Billie Hughes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Billie Hughes
Billie Keith Hughes
Latar belakang
Nama lahir

Billie Keith Hughes

Lahir

4 April 1948
Texas

Meninggal

3 Juli 1998 (umur 50)
Los Angeles, California, United States

Genre

Rock, folk, pop

Pekerjaan

Musician, singer, songwriter

Instrumen

Vocals, guitar, piano, violin

Tahun aktif

1969–1998

Artis terkait

Lazarus

Billie Keith Hughes (4 April, 1948 – 3 juli 1998) adalah penyanyi, penulis lagu, musisi, dan produser rekaman berasal dari Amerika Serikat. Dia dikenal baik untuk karyanya dengan Philip Bailey, Bette Midler, The Jacksons, The Sisters Of Mercy, Noel Paul Stookey, band-nya Lazarus, dan solo kariernya sebagai artis rekaman. Hughes telah sukses di Jepang sebagai artis dan meraih peringkat #1 International Single of the Year pada tahun 1992 di NHK Grand Prix Awards.

Musik karier dan kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal dan karier dengan Lazarus[sunting | sunting sumber]

Hughes memulai kariernya sebagai pemimpin kelompok Lazarus. Dalam hubungan dengan Peter Yarrow dari Peter, Paul & Mary, Lazarus pindah ke Woodstock, New York, berkerja sama dengan Bearsville Catatan (Warner Bros.) label, di bawah arahan Albert Grossman. Dua album yang direkam dan dirilis oleh Bearsville, diproduksi oleh Yarrow dan Phil Ramone. Dalam empat tahun ke depan, Lazarus tampil di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Pada tahun 1976 Lazarus memenangkan Clio Award untuk "Life Savers" Best Commercial Tahun yang telah berjalan selama sembilan tahun.[1] Pada tahun 1974, The Lettermen membawakan lagu Hughes "Eastward", dari album Lazarus yang pertama. Lagu ini dirilis sebagai single, mencapai peringkat #16 di Billboard KAMI Adult Contemporary chart, dan termasuk di The Lettermen's Now and Forever album. Lazarus merilis dua album, yang pertama dinamakan self-titled dan yang kedua bernama "A Fool's Paradise".

Solo karier[sunting | sunting sumber]

Di awal tahun 1970-an Hughes tinggal di London, Ontario Kanada, di mana ia secara teratur tampil di Smale's Pace, kedai kopi terkenal di Kanada, dan pada festival rakyat di Kanada. Selama di Kanada ia kadang-kadang tampil dengan Carl Kessee, dan kadang-kadang tampil bersama seluruh anggota Lazarus termasuk Randy Kumano, Allan Soberman dan Wayne Smith. Hughes memulai rekaman solo karier pada tahun 1978 setelah berkerja sama dengan Epic Records. "Dream Master" LP ini diproduksi oleh Henry Lewy di Los Angeles. Selama empat tahun berikutnya, Hughes melakukan tur di Amerika Serikat, Kanada dan Jepang melakukan perjalanan ke Jepang, Kanada dan Italia untuk merekam dan memproduksi berbagai proyek termasuk sendiri hit single "Martin Eden" (CBS motion picture theme song) yang meraih peringkat top 5 di seluruh Eropa.[2]

Martin Eden[sunting | sunting sumber]

Hughes menulis lagu "Martin Eden" dengan komposer italia Ruggero Cini dan Dario Farina.[3] Itu ditulis dari tema dari tahun 1979 TV mini-series Martin Eden berdasarkan novel Jack London, yang disutradarai oleh Giacomo Battiato. Hughes merekam "Martin Eden" dan dirilis sebagai single di Eropa di mana ia menduduki puncak tertinggi Billboard di beberapa wilayah, seperti Swedia di mana ia mencapai peringkat #2.[4]

Bekerja dengan Roxanne Seeman[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983 Hughes membentuk kemitraan dengan lirik Roxanne Seeman yang berkarier dalam merekam, memproduksi, dan menulis lagu untuk film, televisi, dan catatan termasuk karya-karya yang dihasilkan oleh produsen ternama seperti Phil Collins, Arif Mardin, Michael Omartian, George Duke dan Reggie Lucas dan artis seperti Philip Bailey, The Jacksons, Bette Midler, The Sisters Of Mercy, Randy Crawford, Al Jarreau, dan Melissa Manchester.[5]

Pada tahun 1991, Hughes' "Welcome to the Edge" muncul sebagai lagu tema di tekan Jepang drama TV "Mou Daremo Aisenai". Pony Canyon Catatan di Jepang dirilis Hughes' CD "Selamat datang Ke Tepi," yang tersisa di Top 10 Billboard Jepang grafik selama empat bulan. "Welcome To The Edge" juga menerima nominasi Emmy untuk Best Original Song di acara televisi "Santa Barbara".[6] Hughes menerima kedua Emmy nominasi untuk Best Original Song di acara televisi "Another World".

Pada bulan Maret 1992, Hughes menampilkan "Welcome To The Edge" di televisi nasional NHK Jepang Grand Prix Awards[2] dan menerima penghargaan untuk "#1 International Single of the Year" (tunggal penjualan mencapai lebih dari 520,000 salinan pada label Pony Canyon). MC Hammer menampilkan "U Can't Touch This" di acara ini.

Pada bulan September 2004, konser pertama pop dalam sejarah digelar di Great Wall of China di luar Beijing dengan Alicia Keys headlining. Hughes dan Seeman lagu "Walking On The Chinese Wall" oleh Philip Bailey diproduksi oleh Phil Collins adalah final dari acara tersebut.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Albums[sunting | sunting sumber]

Singles & EPs[sunting | sunting sumber]

  • "Martin Eden" (1979)
  • "Stealin' My Heart Away" (7", Promo)(1979)
  • "Martin Eden Original Soundtrack Theme" (7", Promo, S/Edition)(1979)
  • "Welcome to the Edge" (CD, Mini, Single)(1991)

Performance[sunting | sunting sumber]

  • The Anne Murray Show[7][8]
  • NHK Grand Pix Awards[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bio". noanoamusic.com. Diakses tanggal 2008-07-16. 
  2. ^ a b c "Billie Hughes; Recorded 'Welcome to the Edge'". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 1998-07-18. ISSN 0458-3035. Diakses tanggal 2017-06-27.  CS1 maint: Unrecognized language (link)
  3. ^ Bill Hughes - Martin Eden, diakses tanggal 2017-06-27  More than one of |accessdate= dan |access-date= specified (bantuan)
  4. ^ "UK Charts Billie Hughes Martin Eden (Song)". 
  5. ^ Inc, Nielsen Business Media (1998-08-01). Billboard (dalam bahasa Inggris). Nielsen Business Media, Inc. 
  6. ^ Pesselnick, Jill (1998-08-21). "Billie Hughes". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-06-27. 
  7. ^ "Brent Titcomb". The Canadian Encyclopedia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-07-24. 
  8. ^ K L Holt (2013-02-03), Anne Murray "Now And Forever (You & Me)" at the 1986 American Music Awards, diakses tanggal 2017-07-25 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]