Bertoldus Calabriensis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bertoldus Calabriensis

Bertoldus Calabriensis adalah seorang pasukan salib dan orang kudus Calabria yang mendirikan koloni pertapa di Gunung Karmel pada tahun 1185. Ia diperkenalkan ke dalam literatur Karmelit pada sekitar abad ke-15 sebagai Santo Berthold dari Gunung Karmel. Ia merupakan putra Pangeran Limoges dan lahir di Malifaye, Prancis barat daya. Sebutan "Calabrian" adalah eufimisme kontemporer untuk "orang Barat." Ia adalah keponakan Aymeric dari Malifaye, patriark Latin Antiokhia.

Ia pergi ke Tanah Suci sebagai bagian dari Perang Salib dan berada di Antiokhia ketika dikepung oleh pasukan Muslim. Sepanjang masa itu, ia mendapat penglihatan tentang Kristus yang mencela metode jahat para prajurit. Pada saat itu, para pertapa dari Barat tersebar di seluruh Palestina. Beberapa catatan menyatakan bahwa pada tahun 1185 dia datang ke Gunung Karmel, membangun sebuah kapel kecil di sana dan mengumpulkan komunitas pertapa yang akan tinggal di sisinya untuk meniru nabi Elia.

Komunitas tersebut diyakini telah melahirkan Ordo Karmelit, tetapi hal ini tidak didukung oleh bukti dan diabaikan oleh sejarawan Ordo tersebut. Ia menjalani hari-harinya di Gunung Karmel, memimpin komunitas yang didirikan olehnya selama empat puluh lima tahun hingga kematiannya pada tahun 1195. Tradisi menyatakan bahwa dia diterima sebagai pemimpin para pertapa oleh Brocard. Hari pestanya dirayakan pada tanggal 29 Maret.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]