Sony Ericsson Xperia X1, dan Nokia 5800 XpressMusic.


Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Fisik[sunting | sunting sumber]

Desain fisik BlackBerry Storm 9500 memiliki panjang 112,5 mm, lebar 62,2 mm, dan tebal 14 mm. BlackBerry ini memiliki bobot 155 gram, sedikit lebih berat jika dibandingkan dengan BlackBerry Bold. BlackBerry Storm 9500 memiliki baterai Li-Ion 1400 mAh. Baterai ini merupakan removable/rechargeable cryptographic lithium cell. Untuk fitur multimedia yang lebih, BlackBerry tipe ini cukup tinggi tingkat konsumsi baterainya. Dalam pemakaian normal, baterai perangkat genggam ini hanya bisa bertahan selama satu hari.

Prosesor dan Sistem Operasi[sunting | sunting sumber]

Kinerja BlackBerry Storm 9500 masih kalah dibandingkan dengan BlackBerry Bold apabila dilihat dari segi kecepatan. Hal ini disebabkan karena kecepatan prosesor BlackBerry Storm 9500 lebih kecil. BlackBerry Storm 9500 menggunakan chip Qualcomm MSM7500 dengan kecepatan 528 MHz dan RAM 129 MB, sedangkan BlackBerry Bold memiliki prosesor berkecepatan 624 MHz dengan RAM yang sama. BlackBerry Storm 9500 menggunakan sistem operasi BlackBerry OS 5.0.0.419. Sistem operasi yang tergolong baru ini membuat BlackBerry tipe ini kompatibel untuk sebagian besar aplikasi-aplikasi BlackBerry.

Multimedia[sunting | sunting sumber]

Untuk fungsi audio, BlackBerry Storm 9500 memiliki speakerphone yang didukung port audio jack 3,5 mm. Sedangkan untuk kamera, BlackBerry Storm 9500 dilengkapi dengan kamera 3,15 MP. Kamera tersebut juga memiliki kemampuan digital zoom, auto-focus, dan flash LED. Dengan kemampuan seperti itu, kamera BlackBerry Storm 9500 menjadi kamera ponsel yang diperhitungkan.

Konektivitas[sunting | sunting sumber]

Konektivitas BlackBerry Storm 9500 didukung oleh kabel mikro USB 2.0 dan Bluetooth 2.0 dengan A2DP. Seperti layaknya BlackBerry tipe-tipe lainnya, kabel USB juga bisa digunakan untuk sinkronisasi data dan pengisian baterai. Sedangkan Bluetooth bisa dimanfaatkan pengguna BlackBerry Storm 9500 untuk handsfree dan stereo headset A2DP. BlackBerry Storm 9500 didukung oleh Quad band GSM 850/900/1800/1900 MH dan Uni band UMTS/HSDPA 2100 MHz yang memungkinkan akses jaringan 3G pada perangkat genggam ini. Sangat disayangkan, ponsel yang canggih ini tidak dilengkapi oleh fitur Wi-Fi.

Layar[sunting | sunting sumber]

Tampilan muka BlackBerry Storm 9500 terdiri dari layar besar yang memanjang secara dengan tambahan 4 tombol di bawahnya. Karena tidak adanya tombol QWERTY, BlackBerry Storm 9500 dapat mengoptimalkan layar ponselnya. BlackBerry Storm 9500 memiliki layar yang berukuran 3,25 inchi, resolusi 360x480 piksel, dan dapat menampilkan lebih dari 65.000 warna. Layar BlackBerry Storm 9500 memiliki kemampuan backlight yang bisa membuat layar terlihat jelas walaupun tertimpa sinar matahari. Selain backlight, layar BlackBerry Storm 9500 juga memiliki accelerometer yang membuat layar BlackBerry Storm 9500 mampu melakukan rotasi otomatis (automatic-rotate) mengikuti gravitasi. Di layar tersebut terdapat teknologi yang menjadi kebanggaan BlackBerry Storm 9500, yaitu teknologi SurePress. Teknologi SurePress merupakan tombol layar sentuh yang memiliki efek membal (haptic effect). Efek membal tersebut membuat tombol layar sentuh BlackBerry 9500 layaknya tombol biasa yang ditekan, bukan disentuh. Teknologi tersebut diciptakan untuk mengakomodasi pengguna ponsel yang masih lebih terbiasa menekan tombol daripada menyentuh layar sentuh. Inovasi SurePress ini mendapat penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough pada Global Mobile Awards 2009 di Barcelona. Layar BlackBerry Storm 9500 mampu menampilkan dua jenis susunan tombol kunci (keyboard) yaitu susunan tombol SureType dalam posisi portrait dan susunan QWERTY dalam posisi landscape.


Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur BlackBerry Storm 9500 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan BlackBerry tipe lainnya, seperti aplikasi kerja bernama Document Editor, browser untuk mengakses dunia maya, fasilitas surat menyurat (SMS, MMS, dan Push E-Mail), dan Instant Messanging. Pengembangan tipe BlackBerry ini lebih pada interaksi layar sentuhnya. lebih disentuh daripada menyentuh guys

BlackBerry Storm 9500 masih memuat fitur andalan BlackBerry yaitu Push E-mail. Fitur Push E-mail memudahkan penggunanya untuk menerima dan mengirim surat elektronik semudah SMS. Dalam fitur ini, pengguna dapat menggunakan maksimum delapan akun e-mail. Fitur Push E-mail ini merupakan fitur standar perangkat genggam BlackBerry dan tidak banyak mengalami perubahan. E-mail yang masuk sebelumnya di-render secara otomatis oleh server BlackBerry. Hal ini membuat tampilannya menjadi lebih bersahabat, begitu juga dengan pengaturannya. E-mail yang hendak dikirim juga dapat dilampirkan berkas-berkas dengan tipe .doc, .ppt, .xls, .jpg, dan .pdf.

Untuk fitur Instant Messenger (IM), pengguna bisa menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger. BlackBerry Messenger memungkinkan sesame pengguna BlackBerry berkomunikasi layaknya chatting. Pengguna BlackBerry Messenger juga bisa bertukar berkas seperti foto dan rekaman suara. Selain Blackberry Messenger, pengguna BlackBerry bisa mengunduh aplikasi IM lain yang diinginkan, seperti Yahoo!Messenger, GoogleTalk, MSN Messenger, dan sebagainya. Fitur BlackBerry Application World disediakan untuk mempermudah penggunanya mendapatkan aplikasi-aplikasi BlackBerry baik yang berbayar maupun gratis. Ekstensi media yang didukung oleh BlackBerry Storm 9500 masih sama dengan tipe BlackBerry lainnya. Untuk audio, ekstensi file yang didukung antara lain MP3, WMA, dan AAC+. Sedangkan untuk video, ekstensi file yang didukung mulai dari MPEG4, 3gp, H.264, hingga WMV.

BlackBerry Storm 9500 juga dilengkapi dengan fitur GPS dan BlackBerry Map. Dengan koneksi internet yang memadai, penggunanya bisa mencari tahu lokasi suatu tempat dan bisa menggunakannya sebagai penunjuk arah.

Kelebihan dan Kekurangan[sunting | sunting sumber]

BlackBerry Storm 9500 memiliki kelebihan pada akses internetnya yang cepat. Hal ini disebabkan karena BlackBerry Storm 9500 mendukung jaringan 3G. Saat ini, untuk menjelajah dunia maya sangat riskan apabila kita hanya mengandalkan koneksi GPRS, karena banyak situs yang konten-kontennya memerlukan koneksi internet yang kuat untuk menampilkannya. Kelebihan lainnya adalah layar sentuh dengan teknologi SurePress, kamera yang memiliki kemampuan 3.2 MP, serta fungsi dual mode untuk roaming yaitu EV-DO Rev A serta UMTS/HSDPA. Kualitas untuk panggilan suara (voice call) juga termasuk kelebihannya, karena BlackBerry Storm 9500 dapat menyajikan suara dengan sangat jernih. Tidak adanya dukungan Wi-Fi masih dianggap salah satu kekurangan yang sangat disayangkan pada BlackBerry Storm 9500 ini. Wi-Fi sudah mulai dianggap sebagai salah satu kebutuhan dalam ponsel pintar saat ini. Kekurangan lainnya adalah perangkat genggam ini tidak mendukung fitur FM Radio dan Flash atau animasi berbasis Flash. Kemampuan prosesor yang tergolong kecil namun dengan fitur yang padat membuat kinerja BlackBerry menjadi lambat. Salah satu yang membuat pengguna BlackBerry Storm 9500 kesal adalah baterainya yang tergolong boros jika dibandingkan dengan BlackBerry candybar lainnya. BlackBerry jenis ini juga belum dapat mendukung fitur video call.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]