Biara Wiblingen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Wiblingen
Kloster Wiblingen
Biara Wiblingen
Informasi biara
OrdoBenediktin
Didirikan1093
Dibubarkan1806
Tokoh
PendiriHartmann von Kirchberg, Otto von Kirchberg, adipati Kirchberg
Arsitektur
ArsitekChristian Wiedemann
ModelBarok
Situs
Akses publikyes
Pemandangan udara Biara Wiblingen
Gerbang biara
Gereja biara dengan menara yang belum selesai dan sayap selatan biara
Interior gereja biara
Panti imam karya Fidel Sporer
Interior perpustakaan
Salah satu lemari buku di perpustakaan biara

Biara Wiblingen (Jerman: Kloster Wiblingen) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Ordo Benediktin, terletak di Ulm, Jerman. Saat ini gedungnya menampung beberapa departemen fakultas kedokteran Universitas Ulm. Bekas biara ini terletak di selatan pertemuan sungai Danube dan Iller, di selatan kota Ulm di Jerman negara bagian dari Baden-Württemberg. Secara administratif, bekas desa Wiblingen yang merdeka kini menjadi milik kota Ulm. Biara ini adalah bagian dari Rute Barok Swabia Atas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dari yayasan sampai 1701[sunting | sunting sumber]

Biara Wiblingen didirikan pada tahun 1093 oleh Pangeran Hartmann dan Otto von Kirchberg. Hitungan yang ditawarkan biarawan dari Biara Santo Blasius di Hutan Hitam terletak di dekat sungai Iller, tempat para biarawan biasa mendirikan lembaga berbakti. Pada tahun 1099, bangunan pertama ditahbiskan. Kepala Biara pertama adalah Werner von Ellerbach. Pada tahun yang sama, para pendiri menawarkan kepada biara itu sebuah pecahan dari Salib Suci yang mereka peroleh selama partisipasi mereka dalam Perang Salib Pertama.

Selama Tinggi dan Abad Pertengahan Akhir Biara Wiblingen terkenal dengan beasiswa dan pembelajarannya serta menjadi tempat disiplin biara yang patut dicontoh karena kepatuhannya yang ketat terhadap aturan St. Benediktus. Pada tahun 1504, Biara Benediktin dan desa-desa yang bergantung padanya berada di bawah kedaulatan Wangsa Austria dan sejak saat itu menjadi bagian dari Austria Selanjutnya hingga tahun 1806.

Selama Perang Tiga Puluh Tahun biara tersebut berulang kali menderita akibat peperangan. Atas inisiatif Kepala Biara Johannes Schlegel Relik Salib Suci disembunyikan untuk melindunginya dari perampokan pasukan Protestan Swedia. Namun, setelah penarikan pasukan Swedia, relik tersebut tidak dapat ditemukan, karena tidak ada seorang pun yang masih hidup yang mengingat tempat persembunyiannya, semua saksi penyembunyiannya telah menyerah pada wabah. Hanya beberapa tahun kemudian, peninggalan yang terkubur itu ditemukan kembali.

Berkat upaya Kepala Biara Benedict Rauh, yang masa jabatannya berlangsung dari tahun 1635 hingga 1663 dan juga menjabat sebagai uskup militer pada tentara Bavaria, biara tersebut berhasil selamat dari bencana besar. perang. Ia juga bertanggung jawab untuk mendorong pemulihan ekonomi biara setelah tahun 1648. Meningkatnya kepentingan ekonomi dan politik di bawah kepemimpinan kepala biara Ernest Fabri, Maurus Falkner dan Modest I menyebabkan biara tersebut diberikan status sebagai sebuah Estate teritorial otonom (Mediatstand) Austria Selanjutnya pada tahun 1701.

1701–1806 — Peremajaan biara[sunting | sunting sumber]

Status lebih tinggi yang diperoleh pada tahun 1701 ini menghasilkan perombakan bangunan biara, sebuah proses yang dimulai pada tahun 1714. Sebagian besar bangunan didirikan dengan gaya Barok Akhir kecuali gereja, yang menjadi salah satu contoh utama gaya Barok Awal. Neo-klasisisme di Jerman Selatan. Struktur biara abad pertengahan terus diperbesar dan diubah selama abad-abad sebelumnya dengan gereja aslinya dibangun dengan gaya arsitektur Romawi.

