Bidet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah bidet modern berjenis tradisional

Bidet (US Listeni/bˈd/ atau UK /ˈbd/) adalah sebuah plumbing fixture atau sejenis wastafel yang ditujukan untuk mencuci alat kelamin, perineum, bagian dalam bokong, dan anus tubuh manusia, dan biasanya dipasang di kamar mandi. Add-ons berbiaya rendah yang menggabungkan kloset duduk dan "bidet elektronik" menjadi semakin populer. "Bidet" berasal dari bahasa Prancis.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Sebuah bidet abad ke-20 (bagian depan)
Bidet digunakan terutama untuk mencuci dan membersihkan alat kelamin, perineum, pantat bagian dalam, dan anus. Rancangan bidet tradisional juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian lain dari tubuh manusia, misalnya kaki. Meski tampil mirip dengan kloset, bidet tradisional mungkin lebih akurat dibandingkan dengan wastafel atau bak mandi. Bidet dapat berfungsi sebagai cara praktis bagi orang untuk membersihkan diri sebelum dan sesudah berhubungan seks.

Beberapa bidet menyerupai wastafel besar, dengan keran dan penghenti sehingga dapat diisi penuh; rancangan lain memiliki nozzle yang menyemprotkan pancaran air untuk membantu dalam pembersihan. Bidet belum tentu dimaksudkan untuk menggantikan penggunaan tisu toilet. Bidet sering digunakan setelah beberapa kertas untuk mencapai kebersihan penuh tanpa harus segera mandi.



Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bidet Queen Maria Carolina of Naples, di Royal Palace of Caserta, Italia
Bidet, Museo de Carmen de Patagones, Argentina

See also[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]