Berkik kaisar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik kaisar
Gallinago imperialis
Status konservasi
Hampir terancam
IUCN22693130
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusGallinago
SpesiesGallinago imperialis
P.L. Sclater dan Salvin, 1869
Distribusi

Berkik kaisar ( Gallinago imperialis ) adalah sejenis berkik gempal kecil yang berkembang biak di Andes . Selama satu abad, ia hanya diketahui dari dua spesimen yang dikumpulkan di dekat Bogotá, Kolombia, dan dianggap punah, namun ditemukan kembali di Peru pada tahun 1967 dan Ekuador pada tahun 1988. Tidak diketahui apakah ia bermigrasi .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah sejenis berkik yang panjang memiliki tubuh yang kekar dan kaki yang relatif pendek untuk seekor berkik. Bulu dewasanya berwarna coklat kemerahan tua kecuali perut bagian bawah dan ekor bawah, yang berwarna putih dengan garis coklat tebal. Paruh abu-abunya panjang, lurus dan cukup kuat, serta tungkai dan kakinya berwarna abu-abu. Jenis kelaminnya serupa. Bulu remajanya tidak diketahui, tetapi pada sebagian besar spesies berkik, burung muda berbeda dari burung dewasa hanya dalam menunjukkan pinggiran pucat pada penutup sayap.

Saat terbang, berkik kaisar terlihat berat, bersayap lebar, dan berekor pendek, serta perutnya yang bergaris kontras dengan bagian dada dan bagian bawah sayap yang berwarna gelap. Ia memiliki lagu parau yang sangat keras dalam tampilannya, dimulai dengan nada tunggal dan berlanjut ke nada ganda atau tiga.

Dibandingkan dengan berkik lain dengan jangkauan yang tumpang tindih, berkik kaisar jelas lebih besar daripada berkik Magdalena, yang memiliki garis-garis pucat di punggungnya dan tidak memiliki pembatas di perut bagian bawah. Balapan yang terjadi di Andes, Gallinago paraguaiae andina juga memiliki kaki berwarna kuning.

Berkik Andes, Gallinago jamesoni, memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan berkik kaisar, tetapi lebih pucat pada bagian tenggorokan dan bagian bawah sayap, serta memiliki perut bagian bawah yang kurang kontras.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Berkik kaisar tersebar di sekitar wilayah pohon pada 2,745–3,700 m (9 ft 0,1 in – 12 ft 1,7 in) ketinggian di habitat mosaik yang terdiri dari campuran rawa, area berlumut, hutan peri lembab, pakis pohon, dan rumput tinggi. Sedikit yang diketahui tentang kebiasaannya dan sebagian besar diamati saat dipajang.

Pertunjukan udara fajar dan senja melibatkan terbang tinggi dalam lingkaran membawakan lagu yang sangat keras. Ini diikuti dengan penyelaman di mana burung tersebut mengeluarkan suara gendang yang disebabkan oleh getaran bulu ekor luarnya yang telah dimodifikasi.

Makanan berkik kaisar tidak diketahui, tetapi spesies snipe lain mencari serangga dan cacing dengan memeriksa paruhnya yang panjang.

Status[sunting | sunting sumber]

Telah dianggap punah selama lebih dari setengah abad, berkik kaisar kini telah ditemukan setidaknya di enam situs di Peru dan dua belas di Ekuador. Walaupun spesies ini tersebar luas di lereng timur dan barat di Ekuador dan lereng timur di Peru, spesies ini tampaknya terdapat pada kepadatan yang sangat rendah (4-5 ditampilkan dalam rentang 16 km2 (6,2 sq mi) habitat puncak punggung bukit yang sesuai) [2] dan populasi yang diketahui berukuran kecil dan terlokalisasi.

Habitat berkik ini terkena dampak buruk akibat pembakaran, penggembalaan, dan konversi páramo menjadi pertanian.

Namun, jika jumlah catatan dan lokasi yang diketahui terus meningkat, status spesies ini dapat direklasifikasi menjadi berisiko rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Gallinago imperialis". 2016: e.T22693130A93385563. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693130A93385563.en. 
  2. ^ Terborgh, J. and Weske, J. S. (1972) Rediscovery of the Imperial Snipe in Peru.