Bimo Kusumo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Antonius Bimo Kusumo Yudo (lahir 4 Juli 1990) adalah seorang selebriti internet, ahli sulih suara, penyiar radio, dan pembuat konten kreatif digital asal Indonesia yang aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok dan YouTube.[1] Pria yang lebih dikenal dengan nama "Bimoky" ini mengawali karirnya di dunia sulih suara sejak tahun 1996 sebagai seorang pengisi suara acara dan iklan yang biasa ditayangkan di televisi dan radio.[2] Pada tahun 2019, Bimoky mendirikan sebuah lembaga pelatihan sulih suara, Voice Institute Indonesia,[3] yang berfokus pada pelatihan terkait teknik-teknik pengolahan suara dalam berbagai macam jalur karier di dunia hiburan.[4] Bimoky juga dikenal sebagai host Podcast Malam Kliwon, sebuah Siniar (atau: podcast) serial horor yang tayang pada platform digital Spotify.[5]

Karier[sunting | sunting sumber]

Dubber[sunting | sunting sumber]

Bimoky mengawali karirnya sebagai pengisi suara komersial pada tahun 1996. [6] Bimoky merupakan salah satu artis cilik pertama yang dihasilkan oleh Sanggar Prathivi bersama dengan artis sulih suara senior lainnya.

Voice Over[sunting | sunting sumber]

Voice Over Talent merupakan profesi utama Bimoky yang telah ditekuni sejak tahun 1996.[7] Sejak saat itu hingga sekarang, Bimoky menekuni profesinya sebagai pengisi suara profesional dalam berbagai macam iklan komersial dan non-komersial yang ditayangkan di Televisi, Radio, dan media digital lainnya untuk produk dan layanan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.[8]

Bimoky sering menayangkan konten kreatif yang berkaitan dengan profesi dan aktivitas Voice Over Talent pada akun pribadi Instagram, Twitter, dan TikTok miliknya. Beberapa konten kreatif yang sering ditayangkan oleh Bimoky berupa kolaborasi, VO jamming, parodi, dan lain-lain.[9]

Salah satu pencapaian tertinggi[10] Bimoky adalah ketika menjadi voice over talent untuk produk yang dibuat oleh pemerintah pusat dan langsung mendapatkan supervisi dari presiden. Produk voice over tersebut adalah sebuah movement yang dibuat oleh presiden bagi para anak muda.

Penyiar Radio[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Bimoky memulai karirnya sebagai penyiar radio di beberapa stasiun radio swasta seperti Mustang 88.0 FM, Indika FM 91.60 FM, dan Power FM 89.20 FM. Berikut program radio yang disiarkan oleh Bimoky pada stasiun radio tersebut:

  • SIGAPP 88
  • Indika Pagi
  • Indika BIG 90's
  • Pasar Malem
  • Yuhu Pagi

Bimoky menekuni profesi sebagai penyiar radio sampai dengan tahun 2020.

Belajar VO[sunting | sunting sumber]

Merupakan program belajar yang dibuat oleh Bimoky pada kanal pribadi miliknya di YouTube (BIMOKY) dan Instagram sejak tahun 2018.[11] Pada program ini, Bimoky menyediakan beberapa segmen acara yang berkaitan dengan teknik pribadinya dalam menjadi Voice Over Talent seperti Belajar VO, Bermain VO, Bincang VO, dan lain-lain.[12]

Podcast Malam Kliwon[sunting | sunting sumber]

Bimoky bersama dengan rekannya Ramadhanu Rizkinuriza, membuat sebuah program siniar pada platform digital Spotify yang dinamakan Podcast Malam Kliwon. Mereka menayangkan episode terbaru dua kali seminggu yaitu setiap malam Kliwon berdasarkan kalender jawa dan setiap malam Jumat.

Voice Institute Indonesia[sunting | sunting sumber]

Bimoky mendirikan sebuah lembaga pelatihan yang dinamakan Voice Institute Indonesia pada bulan November tahun 2019. Voice Institute Indonesia menyediakan berbagai macam jenis workshop dan pelatihan secara online dan offline seperti Voice Over Camp dan Voice From Home.

