Berkik-kembang kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik-kembang kecil
Nycticryphes semicollaris
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22693520
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliRostratulidae
GenusNycticryptes
SpesiesNycticryphes semicollaris
Vieillot, 1816
Tata nama
Sinonim takson
  • Rostratula semicollaris
Distribusi

Berkik-kembang kecil atau berkik-kembang amerika selatan (Nycticryphes semicollaris) adalah burung perandai pantai dalam keluarga Rostratulidae. Ada dua spesies lain dalam keluarganya, berkik-kembang australia dan berkik-kembang besar.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kepala dan leher berwarna merah kecoklatan dengan garis kuning di bagian ubun-ubun; bagian atas abu-abu tua coklat, putih berbintik; bagian bawah berwarna putih. Meskipun betinanya mungkin sedikit lebih besar dan cerah, berbeda dengan dua spesies lain dalam famili tersebut, berkik-kembang kecil tidak terlalu dimorfik secara seksual. Paruhnya relatif panjang dan melengkung. Ia memiliki kaki berselaput, dibanding dengan berkik-kembang lainnya. Pengukuran: 19–23 panjangnya cm; berat 65–86 gram.

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Suara serak dan mendesis " wee-oo " telah direkam dari burung di penangkaran.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini terdapat di sepertiga selatan Amerika Selatan, dari selatan Brazil, Paraguay dan Uruguay hingga Chile dan Argentina. Ia mendiami lahan basah air tawar dataran rendah, termasuk padang rumput basah.

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Berkik-kembang kecil bersifat monogami dan berkembang biak secara semi-kolonial. Sarangnya berupa cangkir dangkal di tanah di lahan basah, dengan sarang 2-3 butir telur. Pembiakan telah dicatat terutama dari bulan Juli hingga Februari.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Berkik-kembang kecil adalah omnivora, mencari makan di lumpur dan air dangkal untuk mencari hewan kecil dan biji-bijian, sering kali saat senja.

Status[sunting | sunting sumber]

Burung berkik-kembang kecil secara tradisional dianggap sebagai burung buruan yang sangat dicari di Chili dan Argentina. Spesies ini jarang ditemukan dalam wilayah sebarannya yang luas, dan mungkin terancam oleh drainase lahan basah dan degradasi habitat lainnya. Namun, belum ada penurunan populasi yang signifikan yang terdokumentasikan dan status konservasi spesies ini tetap berada pada status berisiko rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Nycticryphes semicollaris". 2016: e.T22693520A93410269. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22693520A93410269.en.