Belut macan tutul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Belut macan tutul
Gymnothorax polyuranodon

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN195780
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoAnguilliformes
FamiliMuraenidae
GenusGymnothorax
SpesiesGymnothorax polyuranodon
Bleeker, 1854
Distribusi

Gymnothorax polyuranodon, umumnya dikenal sebagai armang macan ,adalah spesies belut moray yang berasal dari kawasan Indo-Pasifik, termasuk Sri Lanka, Filipina, Indonesia, Papua Nugini, garis pantai utara Australia, dan berbagai pulau di Pasifik Barat. Nama umum lainnya termasuk belut macan tutul, dan moray macan air tawar .[2] [3]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Gymnothorax polyuranodon dinamakan oleh Pieter Bleeker pada tahun Spesies ini dapat mencapai panjang maksimum 1,5 meter (4,9 kaki), namun jarang terlihat lebih besar dari 1 meter (3 kaki). Warnanya kuning atau coklat muda, ditutupi bintik-bintik dan bercak coklat tua. Moray air tawar memiliki gigi yang sangat kecil sebanding dengan ukuran kepalanya, dan, seperti semua belut moray, ia adalah karnivora. Makanannya hampir seluruhnya terdiri dari ikan, dan kadang-kadang udang, kerang, dan cacing, dan ia lebih suka memakan makanan hidup. Seperti kebanyakan belut moray, ia memiliki penglihatan yang buruk namun memiliki indera penciuman yang sangat baik, dan ia bisa menjadi agresif. Air liur spesies ini sedikit beracun. Meskipun tidak mematikan, gigitannya bisa sangat menyakitkan dan dapat menyebabkan infeksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mailautoka, K. & McCosker, J. (2012). "Gymnothorax polyuranodon". The IUCN Red List of Threatened Species. 2012. Diakses tanggal 2 November 2018. 
  2. ^ Common names for Gymnothorax polyuranodon at www.fishbase.org.
  3. ^ Freshwater Moray, Gymnothorax polyuranodon at http://fishesofaustralia.net.au.