Biara Waldsassen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Waldsassen
Abtei Waldsassen
Biara Waldsassen di Jerman
Biara Waldsassen
Location within Germany
Informasi biara
OrdoSistersien
DidirikanAbad ke-12
1863
Dibubarkan1803
Situs
LokasiWaldsassen, Jerman
Koordinat50°0′14″N 12°18′34″E / 50.00389°N 12.30944°E / 50.00389; 12.30944Koordinat: 50°0′14″N 12°18′34″E / 50.00389°N 12.30944°E / 50.00389; 12.30944
Akses publikpartial

Biara Waldsassen (Jerman: Abtei Waldsassen) adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang dikelola oleh Ordo Sistersien, terletak di Sungai Wondreb di Waldsassen dekat Tirschenreuth, Oberpfalz, di Bavaria, Jerman, dekat perbatasan dengan Republik Ceko. Di zaman Kekaisaran Romawi Suci, biara ini merupakan Biara Imperial.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi pertama[sunting | sunting sumber]

Biara tersebut, pendirian Sistersien pertama di Bavaria, didirikan oleh Gerwich dari Wolmundstein, seorang biarawan Benediktin dari Biara Sigeberg, dengan izin dari mantan kepala biaranya Kuno, kemudian Uskup Regensburg, dan dibangun antara tahun 1128 dan 1132. Komunitas aslinya dikirim ke Waldsassen dari Biara Volkenroda di Thuringia, dari garis Biara Morimond.

Kepala biara pertama dipilih pada tahun 1133, menjadikannya salah satu yayasan Sistersien yang paling awal.[1]

Biara Imperial Waldsassen

Reichsabtei Waldsassen
1147–1543
{{{coat_alt}}}
Lambang
Peta
StatusBiara Imperial
Ibu kotaWaldsassen
Era SejarahAbad Pertengahan
• Abbey founded
1128–32
• Mendapat Reichsfreiheit
1147
• Dimediasi ke
    Pemilih di Pfalz
1543
• Sekulerisasi kepada Bavaria
1803
Didahului oleh
Digantikan oleh
Elektorat Pfalz
Elektorat Pfalz
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Biara Waldsassen. Ukiran oleh Johann Ulrich Kraus dari Churbaierische Atlas karya Anton Wilhelm Ertl, 1687

Segera biara itu menjadi salah satu yang paling terkenal dan berkuasa pada masanya. Seiring bertambahnya jumlah biarawan, beberapa fondasi penting dibuat di Senftenberg dan Osek di Bohemia, di Walderbach, dekat Regensburg, dan di tempat lain. tempat. Pada tahun 1147, Conrad III, Raja Jerman, memberinya status reichsunmittelbar, menjadikannya Biara Kekaisaran. Beberapa dari tiga puluh tujuh kepala biara hingga Reformasi terkenal karena kesucian dan pembelajarannya; di antara mereka, Herman, kepala biara ketujuh, dan John, kepala biara ketujuh belas, serta Gerwich, pendirinya, dan Wigand, kepala biara pertama, diperingati dalam menologi.

Sejak pertengahan abad ke-14, Waldsassen berganti-ganti antara periode kemakmuran dan kemunduran. Peperangan, kelaparan, pajak yang berlebihan, dan penganiayaan oleh Hussites membuat negara ini sangat menderita. Selama Perang Bavaria (1504) biara, gereja, dan bangunan pertanian dibakar, tetapi segera setelah itu dibangun kembali, dan gereja baru ditahbiskan pada tahun 1517.

Pada tahun 1525, selama Perang Tani Jerman, sebagian bangunan kembali dihancurkan, dan dipulihkan oleh Georg III (1531–37), yang terakhir dari rangkaian kepala biara yang pertama.

Dari tahun 1537 hingga 1560 selama masa Reformasi para administrator ditunjuk oleh otoritas sipil: Frederick III, Elector Palatine, menamai saudaranya Richard untuk jabatan ini. Para biarawan kemudian dipaksa untuk murtad atau melarikan diri, atau dibunuh. Akibatnya, pada tahun 1543, biara tersebut kehilangan kedekatan kekaisarannya dengan Pemilih di falz. Selama sekitar seratus tahun kondisinya tetap seperti ini, dan pada saat itu hampir seluruhnya terbakar habis dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

Setelah Perdamaian Westphalia Katolik Roma dipulihkan di Bavaria. Pada tahun 1669, Waldsassen dikembalikan ke tangan Cistercian, dan pada tahun 1690 Albrecht, kepala biara pertama dari seri kedua (yang berjumlah enam orang), terpilih, mendapatkan kembali kendali atas biara, tetapi tidak kedekatan kekaisaran.

Bangunan-bangunan tersebut dibangun kembali dengan mewah dalam Gaya Barok setelah tahun 1681[1] dan jumlah biarawan kembali bertambah banyak.

Biara ini menjadi terkenal karena keramahannya, khususnya selama kelaparan tahun 1702–03 dan 1772–73, dan selama Revolusi Perancis. Di bawah Kepala Biara Athanasius (1793–1803) sains dan pembelajaran dikembangkan secara mendalam.

Ketika biara dibubarkan dan sekularisasi di bawah Reichsdeputationshauptschluss tahun 1803, biara ini mempunyai lebih dari delapan puluh anggota, yang dibubarkan dengan dana pensiun negara dari Pemilih Bavaria.

Biara itu dijual, dan digunakan sebagai pabrik pembuatan kapas.[1]

Fondasi kedua[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1864, sisa-sisa biara tua dibeli oleh biarawati Cistercian dari Floh-Seligenthal, yang pada tahun berikutnya mengambil alih, mendirikan lingkungan biara, dan membuka sekolah untuk pendidikan perempuan.[1]

Pada mulanya biara ini dinaikkan statusnya menjadi biara pada tahun 1925. Stiftsbasilika dinyatakan sebagai basilica minor pada tahun 1969.

Perpustakaan biara[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1724-6 dengan gaya Barok akhir dan awal Rococo. Rak-rak yang diukir dengan indah dan rumit menampung ribuan volume yang diikat dengan kulit babi putih dan kulit anak sapi gelap. Sepuluh kolom berukir menopang mezzanine langkan dengan lebih banyak rak di atasnya. Sepuluh kolom ini diukir dalam bentuk figur alegoris seputar produksi buku: pemungut kain, pembuat kulit babi, penjilid buku, penulis, penjual buku, kritikus... orang-orang aneh yang tunduk pada beban menopang lantai mezzanine namun juga terbebani oleh kelemahan manusia dalam produksi buku mereka. profesi seperti kesombongan, ketidaktahuan dan kesombongan.[2] Ukiran kayu linden diselesaikan oleh Karl Stilp, seorang pematung lokal, pada tahun 1725. Perpustakaan ini juga dilengkapi dengan langit-langit yang dicat dan karya plester hias. Pelukis Karl Hofreiter mengerjakan interiornya.[1][3]

Aula perpustakaan dikelola oleh para biarawati dari Cistercian Sisterhood. Bagian dari bekas bangunan biara sekarang menjadi Museum Keramik Internasional.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Rujukan kosong (bantuan) 
  2. ^ https://www.br.de/mediathek/video/br-retro-die-stiftsbibliothek-waldsassen-av:5f94abaeca6ec6001be312c9 Fitur TV (09:13) tentang dekorasi perpustakaan dengan penjelasan tentang 10 plastik oleh Karl Stilp, tetapi juga lukisan, plesteran ec., dalam bahasa Jerman
  3. ^ http://www.br.de/fernsehen/bayerisches-fernsehen/sendungen/stationen/gottesdienst-waldsassen120.html.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)