Benediktus Biscop

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar St. Benet (Benedict) Biscop membawa Basilika St. Petrus ke Inggris

Santo Benediktus Biscop atau Biscop Baducing (skt. 628-12 Januari 690 di Sunderland) adalah seorang abbas asal Northumbria. Kalender orang kudusnya dirayakan pada 12 Januari.

Awalnya bekerja dalam rumah tangga Raja Oswiu dari Northumbria, ia kemudian pergi ke luar negeri. Setelah perjalanan keduanya ke Roma (ia melakukan lima perjalanan[1][2]), ia menjadi seorang biarawan di Biara Lérins antara 665 dan 667. Dia memimpin Theodore dari Tarsus dari Roma ke Canterbury pada 669. Pada tahun yang sama, Benediktus diangkat menjadi abbas St. Petrus dan Paulus di Canterbury.

Lima tahun kemudian dia membangun Biara St. Paulus di Wearmouth, di atas tanah yang diberikan kepadanya oleh Raja Ecgfrith, dan memberinya perpustakaan. Sebuah surat kepausan pada 678 membebaskan biaranya dari kendali luar, dan pada 682 raja sangat senang dengan keberhasilan St. Petrus, sehingga dia memberikan Benediktus tanah lain di Jarrow dan mendesaknya untuk membangun biara kedua. Benediktus mendirikan biara St. Paulus di Jarrow, lalu mengangkat Ceolfrith sebagai atasan. Yang terakhir meninggalkan Wearmouth ke Jarrow dengan dua puluh biarawan termasuk Beda muda yang akan menjadi mentornya.

Beda menceritakan bahwa Benediktus Biscop membawa tukang batu dan pembuat kaca dari Franka untuk membangun bangunan batu. Idenya adalah untuk membangun sebuah biara model untuk seluruh Inggris, untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya tentang Gereja Katolik di Eropa. Ini adalah bangunan keagamaan pertama yang dibangun dari batu,[2][3] dan penggunaan kaca merupakan penemuan bagi banyak orang Saxon abad ke-VII. Biara itu akhirnya dilengkapi dengan perpustakaan besar untuk waktu itu - beberapa ratus jilid - dan di sanalah Beda menulis karya-karyanya yang terkenal[4]. Perpustakaan ini menjadi terkenal, dan naskah yang disalin di sana dianggap sebagai benda berharga di seluruh Eropa.

Benediktus Biscop meninggal pada 12 Januari 690[5]. Dia membantu Gereja Northumbria untuk mengangkat liturgi Romawi. Biara-biara yang ia dirikan, ditempatkan di bawah kendali langsung Paus, adalah peninggalan berharga takhta Northumbria dan membuka jalan bagi zaman keemasan bagi Kekristenan di Inggris.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woods Tomas E., Jr. (2005). How the Catholic Church Built Western CivilizationPerlu mendaftar (gratis). Regnery. ISBN 0895260387. 
  2. ^ a b Attwater, Donald and Catherine Rachel John. The Penguin Dictionary of Saints. 3rd edition. New York: Penguin Books, 1993. ISBN 0-14-051312-4.
  3. ^ HAbb, IV–VI; Blair, p. 161.
  4. ^ HAbb, IV & VI; Blair, pp. 165ff.
  5. ^ AVCeol, 18; Blair, p. 177.

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "St. Benedict Biscop". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]