TV Host[sunting | sunting sumber]

Bimoky pernah menjadi seorang host acara televisi Indonesia seperti .NET Soccer dan By The Way.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Bimoky bersama dengan Gilang Dirga dan Kristo Immanuel memiliki program acara di YouTube milik Gilang Dirga yang dinamakan How To Become dimana ketiga artis ini menirukan tokoh-tokoh terkenal lainnya dengan menggunakan teknik olah vokal suara yang mereka miliki.[13]

Bimoky pernah menjadi penyulih suara pada video kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 yang ditayangkan dari istana dan ke seluruh stasiun TV Indonesia. [14]

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Bimoky merupakan putra sulung dari pasangan Hari Laksono dan Elizabeth Sri Suryani. Hari Laksono merupakan salah satu artis sulih suara senior yang merupakan hasil binaan Sanggar Prathivi pada tahun 80'an. Bimoky memiliki seorang istri dan seorang putri bernama Theodora Mireya Kusuma.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gresnia Arela Febriani (26 September 2020). "Jadi Voice Over Talent, Bimo Kusumo Ucap 1 Kata Dibayar Setara Gaji Sebulan". Detik.com. 
  2. ^ Loudia Mahartika (2 Juli 2020). "Videonya Viral, Ini Sosok Asli Pengisi Suara Berbagai Produk Iklan". Liputan 6.com. 
  3. ^ Adhil, Punto. "Geliat Industri Voice Over Indonesia di Tengah Pandemi". www.goodnewsfromindonesia.id. Diakses tanggal 2021-01-25. 
  4. ^ Gatut Satrio (6 Agustus 2020). "Kiprah Bimo Kusumo, Voice Over Talent Dibalik Iklan Produk Ternama". Driven Hype.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-16. 
  5. ^ Iip Afifullah (5 September 2020). "10 Foto Bimo Kusumo, Voice Over Talent Keren di Balik Iklan Nasional". IDN Times. 
  6. ^ "Berkenalan dengan Bimo Kusumo, Si Pengisi Suara Semua Iklan di TV". Indozone.id. 3 Juli 2020. 
  7. ^ Nur Fitriatus Shalihah (4 Juli 2020). "Video Viral Sosok Pengisi Suara Berbagai Produk Iklan, Ini Peluang Kerja Voice Over". Kompas.com. 
  8. ^ Arie Dwi Budiawati (6 Juli 2020). "Sosok Pria Ini Ternyata Pengisi Suara Iklan-iklan Terkenal, Pernah Dengar?". LINE Today. 
  9. ^ Dwana Muhfaqdilla (2 Juli 2020). "Viral, Inilah Sosok Pengisi Suara Iklan Berbagai Produk Tanah Air". Akurat.co. 
  10. ^ "Tokoh Terkenal Voice Over Indonesia : Bimo Kusumo | inavoice.com". inavoice.com. Diakses tanggal 2021-01-25. 
  11. ^ Rizka Mifta (3 Juli 2020). "Terungkap, ini sosok pria pengisi suara di berbagai produk iklan". Brillio.net. 
  12. ^ Riza Umami (3 Juli 2020). "Akhirnya Nggak Mati Penasaran, Ini Lho Sosok Pengisi Suara Iklan-Iklan di TV". Diadona. 
  13. ^ Hafidz Wibisono (25 Agustus 2020). "Menggeluti Dunia VO, 3 Artis Ini Kompak Bikin Konten". Kompasiana. 
  14. ^ Rully Yaqin (12 Agustus 2020). "Kisah Bimo Kusumo Voice Over Talent Menembus Istana Negara". Tagar.id. 
  15. ^ Agung Pratnyawan (18 April 2020). "Balita Ini Pintar Akting dan Ngelawak, Warganet: Bisa Masuk SUCI Junior Nih". Suara.com.