Biara Marienkamp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja biara

Biara Marienkamp (Belanda: Klooster Mariënkamp; bahasa Latin: Maria in Campis) adalah sebuah kesusteran Sistersian di provinsi Drenthe, Belanda pada masa sekarang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara tersebut didirikan pada 1215 di Coevorden, kemudian berpindah ke Duurse dekat Rolde, dipakai oleh para anggota Sistersian pada 1246, dan dipindahkan lagi, ke Assen pada masa sekarang, pada 1258. Biara tersebut berkembang ke desa Assen (yang tidak menjadi sebuah kota sampai abad ke-19). Biara tersebut ludes oleh sebuah kebakaran. Pada 1460, biara tersebut bergabung dengan Ordo Trinitarian.

Komunitas tersebut masih ada pada saat Reformasi Protestan, sekitar 1596; biara tersebut secara resmi dibubarkan pada 1602. Pada 1601, menara gereja tersebut diruntuhkan, dan gereja tersebut mengalami kerusakan yang parah, yang kemudian dibangun kembali pada 1662: struktur abad pertengahan yang tersisa hanya terdapat di dinding selatan.

Pada 1848, gereja tersebut dijual kepada munisipalitas, yang menggunakannya sebagai sebuah pusat masyarakat. Sejak 1982, tempat tersebut digunakan sebagai bagian dari Museum Drents.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Anselme Dimier and Ernst Coester: Mittelalterliche Frauenabteien in Frankreich und Benelux. In: Ambrosius Schneider, Adam Wienand, Wolfgang Bicker, Ernst Coester (eds.): Die Cistercienser. Geschichte – Geist – Kunst. 3rd edn. Wienand Verlag, Köln 1986, p. 709. ISBN 3-87909-132-3
  • Maria M. de Bakker: De abdij Mariënkamp. In: Nieuwe Drentse Volksalmanak, vol. 77 (1959).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]