Batu Mahpar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Batu Mahpar merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Kampung Benjan Desa Sukamulih Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batu Mahpar merupakan batu yang terhampar kemudian membentuk sebuah sungai. Batu yang terhampar ini pada awalnya merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Sungai ini akan teraliri air jika musim penghujan saja dan apabila musim kemarau hanya terdapat genangan air di beberapa titik. Sungai ini berukuran 10 meter dengan panjang sungai 400 meter. Pada penghujung sungai ini terdapat jurang dengan kedalaman 80-90 meter. Menurut pemaparan penduduk setempat, Batu Mahpar merupakan tempat upacara ritual pada zaman Kerajaan Galunggung.[1]

Rute perjalanan ke Batu Mahpar[sunting | sunting sumber]

Untuk akses ke Batu Mahpar bisa dari Jalan Leuwisari, setelah menemukan pertigaan Bojong Getir, belok kanan ke Jalan Sukamulih, kemudian lurus dan ikuti jalan.

Wahana di Batu Mahpar[sunting | sunting sumber]

Batu Mahpar memiliki beberapa wahana, diantaranya air terjun, taman cinta, rumah pohon, pintu tembus langit, gua, kolam renang, dan terdapat pula area perkemahan. Untuk masuk ke Batu Mahpar pengunjung tidak dikenai biaya, sedangkan untuk masuk ke dalam wahana tersebut pengunjung membayar tiket masuk seharga Rp.10.000. Disana juga terdapat tempat lesehan yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ lintaspena (2018-09-26). "Objek Wisata Alam "BATU MAHPAR" Galunggung Kini Makin Favorit di Tasikmalaya". TABLOID LINTAS PENA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-21.