Biblioteca Vittorio Emanuele III, MS I B 18

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ayub dan putri-putrinya pada folio 4v dalam Biblioteca Vittorio Emanuele III, MS I B 18.

Naples, Biblioteca Vittorio Emanuele III, MS I B 18 adalah sebuah fragmen naskah Perjanjian Lama yang ditulis dengan huruf uncial dalam dialek Sahidik bahasa Koptik. Diperkirakan dari abad ke-5.

Teks[sunting | sunting sumber]

Naskah tersebut hanya memiliki 8 folio yang terlestarikan dan mencakup teks dari Kitab Ayub 40:8 sampai Kitab Amsal 3:19. Pada folio 4 verso ada gambar dengan pena besar menggambarkan Ayub dan anak-anak perempuannya. Ayub digambarkan sebagai pria berjanggut yang mengenakan mahkota dan tunik pendek. Putri-putrinya memakai tunik dengan perhiasan dan mahkota. Ikonografi Ayub dalam naskah ini sangat berbeda dari yang di abad-abad kemudian. Di sini ia terlihat sebagai sosok kerajaan sementara penggambaran di kemudian hari digambarkan sebagai seorang yang merendahkan diri dan duduk di atas tumpukan kotoran. Miniatur ini, meskipun tidak dieksekusi oleh tangan terampil, memberikan sebuah contoh penting seni Koptik dalam periode transisi dari masa tradisi Helenistik ke tradisi gaya abstrak yang lebih linier.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Naskah ini merupakan bagian dari koleksi Koptik yang dikumpulkan oleh Kardinal Stefano Borgia (1731-1804) dan termasuk dalam Museo Borgiano di Velletri. Pada tahun 1821 naskah ini dijual oleh Countess Adelaide Borgia kepada Biblioteca Borbonica di Naples, yang kemudian menjadi Biblioteca Nazionale Vittorio Emanuele III.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Crinelli, Lorenzo. Treasures from Italy's Great Libraries. New York, The Vendome Press, 1997.