Benalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Benalu
Loranthus Edit the value on Wikidata
"+arya+" Dendrophthoe pentandra - benalu tumbuhan - ꦧꦼꦤꦭꦸ ꦠꦸꦮꦸꦲꦤ꧀ pilang kramat 2019 4.jpg
Loranthus pentandrus, benalu cengkeh[a] yang hidup di pohon mangga dan tumbuhan berkayu lainnya
Taksonomi
DivisiTracheophyta
UpadivisiSpermatophytina
Kladangiosperms
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoSantalales
FamiliLoranthaceae
TribusLorantheae
UpatribusLoranthinae
GenusLoranthus Edit the value on Wikidata
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiLoranthus americanus Edit the value on Wikidata
Tata nama
Status nomenklaturnomen rejiciendum (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata
Species

Benalu,[1] bendalu,[2] menalu[3] atau mendalu[4] (Loranthus) adalah tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain dan mengisap makanan dari tanaman yang ditumpanginya;[1] termasuk tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis. Biji tumbuhan ini pada buahnya menghasilkan getah seperti lem berbentuk jeli yang lengket.

Benalu menyerap makanan dari pohon inangnya sehingga merugikan inangnya, jika dibiarkan benalu dapat bertambah banyak dan dapat menyebabkan tumbuhan inangnya kurus dan pada akhirnya kering dan tumbuhan inangnya mati.

Penyebaran tumbuhan ini terjadi dibantu oleh burung, apabila burung memakan buah dan bijinya lalu mengekskresikan pada dahan pohon, bijinya yang lengket akan menempel pada dahan pohon selanjutnya akan berkecambah dan benalu muda mulai tumbuh.

Benalu muda tumbuh di batang pohon jambu

Benalu dalam kiasan[sunting | sunting sumber]

Benalu sering dikaitkan dengan orang yang senang menumpang kepentingannya kepada usaha orang lain tanpa mau berusaha sendiri. Hal ini mirip dengan ungkapan parasite atau hive di dalam bahasa Inggris.

Idiom Alah limau oleh benalu, dituju kepada orang yang merugikan atau menyusahkan hidup orang tempat dia menumpang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata benalu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-11-21. 
  2. ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata bendalu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-11-21. 
  3. ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata menalu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-11-21. 
  4. ^ (Indonesia) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia "Arti kata mendalu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan". Diakses tanggal 2019-11-21. 

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ dinamakan benalu cengkih karena bunga dari tumbuhan ini mirip dengan cengkih atau cengkeh