Berperahu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiga jenis perahu yang berbeda

Berperahu adalah aktivitas santai bepergian dengan perahu, atau penggunaan perahu untuk rekreasi baik itu perahu motor, perahu layar, atau kapal bertenaga manusia (seperti perahu dayung dan dayung), yang berfokus pada perjalanan itu sendiri, serta aktivitas olah raga, seperti memancing atau ski air . Ini adalah aktivitas yang populer, dan ada jutaan pelaut di seluruh dunia.

Jenis perahu[sunting | sunting sumber]

Perahu (jenis perahu) dapat dikategorikan menjadi 3 jenis kategori papan yang berbeda: perahu tidak bertenaga, perahu motor, dan perahu layar.[1] Perahu rekreasi (kadang-kadang disebut perahu pesiar, terutama untuk kegiatan yang kurang olah raga) terbagi dalam beberapa kategori besar, dan subkategori tambahan. Kategori yang luas mencakup perahu kolek (umumnya berukuran di bawah 16 kaki (5 m) yang digerakkan oleh layar, mesin kecil, atau tenaga otot) yang biasanya terbuat dari kayu keras atau karet tiup.[2] perahu olah raga dayung ( kayak, cangkang dayung, kano ), perahu motor selancar (15–25 kaki (5–8 m) dengan mesin tempel, buritan, atau dalam kapal), [3] perahu sampan layar (14–25 kaki (4– 8 m) perahu layar, seringkali dengan mesin bantu kecil), kapal penjelajah (perahu motor berukuran 25–65 kaki (8–20 m) dengan kabin), dan perahu layar jelajah dan balap (perahu layar berukuran 25–65 kaki (8–20 m) dengan mesin bantu). Perahu listrik konsol tengah (18 hingga 75 kaki (18-23m) yang memiliki interior besar biasanya digunakan untuk memancing, dengan desain performa kecepatan tinggi dan mesin juga digunakan dalam olahraga air.[4] Perahu geladak (25-35 kaki (8-11m) yang memiliki ciri area dek terbuka dan biasanya digunakan untuk aktivitas rekreasi. [3] Sekoci (perahu air yang lebih kecil dan lebih cepat dilengkapi dengan peralatan darurat untuk membantu penumpang jika terjadi keadaan darurat di dalam air. [3]

Karbon monoksida[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 2000-an, beberapa kematian besar akibat keracunan karbon monoksida (CO) menyebabkan peningkatan pengawasan terhadap kebiasaan berperahu (terutama praktik menarik peserta tepat di belakang perahu, yang dikenal sebagai "selancar jati" atau "penarikan platform") dan penerapan berbagai plakat peringatan untuk mendidik pelaut tentang bahaya yang timbul dari kegiatan ini. Kematian terkait CO lainnya disebabkan oleh tingginya konsentrasi gas CO dari knalpot generator rumah perahu, sehingga perenang dapat mengakses area dekat buritan perahu yang menampung gas buang tersebut. Hal ini menyebabkan peningkatan pengendalian polusi pada genset modern, dan perubahan desain rumah kapal sehingga dapat membuang gas buang sedemikian rupa sehingga dapat hilang. Meningkatnya penggunaan detektor CO, terutama di kapal dengan ruang akomodasi tertutup, dan penilaian yang tepat terhadap produsen kapal, akan membantu mengurangi risiko keracunan CO.[5]

Perizinan[sunting | sunting sumber]

Tergantung pada negaranya, berperahu di perairan pesisir dan perairan pedalaman mungkin memerlukan lisensi. Biasanya, berperahu komersial di perairan pantai hampir selalu memerlukan izin, sedangkan berperahu rekreasi di perairan pantai hanya memerlukan izin bila ukuran kapal tertentu terlampaui (misalnya panjang 20 meter), atau bila kapal penumpang, feri, atau kapal tunda dikemudikan. Berperahu di perairan internasional tidak memerlukan izin apa pun, karena tidak adanya undang-undang atau batasan apa pun di wilayah ini. Beberapa negara anggota Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa mengeluarkan Sertifikat Kompetensi Internasional .[6] Lisensi dan Kredensial Berlayar Internasional (SLC) adalah lisensi berlayar rekreasi yang berlaku untuk semua perusahaan penyewaan kapal pesiar di seluruh dunia termasuk Eropa dan Seychelles.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abhishek, Amit (2019-07-05). "20 Different Boat Types | An Easy Guide On Types Of Boats" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-30. 
  2. ^ Abhishek, Amit (2019-07-05). "20 Different Boat Types | An Easy Guide On Types Of Boats" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-30. 
  3. ^ a b c Dasgupta, Soumyajit (2021-06-02). "The Ultimate Guide to Different Types of Boats - Top 20". Marine Insight (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-30. 
  4. ^ Abhishek, Amit (2019-07-05). "20 Different Boat Types | An Easy Guide On Types Of Boats" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-11-30. 
  5. ^ "CDC - Carbon Monoxide Dangers in Boating - NIOSH Workplace Safety and Health Topic". 17 September 2021. 
  6. ^ "International Certificate for Operators of Pleasure Craft - Resolution No. 40, Revision 1" (PDF). ECE/TRANS/SC.3/147/Rev.1. Geneva: United Nations Economic Commission for Europe, Inland Transport Committee, Working Party on Inland Water Transport. October 16, 1998. See section Recreational Navigation. Diakses tanggal March 11, 2011. 
  7. ^ Online Sailing Certification