Berkik raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik raksasa
Gallinago undulata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693121
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago undulata
(Boddaert, 1783)
Tata nama
ProtonimScolopax undulata
Distribusi

Berkik raksasa ( Gallinago undulata ) adalah sejenis burung perandai yang besar. Ia berkembang biak di Amerika Selatan . Subspesies yang dicalonkan G. u. undulata terdapat di dua wilayah berbeda, satu di Kolombia, dan lainnya dari Venezuela melalui Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis hingga bagian paling timur laut Brasil . Subspesies selatan G. u. gigantea ditemukan di Bolivia timur, Paraguay timur, dan Brasil tenggara, dan mungkin juga di Uruguay dan Argentina timur laut.

Ia terdapat pada tumbuh-tumbuhan tinggi di rawa-rawa dan padang rumput yang tergenang air, dan kadang-kadang di sabana kering. Mulai dari dataran rendah sampai dengan 2.200 m ketinggian.

Tampaknya ia tiba di beberapa daerah setelah hujan, namun pergerakan musimannya sangat kurang dipahami.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah berkik terbesar dengan ukuran mencapai 36 hingga 47 cm (14 hingga 19 in) panjangnya. G.u. gigantea, seperti namanya, lebih besar dari subspesies yang dicalonkan dengan sedikit ukuran yang tumpang tindih; misalnya, panjang paruhnya biasanya lebih dari 12 cm (4,7 in), sedangkan G.u. undulata biasanya kurang dari 115 cm (45 in) dan panjang totalnya mencapai sekitar 435 cm (171 in) . Massa tubuh pada subspesies yang dicalonkan adalah dari 270 hingga 362 g (9,5 hingga 12,8 oz), rata-rata 294 g (10,4 oz) pada pria dan 332 g (11,7 oz), sedangkan di G. u. gigantea, massa tubuh diketahui berkisar antara 420 hingga 500 g (15 hingga 18 oz) .[2] [3]

Berkik raksasa memiliki tubuh kekar dan kaki yang relatif pendek untuk seorang penyeberang. Ia mempunyai sayap bulat lebar seperti berkik-gunung dan paruh yang sangat panjang. Bagian atas, kepala, dan lehernya bergaris-garis dan bermotif hitam dan coklat, dan tepi berwarna coklat kemerahan hingga bulu membentuk garis-garis berbeda di punggungnya. Perutnya berwarna putih dengan garis coklat di bagian panggul. Bulu terbangnya belang, sebuah fitur unik pada berkik ini. Paruhnya yang berwarna tanduk sangat panjang dan lurus. Tungkai dan kakinya berwarna hijau keabu-abuan.

Tidak ada perbedaan bulu terkait usia atau jenis kelamin yang diketahui, tetapi pada berkik lain jenis kelaminnya serupa dan burung yang belum dewasa hanya berbeda dalam memperlihatkan pinggiran pucat pada penutup sayap.

Berkik raksasa mengeluarkan suara kek-kek saat memerah, dan suara tiga suku kata yang serak terdengar saat terbang di malam hari.

Berkik raksasa dapat dibedakan dari snipe biasa dan berkik Magdalena berdasarkan ukurannya yang besar dan sayapnya yang membulat. Spesies besar lainnya, Andean, Fuegian, dan berkik kaisar, merupakan spesies dataran tinggi yang tidak mempunyai tanda jelas di bagian atas dan perut putih seperti yang ditunjukkan oleh snipe raksasa. Berkik agung lebih mirip dengan berkik raksasa, tetapi jelas bertubuh lebih kecil.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Sarang ras selatan telah ditemukan di Brazil pada bulan September dan dari bulan November hingga awal Januari. Mereka ditempatkan di bukit kecil di antara rawa-rawa, dan bertelur 2-4 butir. Tidak ada sarang subspesies yang dicalonkan yang ditemukan.

Spesies ini jarang terlihat di tanah, dan habitatnya, menjauhi manusia, bulu yang samar, dan makan di malam hari membuat kebiasaannya hampir tidak diketahui. Makanannya rupanya termasuk katak. Berkik raksasa biasanya terlihat sendirian saat tertangkap mata manusia.

Berkik Gallinago lainnya memiliki keahlian dalam hal udara, yang melibatkan terbang tinggi dalam lingkaran, diikuti dengan membungkuk kuat di mana burung tersebut mengeluarkan suara drum, yang disebabkan oleh getaran bulu ekor luar yang dimodifikasi. Spesies ini muncul pada malam hari, tetapi tidak diketahui apakah ia bermain drum.

Status[sunting | sunting sumber]

Berkik raksasa diburu melalui sebagian besar jangkauannya, ukurannya yang besar membuatnya lebih mudah untuk ditembak dibandingkan berkik lainnya. Hilangnya habitat juga merupakan ancaman, setidaknya pada sebagian wilayah penyebarannya. Hewan ini jarang ditemukan di mana pun, dan merupakan hewan lokal serta tidak lazim di Kolombia dan Venezuela. Namun kebiasaan hewan ini di malam hari dan perilakunya yang sangat tertutup mungkin akan memperbesar kelangkaannya, dan saat ini hewan ini tidak dianggap terancam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago undulata". 2016: e.T22693121A93384942. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693121A93384942.en. 
  2. ^ Van Gils, J., P. Wiersma, and G. M. Kirwan (2020).
  3. ^ Dunning, John B. Jr., ed. (2008). CRC Handbook of Avian Body Masses (edisi ke-2nd). CRC Press. ISBN 978-1-4200-6444-5.