Biara Zirc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Zirc
Biara Zirc dilihat dari udara
Informasi biara
Nama lainZircensis, Boccon
OrdoSistersien
Didirikan1182
Dibubarkan1950
Biara indukBiara Kutjevo
KeuskupanKeuskupan Agung Veszprém
Tokoh
PendiriBéla III
Arsitektur
Statusbiara Katolik
Status fungsionalAktif

Biara Zirc, sebelumnya juga Biara Zircz, juga dikenal sebagai Zircensis atau Boccon, adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Ordo Sistersien, terletak di Zirc di Keuskupan Agung Veszprém, Hungaria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Periode pertama[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal biara tidak jelas baik dari segi nama maupun tanggalnya. Karena biara sering disebut dengan kedua gelar ini (Zirc atau Boccon), apakah Zirc dan Boccon merupakan biara yang terpisah tidak dapat ditentukan secara pasti. Kemungkinan besar pendiriannya dilakukan oleh Béla III, Raja Hongaria (1182), karena wilayah biara dulunya adalah sebuah lahan pertanian kerajaan. Selain hibah ini, di mana kota Zirc sekarang berdiri, banyak sumbangan lain yang diberikan kepada biara yang baru lahir, yang segera menjadi salah satu biara paling terkenal di negara ini. Ia kaya tidak hanya dalam hal harta benda sementara tetapi juga dalam semangat semangat dan keteraturan keagamaan. Pada tahun 1232 fondasi Biara Kutjevo di Kroasia sekarang dibuat dari Zirc, yang menjadi rumah induknya.

Keadaan bahagia ini berlanjut selama tiga abad, namun dekadensi terjadi sebelum akhir abad kelima belas, dan pada tahun 1526 kerusakan akibat invasi Utsmaniyah ke Hongaria telah mengurangi populasi biara, dan tidak ada satu pun agama yang tersisa pada akhir tahun tersebut. Bangunan dan harta benda jatuh ke tangan orang awam.

Periode kedua[sunting | sunting sumber]

Pada abad ketujuh belas (1609) diakuisisi oleh Canon Mihály Monoszlay. Sejak saat itu, biara tersebut tetap menjadi milik gerejawi, dan pada tahun 1659 diberikan kepada Holweis, Kepala Biara Cistercian Biara Lilienfeld, yang menunjuk Márton Újfalusy (1660) sebagai kepala biara, sehingga menghidupkannya kembali. Dari bidang kuasa Lilienfeld, ia dipindahkan berturut-turut ke Biara Klostermarienberg (Borsmonostor) (1678) dan Biara Heinrichau (1700). Dari biara terakhir datanglah sejumlah religius yang secara bertahap memulihkan terlebih dahulu bangunan biara dan gereja (yang ditahbiskan tahun 1745) dan kemudian pelaksanaannya secara teratur dalam kekuatan primitifnya.

Lambang biara

Pada tahun 1810, komunitas tersebut, seperti banyak komunitas lainnya, diusir, tetapi dipulihkan pada tahun 1814 di bawah kepemimpinan Kepala Biara Antonius Dreta, yang sejak saat itu biara tersebut menjadi lebih makmur daripada sebelumnya. Di bawah pemerintahannya, biara di Pilis dan Pásztó disatukan dengan Zirc, begitu pula, pada tahun 1878, biara di Szentgotthárd. Pada tahun 1923 Kongregasi Zirc didirikan.

Setelah Perang Dunia II dan pengambilalihan Hongaria oleh Soviet, banyak biarawan secara bertahap melarikan diri dari negara tersebut. Sebagian besar dari mereka pergi ke Wisconsin (AS) dan bertugas di Spring Bank di Sparta, Wisconsin, yang didirikan oleh para biarawan Belanda pada tahun 1928. Namun, pada tahun 1956, sebuah sekelompok kecil Cistercian Hongaria ini meninggalkan Wisconsin untuk mendirikan Bunda Maria dari Dallas di Irving, Dallas County, Texas.

Peninggalan dari biara dipajang di museum lokal.

Zirc Abbey dibubarkan pada tahun 1950, dan gerejanya menjadi gereja paroki. Biara ini didirikan kembali pada tahun 1989 dan memiliki tempat tinggal di Eger, Baja, Budapest, Pécs dan Székesfehérvár.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ambrosius Schneider, 1985: article Zirc in Lexikalische Übersicht der Männerklöster der Cistercienser im deutschen Sprach- und Kulturraum, in: Ambrosius Schneider, Adam Wienand, Wolfgang Bickel, Ernst Coester: Die Cistercienser – Geschichte, Geist, Kunst (p. 699, 3rd edn). Cologne: Wienand Verlag ISBN 3-87909-132-3

Sumber dan Pranala luar lainnya[sunting | sunting sumber]