Ketika Biara Wiblingen mencapai status Estate teritorial, rencana ekstensif untuk pembangunan kembali biara, berdasarkan El Escorial di Spanyol, dibuat dengan gereja biara di tengahnya yang dikelilingi oleh gereja simetris. perempatan dan halaman. Rencana tersebut dirancang oleh arsitek Barok Christian Wiedemann. Pekerjaan dimulai dengan pembangunan halaman yang desainnya dipengaruhi oleh rencana Biara Einsiedeln oleh arsitek Caspar Moosbruger. Namun pada tahun 1730 desain aslinya diubah sehingga gerbang rumah dan gereja tidak lagi berada pada satu poros. Lebih banyak perubahan pada desain aslinya dilakukan: bangunan pusat yang semula direncanakan digantikan oleh struktur memanjang, mungkin dipengaruhi oleh desain Biara Weingarten dan rencana oleh Caspar Moosbruger.

Mengikuti desain Wiedemann, perpustakaan terkenal dibangun di sayap utara biara. Pada saat selesai pada tahun 1744, pengerjaannya sudah diawasi oleh keponakan Christian Wiedemann Johann Wiedemann. Pada tahun 1750, pengawas baru, Johann Michael Fischer, diangkat. Dia merevisi rencana awal Wiedemann. Pencapaian utamanya adalah desain baru untuk sayap Timur yang diberi risalit yang mencolok sehingga di satu sisi menekankan peran rumah bab sebagai pusat organisasi biara dan fakta bahwa itu adalah juga merupakan pusat unit kekuasaan teritorial semi-berdaulat. Fasad bangunan ini meniru Perpustakaan Pengadilan Kekaisaran di Wina yang dipilih untuk menunjukkan keterikatan biara dengan rumah kekaisaran.

Kontribusi Fischer terhadap desain gereja biara masih menjadi kontroversi. Draf asli tidak dapat dikaitkan langsung dengan Fischer karena mengandung banyak kesalahan dan ketidakakuratan yang berarti bahwa draf yang ada diilhami oleh Fischer tetapi tidak dibuat olehnya. Sketsa tersebut pasti digambar oleh salah satu penerusnya setelah kepergian Fischer pada tahun 1757. Ada kemungkinan bahwa sketsa tersebut dibuat oleh Johann Wiedemann atau putranya Dominikus Wiedemann yang bekerja dengan Balthasar Neumann di Biara Neresheim yang kemudian rancangannya dipindahkan ke arsip pusat Pangeran Thurn und Taxis di Regensburg.

Karena kesulitan keuangan, pembangunan gereja bahkan belum dimulai pada saat kematian Kepala Biara Meinrad Hamberger (1730–1762). Penggantinya, Modest II (1762–1768), tidak menunjukkan minat untuk melanjutkan pekerjaan pembangunan atau mengalami kekurangan pendapatan untuk menyelesaikannya. Hanya pada masa jabatan Kepala Biara Roman Fehr (1768–1798) fondasi gereja diletakkan. Pengawasnya adalah Johann Georg Specht, yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pendirian gereja di Biara St. Gall dan Gereja Ziarah Birnau. Dia merencanakan pembangunannya di Wiblingen berdasarkan contoh-contoh ini yang akan mengakibatkan gereja tersebut memiliki penampilan Barok Akhir. Namun, ia tidak dapat melanjutkan desainnya karena ia disingkirkan oleh pelukis fresco Januarius Zick, yang telah dididik menjadi arsitek oleh Jakob Emele di Biara Schussenried . Zick berhasil menyelesaikan gereja dengan apa yang disebut gaya Yunani, sebuah istilah yang mengacu pada bangunan Neo-klasik awal. Dia berhasil melakukannya terutama di interior di mana terdapat keseimbangan antara Neo-klasisisme awal dan kenangan Barok akhir. Fasadnya tetap tidak lengkap meskipun kepala biara terakhir, Ulrich IV, sia-sia mencoba menyelesaikannya selama Perang Napoleon. Sayap Selatan juga masih belum selesai sampai tahun 1917.

