Pangkur (alat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangkur
Sebuah pangkur pemotong
KlasifikasiAlat penggali
Alat terkaitBelencong

Pangkur adalah perkakas tangan yang digunakan untuk menggali, mencongkel, dan memotong. Mirip dengan belencong, ia memiliki pegangan panjang dan kepala kokoh yang menggabungkan bilah kapak vertikal dengan beliung horizontal ( cangkul pemotong ), atau beliung dan kapak ( cangkul beliung ). Sebuah pangkur pemotong mirip dengan Pulaski yang digunakan untuk memadamkan api. Ini juga dikenal di Amerika Utara sebagai "kapak grub".

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Sebuah pangkur memiliki poros, biasanya terbuat dari kayu, yaitu 3–4 ft (0,9–1,2 m) panjang. [1] Kepala terdiri dari dua ujung, saling berhadapan dan dipisahkan oleh mata pusat. Kepala pangkur biasanya memiliki berat 3–7 pon (1,4–3,2 kg) . [1] Bentuk kepala menentukan jenis dan kegunaan cangkul: [2]

  • Sebuah pangkur pemotong menggabungkan fungsi kapak dan kapak, dengan bilah kapaknya berorientasi vertikal dan beliung yang lebih panjang secara horizontal.
  • Pangkur belencong menggabungkan fungsi belencong dan kapak, dengan ujung runcing berlawanan dengan bilah beliung.

Keduanya digunakan untuk membabat di tanah keras dan medan berbatu, [2] dengan pangkur belencong memiliki keunggulan sebagai alat perimbas yang unggul dibandingkan pangkur belencong, yang unggul dalam memotong akar.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pangkur adalah "alat tanam tangan yang paling serbaguna". [3] Pangkur dapat digunakan untuk memotong tanah dengan beliung dan menarik tanah ke arah pengguna, membuka celah untuk menanam. [3] Pangkur juga dapat digunakan untuk menggali lubang untuk penanaman, dan sangat berguna di mana ada lapisan tanah yang tebal. [3] Penggunaan pangkur bisa melelahkan karena upaya yang diperlukan untuk mendorong mata pisau ke tanah, dan banyaknya tekukan dan bungkuk yang terlibat. [3]

Beliung dari pangkur berguna untuk menggali atau mencangkul, terutama di tanah yang keras. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Cathy Cromell (2010). "Tools of the Trade". Composting For Dummies. For Dummies. hlm. 15–28. ISBN 978-0-470-58161-2. 
  2. ^ a b Robert C. Birkby (2006). "Tools". Lightly on the Land: the SCA Trail-building and Maintenance Manual (edisi ke-2nd). The Mountaineers Books. hlm. 75–102. ISBN 978-0-89886-848-7. 
  3. ^ a b c d Robert D. Wray (2009). "The planting job". Christmas Trees for Pleasure and Profit (edisi ke-4th). Rutgers University Press. hlm. 75–92. ISBN 978-0-8135-4417-5.