Berkik-kembang australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik-kembang australia
Rostratula australis
Status konservasi
Genting
IUCN22735692
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliRostratulidae
GenusRostratula
SpesiesRostratula australis
Gould, 1838

Berkik-kembang australia ( Rostratula australis ) adalah burung perandai berukuran sedang, berparuh panjang, dan berpola khas.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kepala, leher, dan dada bagian atas berwarna coklat kayu (pada jantan, abu-abu tua dengan garis tengah kekuningan di bagian ubun-ubun), rona kemerahan di bagian tengah leher belakang dan menyatu menjadi abu-abu gelap bergaris di bagian belakang. Ada tanda berwarna krem berbentuk koma di sekitar mata. Garis putih di sisi dada dan di atas bahu merupakan tanda diagnostik. Sayap atas berwarna abu-abu (dengan bintik-bintik kuning pada jantan). Dada bagian bawah dan bagian bawah tubuh berwarna putih. Jantan umumnya sedikit lebih kecil dan kurang terang dibandingkan perempuan. Remaja mirip dengan burung dewasa.

Panjangnya berkisar antara 24 hingga 30 cm, lebar sayap dari 50 hingga 54 cm, berat dari 125 hingga 130 g.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Berkik-kembang Australia merupakan hewan endemik Australia, meskipun penyebarannya tidak merata dan keberadaannya di wilayah tertentu tidak dapat diprediksi. Benteng sebelumnya adalah Riverina . Ia sering mengunjungi lahan basah air tawar yang dangkal dengan tutupan vegetasi rendah yang tebal, menghilang ketika kondisi menjadi tidak sesuai.

Konservasi[sunting | sunting sumber]

Spesies ini telah menurun drastis selama abad ke-20 dan jarang ditemukan di seluruh wilayah jelajahnya. Penyebab penurunan ini disebabkan oleh drainase lahan basah, pengelolaan sungai dan salinisasi, serta penggembalaan dan penginjakan lahan basah oleh ternak. Perkiraan total populasi berkisar dari beberapa ratus hingga beberapa ribu. Di Australia, hewan ini diklasifikasikan sebagai terancam secara nasional dengan peringkat Rentan . IUCN baru-baru ini membagi spesies tersebut dan memperlakukannya sebagai spesies yang terancam punah . [1]

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Diet[sunting | sunting sumber]

Invertebrata lahan basah seperti cacing, moluska, serangga dan krustasea ; juga benih dan tumbuh-tumbuhan lainnya.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Perkembangbiakan berkik-kembang australia lebih menyukai lahan basah yang bersifat sementara namun baru saja tergenang air, dengan tutupan tanah yang rendah untuk berlindung, perairan dangkal dan lumpur terbuka untuk mencari makan, dan pulau-pulau kecil tempat bersarang. Mereka bersarang di gundukan atau galian tanah atau di gundukan air, dilapisi dengan rumput, dedaunan dan ranting, di mana mereka bertelur 3-4 telur berwarna krem yang ditandai dengan garis-garis hitam. Inkubasi memakan waktu 15–16 hari. Kaum muda bersifat prekosial dan nidifugous .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b BirdLife International (2016). "Rostratula australis". 2016: e.T22735692A95117342. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22735692A95117342.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "iucn status 12 November 2021" didefinisikan berulang dengan isi berbeda