Sekularisasi[sunting | sunting sumber]

Setelah kekalahan Austria dalam Perang Koalisi Ketiga pada tahun 1805, biara ini pertama kali diduduki oleh pasukan Kadipaten Agung Baden dan kemudian oleh pasukan Bavaria. Pada tahun 1806, biara ini menjadi milik Kerajaan Württemberg yang baru didirikan, kemudian pasukan Bavaria pergi setelah mereka melelang semua perabotan yang tersisa. Biara Wiblingen adalah salah satu biara terakhir yang dibubarkan selama mediatisasi negara bagian dan teritori gerejawi. Para biarawan pindah ke Biara Tyniec, yang sekarang menjadi bagian dari kota Kraków di Polandia. Biara Wiblingen menjadi kediaman Adipati Henry Heinrich, saudara laki-laki Frederick I dari Württemberg.

Pada tahun 1840-an, bekas biara menjadi bagian dari Benteng Federal Ulm dan digunakan, sejak tahun 1848, sebagai [[barak] infanteri]. Baru setelah itu, bangunan biara yang mengelilingi gereja biara selesai dibangun. Bangunan-bangunan yang semula tidak dapat diselesaikan itu didirikan antara tahun 1915 hingga 1917 dengan menggunakan rancangan lama. Hingga akhir Perang Dunia II bekas biara ini digunakan sebagai barak. Setelah perang, bangunan tersebut menampung pengungsi.

Hari ini[sunting | sunting sumber]

Wiblingen adalah bagian dari Rute barok Swabia Atas. Gereja biara dan perpustakaan biara di sayap utara biara terbuka untuk umum. Tur berpemandu juga tersedia. Museum biara, dibuka pada tahun 2006, terletak di bekas kamar tamu biara.

Gereja biara St. Martin digunakan sebagai gereja paroki Katolik dan dinaikkan statusnya menjadi basilika minor oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1993.

Bagian sayap Utara lainnya dan bekas bangunan komersial yang bersebelahan sekarang menjadi bagian dari Universitas Ulm, yang menampung Sekolah Dokumentasi Medis.

Sayap Selatan biara, yang telah dibangun kembali pada tahun 1917, adalah bagian dari jaringan lokal rumah jompo kota.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Beck, O. (1997). Einstige Kloster- und heutige Pfarrkirche Sankt Martinus in Wiblingen. Päpstliche Basilika. Lindenberg: Kunstverlag Fink. ISBN 3-931820-55-6
  • Bölz G. (1922). Die Baugeschichte des Klosters Wiblingen. Stuttgart: Technische Hochschule, diss.
  • Braig M. (2001). Wiblingen. Kurze Geschichte der ehemaligen vorderösterreichischen Benediktinerabtei in Schwaben. Weißenhorn: Konrad. ISBN 3-87437-456-4
  • Feulner, A. (1925). Kloster Wiblingen. Augsburg: Filser.
  • Kessler-Wetzig, I. (1993). Kloster Wiblingen. Beiträge zur Geschichte und Kunstgeschichte des ehemaligen Benediktinerstiftes. Ulm: Süddeutsche Verlagsgesellschaft. ISBN 3-88294-189-8
  • May, J. (2002). Die Bibliothek des Benediktinerklosters Wiblingen. Ulm: Landratsamt Alb-Donau-Kreis. ISBN 3-9806664-7-6
  • Münch, I. (1999). Kloster Wiblingen. München: Deutscher Kunstverlag, München. ISBN 3-422-03058-1
  • Schwenger, A. (1930). Abtei Wiblingen. München: Zerle.
  • Staatsanzeiger-Verlag (ed.) (2006). Wiblingen : Kloster und Museum. Stuttgart: Staatsanzeiger für Baden-Württemberg. ISBN 3-929981-59-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°21′42″N 9°59′31″E / 48.36167°N 9.99194°E / 48.36167; 9.99194