Berkik kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik kecil
Lymnocryptes minimus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693133
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusLymnocryptes
SpesiesLymnocryptes minimus
(Brünnich, 1764)
Tata nama
ProtonimScolopax minima
Distribusi

Berkik kecil ( Lymnocryptes minimus ) adalah burung randai kekar kecil. Ini adalah berkik terkecil, dan satu-satunya anggota genus Lymnocryptes . Ciri-ciri seperti tulang dada membuatnya sangat berbeda dari berkik pada umumnya atau berkik-gunung lainnya.  

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Lymnocryptes minimal

Berkik dewasa lebih kecil dari berkik ekor-kipas dan mempunyai paruh yang relatif lebih pendek. Panjangnya 18–25 cm (7,1–9,8 in), lebar sayap adalah 30–41 cm (12–16 in) dan beratnya 33–73 g (1,2–2,6 oz) . Tubuhnya berbintik-bintik coklat di bagian atas dan pucat di bagian bawah. Mereka memiliki garis gelap di matanya. Sayapnya runcing dan sempit, dan garis punggung kuning terlihat saat terbang. Jika dilihat, berkik ini akan berjalan dengan gerakan terayun-ayun yang khas. [ kutipan diperlukan ]

Pola kepala berkik kecil berbeda dari berkik ekor-kipas dan spesies lain dalam genus Gallinago, karena tidak ada garis mahkota di tengah; sebaliknya, terdapat dua garis mahkota lateral pucat, yang dipisahkan dari supersilium oleh area bulu berwarna gelap.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Berkik kecil bermigrasi, menghabiskan periode non-berkembang biak di Inggris Raya, pesisir Atlantik dan Mediterania Eropa, Afrika, dan India . Berkik kecil adalah salah satu spesies yang tunduk pada Perjanjian Konservasi Burung Air Migrasi Afrika-Eurasia ( AEWA ). Habitat berkembang biak mereka adalah rawa, rawa, tundra dan padang rumput basah dengan vegetasi pendek di Eropa utara dan Rusia utara.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Telur berkik kecil

Berkik kecil bisa menjadi sangat tertutup di area non-perkembangbiakannya dan sulit untuk diamati, karena berkamuflase dengan baik di habitatnya. Oleh karena itu, para pengamat burung telah mengembangkan teknik khusus untuk menemukannya. Ini melibatkan berjalan melalui habitat rawa sampai seekor burung terganggu dan terbang. Berkik kecil akan berjongkok dan tidak keluar dari tempat berlindung sampai penyusup berada cukup dekat. Mereka kemudian terbang diam-diam dalam jarak dekat sebelum kembali ke tumbuh-tumbuhan.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Mereka mencari makan di lumpur lunak, mencari atau mengambil makanan berdasarkan pengamatan mereka.Mereka terutama memakan serangga dan cacing tanah, juga bahan tumbuhan.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Pejantan melakukan pertunjukan udara selama pacaran, di mana ia mengeluarkan suara khas seperti kuda yang berlari kencang. Itu sunyi di musim dingin. Mereka bersarang di lokasi yang tersembunyi di tanah, bertelur 3-4 butir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Lymnocryptes minimus". 2016: e.T22693133A86640472. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693133A86640472.en.