Biara Santa María de Guadalupe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Santa María de Guadalupe
Biara Kebangsawanan Santa Maria dari Guadalupe
Spanyol: Real Monasterio de Santa María de Guadalupe
stone gothic facade with rose window and two towers
Biara Santa María de Guadalupe
Biara Santa María de Guadalupe di Spanyol
Biara Santa María de Guadalupe
Biara Santa María de Guadalupe
LokasiGuadalupe, Cáceres
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda dari Guadalupe
Tanggal konsekrasi1384
Arsitektur
StatusBiara, paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Toledo

Biara Kebangsawanan Santa Maria dari Guadalupe (Spanyol: Real Monasterio de Santa María de Guadalupe) adalah sebuah kompleks biara dan gereja basilika monastik Katolik yang berlokasi di Guadalupe, di Extremadura, Spanyol. Letaknya di kaki sisi timur Sierra de las Villuercas dan merupakan salah satu biara paling penting dan terbaik di negara ini selama lebih dari empat abad. UNESCO mendeklarasikannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1993.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini bermula pada akhir abad ke-13, ketika seorang penggembala dari Cáceres, bernama Gil Cordero, menemukan di tepi Sungai Guadalupe sebuah patung Perawan Terberkati,[1] yang tampaknya disembunyikan oleh penduduk lokal dari penjajah Moor pada tahun 714. Di situs atas penemuannya sebuah kapel dibangun, didedikasikan dengan judul Bunda Maria dari Guadalupe.[2]

Raja Alfonso XI, yang mengunjungi kapel lebih dari sekali, memanggil Santa Maria de Guadalupe dalam Pertempuran Rio Salado. Setelah memperoleh kemenangan, ia menganggapnya sebagai perantaraan Madonna, menyatakan gereja di Guadalupe sebagai tempat perlindungan kerajaan dan melakukan program pembangunan kembali secara ekstensif.

Pada tahun 1389, para biarawan Hieronymite mengambil alih biara dan menjadikannya rumah utama mereka. Pekerjaan konstruksi dilanjutkan di bawah naungan ordo pertama, dan pada tahun 1474 Henry IV dari Kastilia dimakamkan di Guadalupe, di samping ibunya.

Raja Ferdinand II dari Aragon mengeluarkan Sentencia Arbitral de Guadalupe di biara pada tanggal 21 April 1486, sehingga secara efektif mengakhiri kebiasaan jahat yang memberatkan yang memungkinkan para bangsawan abad pertengahan di Catalonia menganiaya petani remensa dan mengikat mereka ke tanah mereka.

Biara ini memiliki hubungan yang kaya dengan Dunia Baru, termasuk pulau Guadeloupe di Karibia. Di sinilah, di Extremadura, tempat Christopher Columbus melakukan ziarah pertamanya setelah menemukan Amerika pada tahun 1492 dan tempat ia pertama kali berterima kasih kepada surga atas penemuannya.

Bahkan setelah para biarawan dari Guadalupe mendirikan biara terkenal Escorial, yang lebih dekat dengan ibu kota kerajaan, Madrid, Santa Maria de Guadalupe tetap mempertahankan perlindungan kerajaan. Biara ini tetap menjadi biara terpenting di Spanyol hingga biara-biara Penyitaan pada tahun 1835. Pada abad ke-20, biara tersebut dihidupkan kembali oleh Ordo Fransiskan dan Paus Pius XII mendeklarasikan kuil "Basilika Kepausan Kecil" pada tahun 1955.

Ikhtisar fasad utama dan alun-alun di depannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cordero de Santa Maria", Nicolás Díaz y Pérez (1884) Diccionario histórico, biográfico, crítico y bibliográfico, hal.153, Perez y Boix, Madrid (Spanyol)
  2. ^ Gabriel de Talavera (1597) Historia de nuestra Senora de Guadalupe, Thomas de Guzman, Toledo (Spanyol)