Bedengan benih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bedengan benih tanaman padi

Bedengan benih adalah lingkungan tanah setempat di mana benih ditanam. Seringkali tidak hanya terdiri dari tanah tetapi juga peti rumah kaca, bedengan hangat atau bedengan yang disiapkan secara khusus yang digunakan untuk menumbuhkan bibit dalam lingkungan terkendali menjadi tanaman muda yang lebih besar sebelum dipindahkan ke kebun atau ladang . Bedengan benih digunakan untuk menambah jumlah benih yang berkecambah .

Jenis tanah[sunting | sunting sumber]

Tanah untuk bedengan benih harus gembur dan halus, tidak ada gumpalan besar. Sifat-sifat tersebut diperlukan agar benih dapat ditanam dengan mudah, dan pada kedalaman tertentu untuk perkecambahan terbaik. Gumpalan yang besar dan permukaan yang tidak rata cenderung membuat kedalaman tanam acak. Banyak jenis bibit juga membutuhkan tanah gembur dengan kandungan batuan minimal untuk mendapatkan kondisi terbaik bagi pertumbuhan akarnya. (Misalnya wortel yang ditanam di tanah berbatu cenderung tidak tumbuh lurus.)

Persiapan bedengan benih[sunting | sunting sumber]

Persiapan bedengan benih pada lahan pertanian sering kali melibatkan pengolahan tanah sekunder melalui garu dan penggarap . Hal ini dapat dilakukan setelah pengolahan tanah primer (jika ada) dengan bajak cetakan atau bajak pahat . Metode pertanian tanpa pengolahan tanah menghindari pengolahan tanah untuk persiapan persemaian serta pengendalian gulma di kemudian hari.

Persiapan bedengan benih di kebun sering kali melibatkan pengolahan tanah sekunder melalui peralatan tangan seperti garu dan cangkul . Hal ini dapat dilakukan setelah pengolahan tanah primer (jika ada) dengan sekop, belencong, atau pangkur. Kultivator memberikan alternatif bertenaga yang menangani pengolahan tanah primer dan sekunder.

Persiapan bedengan benih dapat meliputi:

  1. Pembersihan rumput liar dan benda-benda yang tidak diinginkan . Telur serangga dan spora penyakit sering ditemukan di sisa-sisa tanaman sehingga disingkirkan dari lahan. Batu dan puing-puing yang lebih besar juga secara fisik akan menghambat pertumbuhan bibit.
  2. Urug tanahnya . Lokasi tersebut akan diurug agar drainasenya merata.
  3. Hancurkan tanahnya . Tanah yang padat akan dipecah dengan cara menggali . Hal ini memungkinkan udara dan air masuk, dan membantu bibit menembus tanah. Benih yang lebih kecil membutuhkan struktur tanah yang lebih halus. Permukaan tanah dapat dipecah menjadi struktur butiran halus dengan menggunakan alat seperti penggaruk .
  4. Perbaikan tanah . Struktur tanah dapat diperbaiki dengan memasukkan bahan organik seperti kompos atau gambut .
  5. Pemupukan . Kadar nitrat dan fosfat tanah dapat diatur dengan pupuk . Jika tanah kekurangan unsur hara mikro, unsur hara mikro juga dapat ditambahkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]