Biara Jasna Góra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Jasna Góra
Biara Jasna Góra
Biara Jasna Góra di Polandia
Biara Jasna Góra
Location within Poland
Informasi biara
OrdoPaulin
Didirikan1382
Tokoh
PendiriWładysław Opolczyk
PriorSamuel Pacholski OSPPE
Situs
LokasiCzęstochowa
Negara Polandia
Akses publikyes

Biara Jasna Góra (bahasa Polandia: Jasna Góra [ˈjas.na ˈɡu.ra] ( simak), Luminous Mount, bahasa Latin: Clarus Mons) di Częstochowa, Polandia, adalah sebuah kompleks biara dan basilika Katolik yang didedikasikan kepada Perawan Maria yang terletak di Częstochowa, Polandia. Gambar Madonna Hitam dari Częstochowa, juga dikenal sebagai Bunda Maria dari Częstochowa, yang memiliki kekuatan ajaib, adalah salah satu harta karun Jasna Góra yang paling berharga.[1]

Situs ini merupakan salah satu Monumen Bersejarah nasional resmi Polandia (Pomnik historii)[2] dan dilacak oleh Dewan Warisan Nasional Polandia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertahanan Jasna Góra 1655 –
karya January Suchodolski
Madonna Hitam dari Częstochowa, Polandia

Biara Jasna Góra didirikan pada tahun 1382 oleh biarawan Paulin yang datang dari Hongaria atas undangan Władysław, Adipati Opole. Biara ini telah menjadi tujuan ziarah selama ratusan tahun, dan di dalamnya terdapat ikon penting Perawan Maria. Ikon tersebut, yang menggambarkan Bunda Allah bersama Kanak-kanak Kristus, dikenal sebagai Madonna Hitam dari Częstochowa atau Bunda Maria dari Częstochowa, yang secara luas dihormati dan dianggap bertanggung jawab atas banyak mukjizat.[3] Di antara mereka, ia dianggap berjasa menyelamatkan [[biara] Jasna Góra] secara ajaib selama Pengepungan Jasna Góra yang terjadi pada saat Banjir Besar, invasi Swedia pada abad ke-17. Peristiwa tersebut merangsang perlawanan Polandia. Polandia tidak dapat segera mengubah jalannya perang, tetapi, setelah bersekutu dengan Khanate Krimea, mereka memukul mundur Swedia. Tak lama kemudian, di katedral Lwów (Lviv), pada tanggal 1 April 1656, Jan Kazimierz, Raja Polandia, diucapkan dengan sungguh-sungguh sumpahnya untuk menguduskan negaranya demi perlindungan Bunda Allah dan memproklamirkannya sebagai Pelindung dan Ratu tanah di kerajaannya.

Di antara pameran biara yang paling penting adalah medali dari Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1983 yang diterima oleh Lech Wałęsa, mantan presiden Polandia dan pengurus serikat buruh.[4]

Ziarah jalan kaki[sunting | sunting sumber]

Setiap tahun sejak Abad Pertengahan, ribuan orang Polandia berbondong-bondong mengunjungi Jasna Góra. Pada tahun 2011, diperkirakan 3,2 juta peziarah dari 80 negara di seluruh dunia pergi ke tempat suci tersebut. Sekitar 830.000 peziarah mengambil bagian dalam 228 ziarah yang diselenggarakan di berbagai tempat di Polandia, 143.983 di antaranya mencapai biara dengan berjalan kaki.[5] Jarak rata-rata perjalanan rombongan peziarah adalah sekitar 350 kilometer (217 mil), yang ditempuh dalam waktu 11 hari.[6]

Etiket biara[sunting | sunting sumber]

Biasanya terdapat banyak peziarah dan wisatawan di Biara Jasna Góra, dan volume suara yang gembira bisa sangat tinggi. Namun saat memasuki Vihara, diharapkan ada etika bagi pengunjung untuk diam atau setenang mungkin untuk menghormati. Seringkali, ada antrean panjang orang yang menunggu untuk mendekati kuil Madonna Hitam dari Częstochowa. Setibanya di tempat tempat ziarah yang akan dilewati seseorang di depan ikon Bunda Maria, diharapkan dan sebagai tanda penghormatan bagi para peziarah untuk berlutut, dan melintasi bagian depan tempat ziarah dengan berlutut.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ://www.czestochowa.pl/linguals-en?set_lingual=en "Situs web resmi Częstochowa" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Urząd Miasta Częstochowy, Śląska 13/11, 42–217 Częstochowa. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-08. 
  2. ^ "Zarządzenie Prezydenta Rzeczypospolitej Polskiej z dnia 8 września 1994 r. w sprawie uznania za pomnik historii". SEJM.gov.pl. Diakses tanggal 2016-03-17. 
  3. ^ "Jasna Góra". 1998–2008 Hak Cipta oleh Klasztor OO. Paulinów Jasna Góra – Częstochowa. Diakses tanggal 2008-10-22. 
  4. ^ Kifner, John. [https: //www.nytimes.com/1983/12/13/world/walesa-takes-nobel-medal-to-polish-shrine.html "Walesa Membawa Medali Nobel ke Kuil Polandia"] Periksa nilai |url= (bantuan). The New York Times. 
  5. ^ id=670 ""Madonna dari Czestochowa" dan Daerah Sekitarnya" Periksa nilai |url= (bantuan). 
  6. ^ //www.czestochowa.pl/miasto_1/uroczystosci_miejskie/pozostale/350_lecie/media_o_jubileuszu/tygodnik_niedziela/3?searchterm=w+maryjnej+twierdzy "Telewizja Dami – Grupa Medialna" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Telewizja.radom.pl. 2012-08-15. Diarsipkan dari [http: //www.czestochowa.pl/miasto_1/uroczystosci_miejskie/pozostale/350_lecie/media_o_jubileuszu/tygodnik_niedziela/3?searchterm=w+maryjnej+twierdzy versi asli] Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2014-01-04. Diakses tanggal 2013-03-12. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Czesław Ryszka. W Maryjnej Twierdzy. Jubileusz zwycięskiej Obrony Jasnej Góry (dalam bahasa Polski). Urząd Miasta Częstochowy. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2014. Diakses tanggal 2013-07-24. 
  • Aleksander Radecki (1990). Piesza Pielgrzymka Wrocławska 1981–1989. Mokrzeszyn. 
  • Jan Pach; Włodzimierz Robak; Jerzy Tomziński (2001). Jasna Góra. Sanktuarium Matki Bożej. Przewodnik (dalam bahasa Polski). Częstochowa: Wydawnictwo Zakonu Paulinów. 
  • Mirosław Zwoliński (1997). Przewodnik po Częstochowie (dalam bahasa Polski). Częstochowa. hlm. 87–112.